Bumi dan alam adalah sebuah tempat dimana kita bisa bertahan hidup hingga detik ini. Namun apa jadinya jika kita mengkhianati alam kita sendiri ? Mungkin untuk sebagian besar membuang sampah sembarangan adalah hal yang sepele dan biasa dilakukan. Sadar atau nggak hal kecil dan sepele itu bisa menyebabkan dampak negatif yang cukup besar lho. Kalian harus liat mirisnya beberapa foto NYATA yang benar-benar menghancurkan alam kita.

1. Lebih dari 10 tahun terakhir, manusia telah memproduksi plastik 10 kali lebih banyak dibandingkan sampah plastik selama 100 tahun terakhir.

Polusi yang nyata via https://www.google.co.id

Setiap tahun kita membuang sampah yang mampu mengelilingi empat kali luas bumi. Di AS sendiri, membuang setidaknya 35 juta botol air tiap tahunnya, dan dibutuhkan waktu kira-kira tahun untuk terurai secara alami. Bayangin aja kita hidup dari zaman apa sampai zaman apa, udah ga kebayang deh berapa banyak sampah yang udah kita buang tiap jamnya.

2. Seekor Anjing Berdiri di Tengah Asap Beracun yang dihasilkan Oleh Pertambangan Batu Bara di India.

Anjing yang sekarat via https://www.google.co.id

Anjing yang tak berdosa pun turut ikut serta merasakan dampak dan akibat yang telah manusia lakukan. Coba bayangin deh kalo kamu yang ada diposisi itu, rasakan setiap asap jahat yang ada disekeliling. Apa kamu kuat ?

3. Kura-kura ini Tengah Terperangkap Karena Besi yang Menjerat Bagian Tempurungnya

kura-kuranya juga sekarat via https://www.google.co.id

Advertisement

Kura-kura itu merasakan betapa sakitnya rumah yang mencengkeram keras bagian perutnya. Bisa dibilang sakitnya itu 2x lipat kaya sakitnya diselingkuhin.. Aduh…

4. Betapa Mengerikannya Lautan Sampah Ini, Jika Sudah Seperti ini Apa yang Harusnya Kita Lakukan?

Lautan sampah via https://www.google.co.id

Lautan itu ga berujung, sama kaya perasaan kita ketika melihat sampah sebanyak itu. Kalo udah kaya gini siapa yang mau disalahin ? Padahal semua orang harusnya bisa lebih care dan menjaga lingkungan alam untuk kepentingan bersama, bukan malah mencemarinya bersama. Setuju ??

5. Seorang Anak Menyelam di Antara sampah-Sampah Mengambang di Sungai Filipina, Salah Satu Negara Paling Terpolusi di Dunia.

Seorang anak yang sedang mengais rezeki ditumpukan sampah via https://www.google.co.id

Harusnya kita bisa lebih bersyukur dalam menjaga alam. Lihatlah saudara kita yang mungkin tidak seberuntung kita sekarang. Setidaknya jika kita tidak mampu membantu, cobalah sedikit untuk prihatin dan tidak menambah beban pada mereka

6. Perempuan Ini Harus Memakai Masker Untuk Menyaring Udara Untuk Bernafas, Karena Polusi Udara Beijing 20 Kali Lebih Buruk dan Jauh Dari Level “Aman”

Masker untuk bernafas via https://www.google.co.id

Advertisement

Coba kalo di Indonesia kaya begini, apa kamu kuat ?? Selagi kita bisa menikmati oksigen secara gratis dan cuma-cuma, apa salahnya kita terus menjaga udara tersebut untuk anak cucu kita di masa depan nanti dengan ikut melakukan kegiatan Go Green atau tanam pohon. Jika bukan pohon yang menghirup karbon dioksida sehingga bisa melepaskan oksigen yang sedang kita hirup ini, siapa lagi ?

7. Pemerintah Brazil Tak Bisa Lagi Menyangkal Bahwa Negaranya Tengah Menghadapi Polusi Lingkungan yang Mengkhawatirkan.

salah satu perairan yang ada di Brazil via https://www.google.co.id

Itu baru boneka yang ngambang, bagaimana kalo tubuh manusia ? Boneka udah, limbah plastik juga udah, nah gimana nanti kalo tubuh kamu yang ada di sungai itu ? Apa kamu siap ngebersihin limbahnya ?

8. Salah Satu Burung Jenis Albatros Ini Menelan Begitu Banyak Sampah Lewat Makanannya (Ikan)

burung Albatros via https://www.google.co.id

Coba renungi lagi, apa kita sudah berusaha menjaga alam ? Burung jenis Albatros ini terpaksa memakan sampah karena persediaan ikan dilaut mulai berkurang dikarenakan nelayan-nelayan tak bertanggung jawab yang melakukan pemboman secara liat di laut.

9. Seorang Anak Berdiri di Samping Sungai yang Penuh Sampah di Filipina.

beribu sampah di kali Filipina via https://www.google.co.id

Kalo di ciliwung kaya gini gimana ya ?? Betah ga sih ngeliat pemandangan kaya gitu dipinggiran rumah kamu. Apa kamu siap jika ada kemungkinan volume kali air itu naik ? Banjir di Indonesia yang sekedar air saja sudah cukup menganggu, apalagi dengan tumpukan sampah seperti ini?

10. Burung Pelikan Coklat ini Seharusnya Sudah Terbang Tinggi di Atas Teluk Meksiko, Namun Sayang Tubuhnya Berlumuran Minyak yang Juga Dia Telan Saat Tumpahan Minyak BP-Deepwater Horizon Melanda Kawasan Itu.

Burung Pelikan di Teluk Meksiko via https://www.google.co.id

Bukan cuma manusia aja yang butuh bersahabat dengan alam, hewan pun juga punya hak. Kesian kan burungnya jadi ikutan kena limbah kaya gitu. Kalo bukan kita yang perduli sama alam siapa lagi ??

11. Bahkan kawasan tinggi pun tak luput dari sampah. Yang Suka Naik Gunung Jangan Sampe Berulah Kaya Gini yaa.. Kan Kesian Gunungnya

Sampah di Mount Everest via https://www.google.co.id

Ternyata Mount Everest pun tak luput dari kejamnya ulah manusia. Karena banyaknya sampah yang ditinggalkan Mount Everest membutuhkan tim pembersih untuk membersihkan sampah yang ditinggalkan para pendaki.

12. Sulit Bagi Satwa Anjing Laut ini Untuk Melepaskan Kaleng yang Membuat Mulutnya Terperangkap.

Anjing laut yang tersiksa karena sampah kaleng yang ada dilautan via https://www.google.co.id

Sekitar 1 juta burung dan 100 ribu mamalia laut terbunuh tiap tahun karena sampah di lautan. Contohnya anjing laut yang terperangkap karena limbah plastik yang dibuang oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

13. Sekitar 500 Miliar Karung Plastik Dipakai di Seluruh Dunia Setiap Tahun. Artinya, Ada Satu Juta Limbah Karung Plastik Setiap Jamnya.

Angsa yang diselimuti oleh limbah plastik via https://www.google.co.id

mungkin burung itu berlindung dari radiasi sinar matahari yang semakin terasa dibumi. Mungkin hal ini karena atmosfer dibumi sudah mulai menipis akibat polusi berkepanjangan.

14. Ada baiknya, Kita Pertimbangkan Kembali Penggunaan Karung Plastik Dalam Kehidupan Sehari-hari #SaveTheWorld

#savetheworld via https://www.google.co.id

Mulai sekarang buanglah sampah pada tempatnya, apa gunanya tempat sampah jika kamu masih membuang sampah sembarangan. Gunakan akal dan hatimu! Jangan sepelekan hal kecil, karena hal kecil bisa membawa dampak yang besar kedepannya.

15. Sungai kecil yang dipenuhi sampah.

kapan ya manusia sadar akan semua ini, hhufft.. via https://www.google.co.id

Kalo udah kaya gini pasti semua merasa masa "bodoh".

16. Jika Ikan Saja Tak Mampu Berenang di Perairan Brazil yang Terpolusi Ini, Bagaimana Dengan Makhluk Hidup yang Membutuhkan Alam Ini

Ikan mati di perairan laut via https://www.google.co.id

Jangan sampe ikan-ikan ini dijual dipasaran. Ini adalah bukti bahwa saking minimnya para penghuni dan biota laut yang mati karena terkena limbah.

17. Penambangan Telah Mengkontaminasi Salah Satu Sumber Air Terbesar di China Tenggara, Membunuh Ikan dan Satwa-satwa Liar.

air yang sudah terkontaminasi via https://www.google.co.id

Bersyukurlah bagi kamu yang masih bisa menikmati rasanya air putih, coba kalo air yang kamu minum sudah mulai tercemar seperti gambar diatas ini, apa yakin kamu bisa hidup lama ?

18. Paris yang Tidak “Terlihat” Karena Polusi

hiden Paris via https://www.google.co.id

Indahnya paris tertutupi oleh limba polusi udara yang berasal dari kendaraan dan cuaca ekstrem yang melanda pada saat itu.

19. Karena Kenaikan Temperatur Laut, Laut Kuning Diserang Algae Hijau.

algae hijau via https://www.google.co.id

Lumut aja sampe betah kemari. Hati-hati jika nanti wilayah kita diambil alih oleh lumut-lumut ini, kalo udah kaya gini mau tinggal dimana coba ?

20. Limbah Asap Membuat Lalu Lintas di Beijing Macet Parah Hingga Berjam-jam.

Kemacetan yang diakibatkan limbah polusi udara via https://www.google.co.id

Masih parahan mana ? Jakarta atau Beijing ?? Ternyata ga cuma di Jakarta aja yang terkena macet parah yang diakibatkan oleh meroketnya jumlah kendaraan.

21. Ini Bukan Jalan Berbatu Kerikil. Tapi Ini Adalah Sungai yang Dipenuhi Ikan Mati.

ratusan ikan mati di perairan cina via https://www.google.co.id

Itu ikan lhoo.. bukan sampah. Hayooo coba tebak, kenapa ikan sebanyak itu bisa mati ?

22. Tumpahan Minyak Dari Salah Satu Perusahaan Minyak yang Legal dan Tidak Bertanggung Jawab

tumpahan minyak via https://www.google.co.id

Udah kaya lumpur lapindo belom ?? kalo udah kaya gini pasti ga ada yg tanggung jawab dehh..

23. Penyu Ini Adalah Salah Satu Korban Tumpahan Minyak yang Ada di Laut

penyu yang mati karena terkena limbah minyak via https://www.google.co.id

Hewan pun jadi korban dari ganasnya ulah manusia. Penyu itu mati karena terkena zat limbah berbahaya yang mengakibatkan kulitnya memar dan terbakar.

24. Salah Satu Bukti Paling Nyata yang Wajib Kita Sadari. Pantai pun Sudah Mulai Ikut Terkontaminasi

perselencar yang tengah asik bermain skate air namun banyak sampah via https://www.google.co.id

Jika bukan kita lalu siapa lagi ? Jika bukan sekarang siapa lagi ? Semakin berjalannya waktu semakin pula Bumi kita menua . Peran kita sebagai manusia harusnya bisa saling menjaga, termasuk menjaga alam dan beserta lingkungan-lingkungannya. Udah ga jaman lagi maen salah-salahan apalagi maen tunjuk-tunjukkan . Lebih baik mari bersama-sama gotong royong dan ikut berkontribusi untuk perduli akan kesehatan dunia kita bersama.

Aku sih yes! How about you?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya