Ada berbagai benua dan negara yang bisa menjadi pilihan pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi, salah satunya Eropa. Berbagai negara di Benua Eropa seperti Belanda, Inggris, Jerman, dan Swedia menjadi destinasi favorit setiap tahunnya. Beasiswa lanjut kuliah di Benua Biru bahkan tak pernah sepi peminat.

Duta Besar Uni Eropa Vincent Guerend mengungkapkan, total lebih dari 9.000 pelajar Indonesia saat ini belajar di Eropa. Jumlah tersebut tentu cukup besar. Sedangkan beasiswa yang ditawarkan untuk studi di sana mencapai 1.600 beasiswa per tahun.

Lalu, kenapa sih Eropa bisa menjadi destinasi favorit pelajar indonesia untuk meneruskan studi ke luar negeri mereka?

1. Kualitas pendidikan

Tau nggak sih kalau di Eropa ada sekitar 4.000 institusi perguruan tinggi dengan 15.000 program S2 yang diajarkan dalam bahasa Inggris? Sebagian besar kampus-kampus tersebut merupakan bagian dari 100 universitas terbaik di dunia! Wah nggak heran kalau banyak orang yang ingin melanjutkan studinya ke Eropa.

2. Kualitas hidup

Living in Europe

Living in Europe via http://m.blog.naver.com

Tau sendiri kan kalau di Eropa hampir tidak ada negara miskin. Sementara itu untuk kebersihan dan keasrian lingkungannya, nggak perlu diragukan lagi. Bahkan negara seperti Belanda, Islandia, pernah dinobatkan sebagai negara terbersih di dunia.

3. Biaya kuliah yang relatif lebih terjangkau

Study in Europe

Study in Europe via https://google.com

Advertisement

Di Eropa banyak sekali referensi universitas yang bisa kita pilih mulai dari yang biaya kuliahnya murah hingga yang mahal. Walaupun harganya murah, tapi kualitasnya 2 jempol deh. Selain itu, banyak beasiswa ditawarkan untuk para pelajar Indonesia yang ingin kuliah di Eropa. Bahkan gak sedikit juga universitas yang secara pribadi menawarkan beasiswa full untuk mahasiswa yang berdomisili non Eropa.

4. Bahasa

Speak English

Speak English via https://www.zenius.net

Di Eropa juga banyak kampus yang menawarkan program master dengan bahasa Inggris, walaupun letaknya tidak di negara yang berbahasa Inggris. So, jangan khawatir kalau kamu kuliah di negara yang bahasa sehari-harinya bukan bahasa Inggris.

5. Schengen Area

Kalian pasti gak tau, kalau di Eropa ada yang namanya Schengen Area.

Advertisement

Kawasan Schengen merupakan kawasan yang terdiri dari 26 negara Eropa yang resmi menghapus kebijakan paspor dan semua jenis kontrol perbatasan pada masing-masing kawasan perbatasan. Atau dengan kata lain, kamu hanya butuh 1 paspor untuk bisa mengunjungi negara-negara eropa yang lain tanpa perlu mengurus lagi.

Jadi kamu bisa mengunjungi Paris, Praha, Barcelona, Amsterdam, hanya dengan menggunakan 1 paspor saja. Menarik bukan?

Gimana? Jadi pingin ngelanjutin pendidikan ke Eropa kan!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya