5 Bahan yang Sering Kamu Buang Ini Bisa Suburkan Tanaman Kamu

Pupuk organik

Setiap orang yang memiliki tanaman pasti menginginkan tanamannya untuk selalu tumbuh subur dan tetap segar. Salah satu hal yang mewujudkannya adalah dengan cara memberikan pupuk yang cukup kepada tanaman tersebut.

Dilansir dari akun sosial media “siap sadar lingkungan” ada 5 bahan yang bisa kamu jadikan sebagai pupuk, bahannya sangat mudah kamu temukan bahkan mungkin bahan ini sering kamu buang dengan cuma-cuma.

Advertisement

1. Arang bekas

99.co on google

99.co on google via https://images.app.goo.gl

Bahan pertama yang bisa kamu jadikan sebagai pupuk adalah arang bekas. Arang bekas ini bisa kamu campurkan ke bahan pupuk kompos dari sisa sampah sayuran dan daun-daun yang berguguran. Dengan kamu mencampurkan arang ke pupuk kompos, kamu akan meningkatkan kandungan karbon yang ada dalam pupuk tersebut.

2. Air sisa rebusan sayur

Tamaninspirasi.com on google

Tamaninspirasi.com on google via https://images.app.goo.gl

Bahan kedua yaitu air sisa rebusan sayur. Daripada kamu buang air sisa rebusan sayur ke westafel mending kamu manfaatin buat menyuburkan tanaman kamu. Air sisa rebusan sayur ini banyak mengandung nutrisi dan vitamin sehingga dapat membuat tanaman kamu lebih sehat.

Advertisement

3. Sisa sambal

Yukepo on google

Yukepo on google via https://images.app.goo.gl

Bahan selanjutnya adalah sisa sambal. Mulai sekarang kamu tidak  perlu khawatir mubadzir lagi kalau ada sambal yang nggak habis atau kelupaan makan sampai sambalnya jadi basi.

Kamu bisa manfaatin sisa sambal ini untuk menjadi pengusir hama yang sering mengganggu kesuburan tanaman kamu secara alami. Caranya cukup kamu campurin cuka kedalam sisa sambal tadi dan langsung siap untuk kamu pakai sebagai pengusir hama tanaman.

4. Sisa jagung bakar

Sukamasak on google

Sukamasak on google via https://images.app.goo.gl

Yang keempat yaitu bahan yang paling sering kita temui pada saat malam tahun baru yaitu sisa jagung bakar. Sayang banget kan kalau sisa jagung bakar yang banyak manfaatnya bagi tanaman malah menjadi sampah dijalanan, mending kamu kutip untuk dijadikan pupuk tanaman.

Caranya gampang banget, cukup kamu biarkan sisa tongkol jagung sampai dia membusuk dan menjadi kompos lalu siap untuk digunakan sebagai penyubur tanaman kesayangan kamu.

5. Sisa-sisa sayuran

Bengkulutoday on google

Bengkulutoday on google via https://images.app.goo.gl

Bahan kelima adalah sisa-sisa sayuran. Setiap kamu mengupas sayur-sayuran seperti wortel atau kentang biasanya kamu apain kulitnya?, jangan dibuang ya karena sisa-sisa kulit sayuran bisa banget kamu jadikan pupuk penyubur tanaman kamu dirumah. Caranya kamu kumpulin sisa-sisa kulit sayuran lalu dibiarkan kira-kira selama dua minggu, kalau sudah membusuk berarti sisa-sisa sayuran siap untuk kamu jadikan pupuk tanman.

Itulah dia beberapa bahan yang bisa kamu jadikan sebagai pupuk tanman, namun kerap kali orang-orang membuangnya. Mulai sekarang bahan-bahan tersebut jangan dibuang lagi ya karena selain bisa menyuburkan tanaman, kamu juga sudah menyelamatkan bumi dari berbagai sampah yang kamu olah menjadi pupuk dan tentunya hal ini juga sangat menghemat pengeluaran kamu dalam merawat tanaman.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE