5 Tips Jitu Mewarnai Rambut yang Harus Kamu Tahu

Tips Mewarnai Rambut

Halo guys! Kalian tahu gak sih kalau akhir-akhir ini trend mewarnai rambut sedang marak di berbagai kalangan? 
Mewarnai rambut adalah kegiatan yang menyenangkan, loh.

Kamu bisa memanfaatkan kegiatan ini untuk mengisi waktu luang. Selain itu, kamu juga bisa berkreasi dan bereksperimen dengan warna rambutmu sendiri. Menyenangkan bukan?

Eits, tunggu dulu! Kamu tidak boleh sembarangan mewarnai rambut, loh. Alih-alih berhasil, justru kegagalanlah yang kamu dapat jika tidak berhati-hati. 

Advertisement

1. Pilihlah cat rambut yang tidak menimbulkan alergi

Andrew Neel

Andrew Neel via https://www.pexels.com

Ketika mewarnai rambut, maka cat rambut akan menempel di beberapa area kulitmu. Cara mengecek apakah cat tersebut tidak menimbulkan alergi adalah dengan mengoleskan sedikit cat tersebut di belakang telinga. Bagian belakang telinga adalah area yang sensitif. Apabila produk tersebut menimbulkan reaksi gatal dan panas maka jangan gunakan cat rambut tersebut kemudian carilah cat rambut lain yang cocok denganmu.

2. Tambahkan conditioner ke dalam adonan cat rambut

Tim Mossholder

Tim Mossholder via https://www.pexels.com

Ini adalah step yang paling penting. Masukkan conditioner secukupnya ke dalam adonan cat rambut agar rambutmu tetap sehat dan lembut. Cat rambut mengandung bahan kimia yang dapat merusak kesehatan dan kekuatan rambutmu. Fungsi conditioner adalah untuk melindungi dan menutrisi rambut sehingga mencegahnya dari kerusakan yang fatal. Selain itu, tips ini juga bisa menghemat budgetmu loh. Adonan cat rambut yang ditambah conditioner akan membuat adonannya semakin banyak sehingga cukup untuk mewarnai seluruh rambutmu.

Advertisement

3. Mulailah proses pewarnaan dari bagian ujung rambut

Churckyno Bryant

Churckyno Bryant via https://www.pexels.com

Ujung rambut adalah bagian yang paling lama dalam menyerap warna. Hal ini karena ujung rambut merupakan rambut tua. Kamu pasti tidak mau kan kalau warna rambutmu belang seperti zebra? Maka dari itu, dahulukan ujung rambut dalam proses pewarnaan.

4. Bersihkan sisa cat rambut sampai tuntas

Bennie Lukas Bester

Bennie Lukas Bester via https://www.pexels.com

Setelah selesai mewarnai rambut, yang harus kamu lakukan adalah keramas dengan sampo. Pastikan setiap helai rambutmu terbebas dari adonan cat rambut. Pijat rambut serta kulit kepala dengan lembut agar sisa-sisa residu cat rambut luruh bersama air dan sampo. Kemudian bilas hingga bersih. Pastikan sudah tidak ada cat rambut yang menempel karena cat tersebut bisa merusak rambut bahkan kulitmu jika tidak dibersihkan dengan benar.

5. Setelah proses pengecatan, rawat rambut dengan benar

Gratisographyu

Gratisographyu via https://www.pexels.com

Perawatan rambut yang telah diwarnai berbeda dengan rambut normal. Proses pewarnaan rambut membuat rambut mudah rapuh dan rusak jika tidak ekstra dirawat. Hindari memakai hair dryer dan catokan terlalu sering karena dapat menyebabkan rambut kering dan patah. Jangan lupa aplikasikan conditioner dan vitamin rambut  secara rutin agar rambutmu selalu ternutrisi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

A girl who live in Indonesia.

CLOSE