Hai apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat, senang, dan bahagia ya. Kali ini saya akan mengulas sedikit hal tentang LDR. Menjalani hubungan asmara secara LDR, tentu tidak nyaman dan tidak menyenangkan. Jika kekasih Kamu berpendapat LDR itu menyenangkan, itu perlu dipertanyakan dan patut dicurigai. Sebelum kita ke pembahasan utama, kamu sudah tahu kan, apa itu LDR? Mungkin kata ini sudah tidak asing di telinga kita, namun ternyata banyak juga yang belum tahu arti atau kepanjangan dari kata LDR.

LDR adalah singkatan dari Long Distance Relationship, yang artinya hubungan jarak jauh antara dua orang yang terikat oleh cinta. Buat sebagian orang, kata ini mungkin bisa menjadi mimpi buruk dan berharap tidak akan pernah terjadi dalam kisah asmaranya. Namun dalam masalah ini, takdirlah yang menentukan.

Terkadang, sepasang kekasih sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga agar tetap tinggal dekat dengan kekasihnya. Tetapi, ternyata banyak hal yang mengharuskan menjalani kisah asmara dengan LDR. Seperti karena hal pekerjaan, pindah rumah, dan tuntutan hidup lainnya.

Jika hal ini terjadi, maka sebelum memutuskan untuk tetap melanjutkan hubungan secara LDR, pastikan kamu dan kekasihmu sudah memiliki 4 modal berikut ini. Jika Kamu dan kekasihmu sudah memiliki keempat modal ini, 99% hubungan asamara kamu dengan kekasihmu tetap terjaga dengan baik.

1. Pribadi yang Memiliki Komitmen Sejati

Pribadi yang Baik via http://siswonesia.com

Kamu jangan pernah memutuskan untuk melanjutkan hubungan secara LDR, jika pribadimu dan pribadi kekasihmu tidak bisa berkomitmen. Dalam hal ini, kamu dan kekasihmu perlu berkaca diri. Apakah kamu pernah berkomitmen tentang sesuatu dan masih terjaga komitmen tersebut? Contohnya, ketika menginjak usia remaja, kamu pernah berkomitmen untuk tidak merokok seumur hidup, dan sampai sekarang kamu tidak merokok. Berarti Kamu seorang komitmen sejati, karena berkomitmen untuk tidak merokok itu cobaan dan godaannya sangat berat, apalagi jika teman-teman Kamu kebanyakan perokok.

Dalam konteks ini, kamu akan bisa melihat, bahwa ketika menjalani LDR, apakah kamu akan kuat melewati cobaan maupun godaan yang bisa menghancurkan hubunganmu dengan kekasihmu. Jika diantara kamu atau pasanganmu merasa belum bisa berkomitmen, maka sebaiknya mulailah belajar menjadi pribadi yang lebih baik lagi, karena orang yang bisa berkomitmen lebih baik dari pada orang yang tidak bisa berkomitmen. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap masa depanmu dengan kekasihmu.

2. Bukan Seorang yang Menuhankan Nafsu

Image of Ramadhan via http://theatlantic.com

Advertisement

Modal kedua yang harus ada pada kamu dan kekasihmu yaitu kekuatan melawan hawa nafsu. Nafsu merupakan fitrah manusia, artinya manusia memang sudah diciptakan dengan memiliki nafsu. Namun manusia juga difitrahkan dengan memiliki akal. Akal manusia inilah yang bisa mengatur hawa nafsu manusia. Jika hawa nafsu manusia sudah tidak terkontrol oleh akal, maka hawa nafsu bisa membawa pada kehancuran.

Jika kita lihat dalam pembahasan agama, kebanyakan manusia lebih cenderung tidak bisa mengontrol hawa nafsunya dengan akal. Namun, hawa nafsu lebih mudah terkontrol oleh bisikan setan, artinya lebih menuruti bisikan setan. Jika mengikuti berarti sama saja kita patuh pada bisikan setan, jadi sama saja dengan menuhankan hawa nafsu dari setan.

Apakah setan itu ada yang baik? Tentu tidak, jika setan itu baik, tentu tidak ada orang yang menjadi penjahat. Dalam pembahasan ini, kamu dapat menyimpulkan jika kamu seorang yang mampu melawan atau mengontrol hawa nafsu, 99% hubunganmu akan terjaga dengan baik.

Tetapi, jika kamu bukan seorang yang mampu melawan hawa nafsu, maka kemungkinan besar kamu akan berselingkuh. Seperti yang kita ketahui, selingkuh adalah faktor terbesar yang mempengaruhi hancurnya suatu hubungan asmara sepasang kekasih. Jangankan status pacar, status suami istri saja bisa hancur gara-gara perselingkuhan.

3. Tipe Orang yang Setia

Image of Ramadhan via http://theatlantic.com

Sekarang banyak yang salah mengartikan arti kata setia. Misalkan setia sama si dia, tapi di belakang gebetannya banyak. Setia sama si dia, tapi punya simpanan. Jadi, kata setia itu diartikan yang penting aku masih punya hubungan dengan dia, dan dia juga masih punya hubungan sama aku. Entah di belakang bermain perasaan dengan orang lain atau tidak.

Arti setia dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah tetap berpegang teguh pada janji, pendirian, dan sejenisnya dan bagaimanapun beratnya tugas yang dijalani tetap dijalani sesuai perjanjian, pendirian, dan sejenisnya. Jadi, setia dengan kekasih artinya siap melalui beratnya cobaan dan godaan yang berat dengan tetap berpegang pada janji dan pendirian untuk bersama sang kekasih.

Kesetiaan sebenarnya akan teruji ketika sepasang kekasih menjalani hubungan secara LDR. Dalam konteks ini, Kamu bisa dikatakan seorang yang setia apabila bisa menjalani hubungan LDR tanpa bermain di belakang.

4. Seorang yang Pengertian

Saling mengerti menjadi hal yang harus ada di antara kamu dan kekasih dalam menjalani LDR. Jangan sampai Kamu mengganggu kegiatan keseharian si dia, meskipun kamu sedang kangen dengan si kekasihmu.

Namun, begitu juga dengan sebaliknya, jangan sampai kamu biarkan kekasihmu menahan rasa kangen, tetapi kamu tidak pernah meluangkan waktu khusus untuk kekasihmu. Jadi, poin penting dalam menjalani LDR yaitu komunikasi yang terjaga.

5. Tips Untuk Menjalani LDR

original via http://wichdn.com

Keharmonisan dalam suatu hubungan tentu suatu idaman bagi setiap pasangan kekasih. Namun, keharmonisan akan terancam ketika LDR terjadi. Oleh karena itu, kamu perlu strategi atau pemetaan dalam menjalani LDR, agar hubungan yang baik tetap terjaga dengan kekasihmu meskipun kamu sedang terbentang oleh jarak yang jauh.

Tips dari penulis cuma satu, yaitu jaga komunikasi setiap hari. Misalkan harus LDR karena pekerjaan, maka sisipkan waktu khusus untuk menghubungi kekasih di waktu selain jam kerja. Tetap menghubungi setiap hari meskipun hanya saling menyapa, saling menyemangati, atau saling mendoakan. Perlu juga saling bermesraan seperti beri emot Kiss di akhir sms atau telepon atau media hubung lainnya.

Namun, yang namanya LDR tetap tidak akan nyaman selamanya. Jadi, meskipun tuntutan hidup yang mengharuskan menjalani LDR, maka pertemuan menjadi hal yang sangat perlu. Sebulan, atau berapa bulan sekali sebaiknya diusahakan untuk menemui kekasih.

Demikian tipsnya, dimana tips ini kemungkinan besar akan sangat membantu dalam membangun hubungan yang baik meskipun sedang LDR. Dengan catatan 4 modal di atas sudah ada pada diri kamu dan pasanganmu. Artikel ini ditulis berdasarkan pengetahuan penulis pribadi dengan maksud untuk berbagi saja.