5 Alasan Kenapa Pengalaman Magang Itu Penting Untuk Masa Depan Karir

Pentingnya magang biar lebih mudah melangkahkan kaki dalam berkarir

“Untuk dapetin pengalaman kamu juga harus punya pengalaman.” 

Pernyataan barusan jadi sebuah masalah yang harus dihadapi anak muda yang mulai beralih menuju dewasa ketika mereka harus terjun ke dunia kerja. Perusahaan di pasar tenaga kerja sekarang ini sangat memperhatikan resume yang berisi riwayat kerja yang relevan, baik itu magang, volunteering, atau pengalaman kerja yang sebenarnya. Banyak orang yang bilang cari kerja sekarang tuh susah banget. Ya gimana enggak, beberapa tahun belakangan persaingan kerja semakin sengit karena tingginya penduduk usia produktif yang juga mencari pekerjaan. Sedangkan kita tau lapangan kerja yang tersedia nggak cukup menampung kebutuhan itu.

Ditambah lagi, pandemi covid-19 yang terjadi di awal tahun 2020 membuat banyak pekerja kehilangan pekerjaan, sainganmu jadi tambah banyak. Apalagi mereka udah lebih dulu punya pengalaman profesional. Pengalaman itu bisa kamu dapatkan salah satunya dari program magang. Buat para fresh graduate atau yang masih sekolah/kuliah penting banget mendapat pengalaman magang. Emang apa sih pentingnya? Simak 5 keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Advertisement

1. Kesempatan mengenal diri sendiri dan tujuan karir

Photo by Tom Wang via Shutterstock

Photo by Tom Wang via Shutterstock via http://shutterstock.com

Katanya sih pengalaman akan membentuk diri kita di kemudian hari, betul banget. Termasuk juga pengalaman magang. Magang bisa mendorong pengembangan pribadi, juga pemahaman yang lebih besar tentang diri sendiri.

Dari magang, kamu bisa memutuskan untuk tetap ada di bidang sekarang atau mau eksplor di bidang lainnya. Karena sejatinya magang jadi ajang perkenalan akan dunia kerja. Kalau nyatanya nggak sesuai dengan eskpektasi, kamu punya kesempatan mengembangkan diri di ranah lain. Mengenal diri sendiri artinya mengetahui tujuanmu dan cara terbaik untuk mencapainya.

Advertisement

2. Mengembangkan skill profesional dan membangun koneksi

Photo by Bangkok Click Studio via Shutterstock

Photo by Bangkok Click Studio via Shutterstock via http://shutterstock.com

Koneksi merupakan proses pertukaran informasi dengan banyak orang dengan tujuan membangun jaringan dan hubungan yang baik untuk merealisasikan tujuan karirmu. Kartu nama udah ketinggalan zaman?

Jangan salah, justru kartu nama ini penting dimiliki bahkan jajaran CEO-pun masih membawanya saat perjalanan dinas. Jadi, bangun koneksi seluas-luasnya lewat magang karena itu salah satu cara memperluas kesempatan karir.

3. Langkah awal mendapat pekerjaan tetap

Photo by Monkey Business Images via Shutterstock

Photo by Monkey Business Images via Shutterstock via http://shutterstock.com

Dalam dunia kerja, nggak semua atasan bisa mentotelir sebuah kesalahan. Kamu yang lulusan baru dan langsung terjun ke dunia kerja bisa jadi ada di list paling atas jika perusahaan mau mengurangi jumlah pegawainya. Lewat magang kamu akan punya kemampuan profesional dan adaptif. Hal ini jadi kekuatan yang membuatmu bisa bertahan di sebuah posisi.

4. Memberimu pengalaman untuk dicantumkan dalam cv

Photo by StudioByTheSea via Shutterstock

Photo by StudioByTheSea via Shutterstock via http://shutterstock.com

Pandangan pertama HRD terhadap kamu dilihat dari CV yang kamu kirim. Mereka yang punya pengalaman relevan sudah pasti akan lebih diutamakan. Pengalaman magang di bidang/posisi yang masih relevan dengan posisi kerja yang kamu lamar membuka kesempatan lebih lebar.

Jangan malu sebagai fresh graduate yang sudah pernah magang di masa kuliah untuk mengambil program magang lagi setelah lulus, karena banyak pengalaman membawamu pada banyak peluang.

5. Meningkatkan kepercayaan diri di ranah profesional

Photo by Atstock Productions via Shutterstock

Photo by Atstock Productions via Shutterstock via http://shutterstock.com

Yang terakhir pengalaman magang tentunya akan menambah kepercayaan diri kamu. Kamu sudah punya gambaran bagaimana berkomunikasi dengan rekan kerja, bagaimana sikap kerja yang baik, sampai tata krama ketika berhadapan dengan atasan. Karena kamu sudah tau dasar-dasar menempatkan diri di lingkungan kerja, kamu jadi lebih fokus dengan setiap tugasmu.

Jadi nggak usah ragu lagi buat ambil magang, karena pengalaman itu akan membawa langkah karirmu jadi lebih mudah. Temukan informasi lowongan kerja dan magang terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE