5 Alasan Orang Berpemikiran Tertutup Takut untuk Membuka Pikirannya

Pemikiran tertutup merupakan salah satu sifat alami yang dimiliki oleh manusia. Menjadi seseorang dengan pemikiran yang tertutup bukan perkara yang mudah. Seseorang dengan pemikiran tertutup belum tentu meraka menutup rapat pikiran mereka. menguncinya agar tak ada seorangpun yang tahu.

Dalam diri mereka tentunya ada perasaan ingin sekali memnyampaikan apa yang ada di pemikiran mereka. Namun terkadang ada beberapa hal yang membuat seseorang engggan untuk membuka pikirannya.

Advertisement

1. Tidak tahu bagaimana cara untuk memulainya

cdns.klimg

cdns.klimg via https://cdns.klimg.com

Untuk seseorang dengan pemikiran yang tertutup, memulai adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Entah harus dari mana untuk memulainya. Ingin mencoba untuk mengawali tapi tak tahu awal permulaannya. Mungkin pertama dengan niat baru setelah itu tindakan, tapi bagaimana cara memulai sebuah tindakan? Apa yang harus dilakukan? Itulah yang terkadang berputar dalam benaknya.

2. Ada beberapa hal yang sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata.

selipan.com/wp-content

selipan.com/wp-content via https://www.

Terkadang sulit untuk merangkai sebuah kalimat menjalaskannya pada orang lain. Terlebih lagi seseorang dengan pemikiran yang tertutup yang jarang untuk bersosialisasi. Jarang bersosialisasi berarti juga jarang berkomunikasi.

Advertisement

Dan tentunya pembendaharaan kata tidaklah banyak. Itulah yang membuat sulitnya merangkai sebuah kalimat membuat orang lain mengerti apa yang ada di pikirannya.

3. Ketakutan akan respon orang

es.cloudinary

es.cloudinary via https://res.cloudinary.com

setelah berhasil mengutarakan isi pikiran, ketakutan terburuk adalah respon oran lain setelahnya. Pandangan orang lain terhada isi pemikiran kita. Orang dengan pemikiran tertutup memiliki sesivitas lebih tinggi. Respon positif akan membuatnya bersemangat, namun respon negatif seseorang akan membuatnya down dan takut untuk melakukannya lagi.

4. Merasa tidak ada yang dapat dipercaya

Advertisement

Kepercayaan adalah hal utama untuk seseorang berbagi sebuah pemikiran. Saat ia berpikir orang-orang disekitarnya tak dapat dipercaya, tentunya ia akan merasa lebih aman untuk tidak membuka pikirannya.

Dibandingkan jika ia membuka pikirannya pada orang yang tak dapat dipercaya dan apa yang ia utarakan tersebar, justru akan membuatnya sangat tak nyaman. Terlebih lagi untuk omongan orang-orang di jaman ini yang sering menambahkan bumbu-bumbu cerita yang bertolak belakang dari cerita aslinya. Hal inidapat membuat mental menjadi down.

5. Pernah berusaha tapi tak dihargai

production-images-kly.akamaized.

production-images-kly.akamaized. via https://cdn0-production-images-kly.akamaized.net

Pernah ia mencoba untuk membuka pikirannya namun tak didengarkan. Terkadang ada yang mendengarkan namun sebatas seperti masuk telinga kanan, keluar telinga kiri. Mengangggapnya itu hal yang sepele yang tak penting untuk diceritakan.

Beberapa hal itulah yang membuat orang dengan pemikiran tertutup enggan untuk membuka pikirannya. Jadi tolong bantu mereka untuk perlahan dapat membuka pikirannya. Bantu mereka bagaimana caranya memulai, merangkai, melawan rasa takut, mempercayai, dan menghargai. Jangan men-judge orang dengan pikiran tertutup sebagai seorang yang angkuh sombong tak mau bergaul.

Mereka sama seperti kalian, manusia. Mereka hanya tak tahu bagaimana caranya. Jadi bantulah mereka, perlahan demi perlahan. Jangan biarkan kata-kata negatifmu membuat mereka takut untuk mengutarakan isi pikirannya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Just ordinary girl who likes to write

CLOSE