5 Barang Penting yang Harus Dibawa Agar Hemat di Masa Pandemi dan Bumi Tetap Terjaga

Menjaga bumi itu penting, lho!

Disaat pemanasan global yang tak pernah hentinya, dan malah makin parah membuat ekosistem bumi ini semakin rusak tak terkendali. Saatnya kita mulai bebenah diri yuk, mulai hal yang paling kecil seperti setelah kita membeli makanan/minuman kemasan, sebaiknya jangan lupa selalu buang sampah pada tempatnya. Jangan asal buang sembarangan karena kemalasan diri sendiri, yang mengakibatkan kerugian orang banyak.

Aku mau ingetin nih, ada beberapa barang yang bisa kita gunain selama berpergian di masa Pandemi agar kita tetap sehat, hemat dan mulai terbiasa menjaga lingkungan, khususnya mengurangi penggunaan kantong plastik.

Tau kan kalian? Kantong plastik terurai 10 tahun hingga ribuan tahun lamanya (uhh..lamanya) bisa jadi cucu/cicit kita nanti merasakan dampaknya, apa kalian gak kasian? 

Maka dari itu aku ingin mengajak kalian nih, kita mulai yuk membiasakan diri kita untuk mulai membawa:

Advertisement

1. Tumblr atau Tempat Minum

botol minum

botol minum via https://unsplash.com

Nah, tumblr ini udah paling pas dan paling hemat banget deh kalo kamu yang sering kehausan. Karena, sekarang dimanapun kamu berada saat kamu haus pasti butuh minum, kalo kalian minum selain air putih bawaanya selalu haus terus.

Terkadang, jika kalian lagi di tempat kafe atau dessert biasanya kan suka tiba-tiba butuh ingin air putih, kalo beli beda aja gitu harganya sama yang di warung hehehe dan pastinya bisa isi ulang. So, jadi lebih irit kan. 

Advertisement

2. Misting atau Tempat Nasi

Selain tempat minum, ada baiknya bekal dari rumah. Kenapa? 

Karena sudah pasti jelas kebersihannya, dan tetep pada tujuan utama yaitu berhemat.

3. Membawa Totebag Saat Belanja

Nah, kalian pasti punya atau malah banyak banget totebag yang nganggur kan? Saatnya kalian manfatin nih sekarang juga, kalo lagi ke pasar atau supermarket, biar kita mengurangi penggunaan sampah plastik dan pastinya bawaannya lebih kece.

Advertisement

4. Gunakan Sedotan Stainless

Sedotan Stainless

Sedotan Stainless via https://images.unsplash.com

Udah gak zaman lagi ya, anak milenial udah pasti paham betul tentang kesadaran lingkungan. Sedotan ini juga menjadi bagian terkecil untuk tetap menjaga ekosistem laut, yang menurut data banyak sekali sampah kecil plastik di laut itu adalah sedotan plastik, dan pada akhirnya membuat kerusakan habitat ekosistem laut menjadi mati.

Yuk, lebih baik kita gunakan sedotan pun yang reusable (dipakai ulang).

5. Buanglah sampah pada tempatnya, bukan pada temannya ya!

Tempat sampah

Tempat sampah via https://www.pexels.com

Jangan lupa, buang sampah pada tempatnya ya 🙂

Ayo, selamatkan Bumi kita, kalo kita tidak memulai, siapa lagi? 😀

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE