Banyuwangi merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang menurut saya adalah kota yang menarik. Saya baru dua kali berkunjung ke Banyuwangi. Namun saya sudah merasa jatuh cinta dan ingin segera datang lagi ke tempat itu. Kota yang mendapat sebutan Bumi Blambangan ini punya pesona yang bisa membuat siapapun terpikat. Jadi buat siapapun yang belum pernah ke Banyuwangi, kalian musti secepatnya mengepak ransel dan datang kemari. Emang apa menariknya Banyuwangi sampai saya begitu merekomendasikannya? Nah, ini lima alasan saya:

1. Banyuwangi punya Kawah Ijen

docpri taken by @tomodachi65 via https://www.instagram.com

Sebagai gunung yang tingginya 2.799 mdpl. Kawah Ijen menyugukan pemandangan yang luar biasa. Ketika hari sudah beranjak gelap misalnya, bagi para penggemar fotografi, Ijen menjadi tempat yang pas untuk mengambil foto milky way. Sementara buat manusia biasa semacam saya, menatap langit Ijen dengan mata telanjang pun tanpa harus memfotonya, sudah terasa menggembirakan. Pasalnya, bintang-bintang terlihat jelas banyak berserakan di langit. Nampak dekat dan mempesona.

Ketika hari hampir pagi, fenomena blue fire pun siap tampil sebagai ciri khas gunung satu ini. Nah, ketika matahari sudah benar-benar tampak, pemandangan alam Ijen gantian memanjakan mata wisatawan. Penampakan Kawahnya yang eksotis terlihat memukau. Belum lagi, di Ijen kita bisa belajar tentang kerja keras dari para penambang belerang yang kadang masih sering mengangkut belerang dengan cara dipikul.Yang menarik, indah Kawah Ijen ini bisa dinikmati dengan medan yang bisa dibilang tidak terlalu berat, meskipun kita tetap harus berhati-hati.

2. Obyek wisata seabrek

Obyek Wisata beragam via http://www.banyuwangibahagia.com

Advertisement

Banyuwangi memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi. Asiknya, obyek-obyek wisata ini lokasinya tidak begitu jauh antara satu sama lain. Yang pasti, ragam pilihan wisata dari mulai pantai, gunung, air terjun, bahari, wisata buatan, semua lengkap ada di Banyuwangi.

3. Wisata baharinya tidak bisa dianggap remeh

Pulau Tabuan docpri via https://www.instagram.com

Sebut saja Bangsring, Pulau Tabuan, juga Teluk Biru, adalah beberapa tempat yang banyak dikenal sebagai lokasi snorkling di Banyuwangi. Perairannya yang memukau dengan ragam ikan-ikan dari berbagai jenis menjadi pemandangan menarik yang wajib dinikmati selagi berkunjung ke Banyuwangi.

4. Banyuwangi punya Taman Nasional Baluran

docpri taken by @sodjoart via https://www.instagram.com

Tau video klipnya Raisa yang Jatuh Hati kan? Nah, dia mengambil setingng tempat di Baluran. Baluran menjadi salah satu tempat konservasi banteng Jawa. Tempat ini disebut pula sebagai Afrika Van Java. Karena ketika kalian datang kemari selagi musim kemarau di Savana Bekol Baluran, kalian akan bertemu dengan padang savana yang kering berwana coklat. Saat siang-siang kemari, maka suasana panas ala-ala padang pasir Afrika pun akan kalian temukan.

5. Kulinernya beragam

lontong campur via http://www.wisatanegeri.com

Advertisement

Berkunjung ke Banyuwangi tanpa mencicip makanan khasnya tentu bakalan ada yang kurang. Mencicip nasi tempong dan juga rawon Banyuwangi adalah hal yang untungnya tidak saya lewatkan saat beberapa waktu lalu datang ke kota ini. Selain dua penganan ini, Banyuwangi masih memiliki ragam kuliner khas misalnya seperti sop kesrut, kupat lodoh maupun pecel pitik.

Itu sih lima alasan saya. Kira-kira, apalagi ya yang menarik dari Banyuwangi? Masih banyak lhoo! Hmm lebih baik kamu harus secepatnya mengepak ransel dan temukan pesona Banyuwangi versimu sendiri.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya