4 Tips Untuk Hemat sebagai Mahasiswa Perantau

Hidup di perantau memang gampang-gampang susah

Tinggal di perantauan bukan hal yang sangat mudah, kita sebagai mahasiswa perantau harus pintar-pintar menabung. Apabila kita belum mendapatkan kiriman uang kita menjadi bingung bagaimana caranya agar kita dapat membeli keperluan sehari-hari.

Tentunya hal ini membuat kita kebingungan bukan, maka dari itu kita sebagai mahasiswa perantau harus bisa berhemat, ini adalah tips untuk menghemat sebagai mahasiswa perantau.

Advertisement

1. Biasakan menulis daftar belanja dan kebutuhan

catatan belanjaan

catatan belanjaan via https://www.google.com

Nah, biasanya kita lupa mencatat kebutuhan apa saja yang kita butuhkan dalam melakukan transaksi di mini market atau pasar. 

Menulis daftar belanja itu sangat penting loh guys. Tidak hanya mengingatkan, menulis daftar belanja menjadikan kita tahu dan mudah untuk membeli barang.

Advertisement

Kita dapat memilih barang yang akan dibeli sehingga tidak mubazir dalam pembelian barang tersebut. 

Menghemat waktu dan uang juga karena kita hanya mencari yang sesuai dengan daftar belanja. Tidak ada alasan lagi untuk khilaf atau salah membeli produk.

2. Melihat promo atau diskon

Advertisement
promo/diskon

promo/diskon via https://www.google.com

Ini yang sangat di tunggu mahasiswa, potongan harga atau diskon membuat kantong kita jauh lebih irit dibanding harga normal ya.

Tapi kita juga harus ingat dalam melihat diskon kita juga harus mempertimbangkan apa yang harus d beli sesuai kebutuhan ya guys. 

Diskon membuat para wanita tentunya laper mata dalam membeli suatu produk. sehingga kita bukan menjadi irit tetapi boros karena tidak bisa menahan diri dari promo dan diskon.

Jika kita menggunakan diskon dengan sebaik-baiknya kita akan menjadi hemat tentunya.

3. Menahan Diri dari tawaran teman yang bersifat hedonis

menolak ajakan teman

menolak ajakan teman via https://www.google.com

Sifat hedonis adalah perilaku yang menghambur-hamburkan uang atau menggunakan uang yang tidak ada manfaatnya biasanya hanya untuk kesenangan diri sendiri. 

Terkadang orang lupa dalam mencukupi kehidupannya sehingga life style lebih mahal di banding kebutuhan Hidup.

Maka dari itu kita harus membentengi diri dari perilaku tersebut sehingga kebutuhan hidup lebih terjamin dan bermanfaaat. 

Jika ada teman yang mengajak kita harus bisa menolaknya denga alasan yang baik. Kita juga harus menghindari dari life style yang berlebihan sehingga kita tidak merasakan kondisi yang benar-benar tidak memiliki uang.

4. Memilih perpustakan untuk mengerjakan tugas

perpustakaan

perpustakaan via https://www.google.com

Nah tempat ini adalah salah satu untuk kalian khususnya mahasiswa untuk mengerjakan tugas. Perpustakan merupakan tempat yang nyaman dalam mengerjakan tugas. 

Tak perlu mengeluarkan biaya kalian hanya bermodal bensin/ongkos untuk datang ke tempat ini. Sekarang perpustakaan pun sudah dilengkapi wifi sangat nyaman bukan?

Dari pada kalian untuk pergi ke kafe biasanya hanya nongkrong, nah sekarang mending beralih untuk ke perpustakaan ya guys.

5. Menabung

menabung

menabung via https://www.google.com

Nahh, ini yang sangat paling utama untuk kita hemat, saving money atau nabung guys. Biasanya sulit banget ni untuk kita menabung, tapi kalo kita memiliki niatan yang kuat pasti kita akan bisa menabung. 

Tidak perlu banyak-banyak biasanya kalian mendapatkan uang kembalian koin atau seribu, lima ratus biasakan untuk kalian simpan walaupun nilainya kecil apa bila kita rajin uang koin itu dapat bermanfaat untuk kita loh guyss.

Semoga tips ini dapat bermanfaat untuk kalian mahasiswa perantau 🙂 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE