5 Alasan Kenapa Jadi Jurnalis itu Asyik dan Memiliki Banyak Keuntungan

Jaman sekarang anak anak kalo ditanya cita-cita pasti yang dijawab adalah pengen jadi dokter, atau pilot, atau insinyur. Pernah denger nggak anak anak pengen jadi jurnalis? Pasti enggak dong. Dan banyak hal-hal negative yang menyelimuti profesi ini, seperti gaji yang rendah, sampai jam kerja yang nggak teratur yang bikin orang males punya profesi jadi jurnalis. Padahal jadi jurnalis itu asyik banget, banyak keuntungan dan hal – hal yang nggak bisa di dapatkan kalo nggak jadi jurnalis. Kita simak yuk!

 <>1. Menulis tanpa henti (bagi yang cinta)

Nah ini nih, jadi jurnalis itu kamu bisa menulis tanpa henti, jurnalis televisi, cetak, dan online memang kerjaannya menulis. Menulis apapun, dimanapun, dan berapapun, jadi jurnalis kamu bisa menulis hingga berpuluh berita setiap harinya. Kamu juga bisa dapet dan belajar pengalaman baru dari setiap tempat yang diliput, kamu bisa jadi orang terdepan yang menulis tentang peristiwa yang baru saja terjadi (di saat orang lain belum tahu, kamu sudah tahu). Dan sama seperti Hipwee, tulisan kamu bisa jadi pengetahuan banyak orang yang ada di dunia.

<>2. Ketemu orang orang HITS
wawancara ahok

wawancara ahok via http://nasional.kompas.com

Jadi jurnalis, kamu bisa punya akses lebih dekat ke orang orang yang berpengaruh di muka bumi, bahkan kamu bisa berbincang-bincang dan melakukan wawancara. Kamu bisa bertemu orang-orang hebat mulai dari artis, hingga bertemu presiden. Artis dan orang orang hebat butuh jurnalis untuk bisa diberitakan dan jurnalis butuh mereka untuk bisa memberitakan. Dan nggak lupa bisa eksis di social media karena bisa foto bareng orang ngetop. Nggak cuma itu, kamu juga bisa ketemu orang orang hits dari kalangan sesama jurnalis, bisa belajar dan menggali ilmu lebih dalam.

<>3. FREEBIES!
Jelajah kuliner

Jelajah kuliner via http://tv.liputan6.com

Walaupun nggak selalu, salah satu kelebihan jurnalis adalah dapet gratisan, ketika kamu meliput atau menulis sesuatu seperti film, me-review makanan, kamu akan dapet gratisan tiket nonton film box office ataupun gratis makan di cafe yang paling hitz yang kamu liput. Dan yang lebih endeus lagi, kalo yang pengen kamu liput ada di ujung Indonesia kamu bisa jalan jalan gratis kesana. Kerjaan beres, hati dan perut juga ikut senang kan?

<>4. Jurnalis corong masyarakat
lalungsa tv

lalungsa tv via http://youtube.com

Ketika kamu menjadi reporter, penulis, presenter atau fotografer, dengan memberitakan sesuatu, berita dapat membuka mata dan hati orang banyak, mereka jadi mengetahui hal hal yang mereka nggak tahu kalo itu ada dan dapat membantu meringankan beban, contohnya kayak di suatu daerah di Indonesia masih ada orang orang yang kelaparan, harus bersekolah dengan meniti jembatan kamu memberitakan itu ke masyarakat dengan harapan banyak orang termasuk pemerintah melihat kesulitan mereka dan dapat melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Dan kamu jadi lebih peka dan penasaran dengan hal-hal baru yang terjadi di sekitar kamu. 
 

<>5. SABAR

Last but not least, jadi jurnalis itu latihan sabar, kuat mental dan paling bisa nahan emosi. Kok bisa? Ketika jadi jurnalis kamu menghadapi narasumber yang berbeda pemikirannya, kamu bisa aja ditolak ataupun dicuekkin pada saat mau wawancara. Sabar lainnya ketika ngejar berita di outdoor kamu harus relain panas panasan kulit gosong demi dapet berita yang kamu mau, dan sabar yang terakhir ketika ngebut ngejar deadline dan dikejar-kejar atasan. Tentunya sabar ini merubah kita menjadi orang yang lebih baik.

Jadi gimana? Udah siapin cv melamar ke media?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Full-time TV Journalist. Lost and Pale

One Comments

  1. Aaldy Hara Wela berkata:

    Hummmm…memang jadi journalist itu ashyik
    Saya jugha Impiannya mo jadi Fotografer

CLOSE