Dalam hidup kita, disadari atau tidak semua orang pasti pernah mengalami fase up and down dalam persahabatan. Seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya usia, yang dulunya mungkin kalian satu sama lain saling menyempatkan waktu untuk bertemu, kini berubah menjadi seolah tak peduli dan seperti orang asing satu sama lain.

Berikut ini adalah lima alasan nyata menapa seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia banyak orang termasuk kita yang semakin kehilangan teman, di mana yang dulunya akrab kini mulai menjadi asing satu sama lain.

 

1. Setiap orang pasti akan berubah seiring dengan bertambahnya usia mereka

Cepat ataupun lambat, mau tidak mau manusia pasti akan mengalami fase perubahan seiring dengan bertambahnya usia mereka. Termasuk juga dengan kita dan sahabat-sahabat kita.

Advertisement

Kita akan dituntut untuk mengubah sikap dan perilaku kita sesuai dengan keadaan yang kita hadapi dan hal tersebut yang tidak jarang membuat kita jadi terlibat lebih asing satu sama lain disaat bertemu.

2. Bertambahnya usia membuat prioritas kalian berubah

friendship

friendship via https://unsplash.com

Seiring dengan bertambahnya usia kita, maka prioritas dari masing-masing diri kita pun juga akan berubah dan bertambah. Bukan hanya masalah pribadi, tetapi juga masalah yang dengan orang-orang yang berada di sekitar kita. Hal inilah yang seringkali membuat seseorang jadi seakan-akan mengesampingkan jadwal bertemu dengan sahabat atau lainnya karena prioritas kini yang telah berubah.

Contohnya nih, dulunya kalian berpergian selalu barengan. Bahkan sepulang kantor dalam beberapa minggu sekali pasti ketemuan. Ketika salah satu dari kalian mnikah, maka segala sesuatunya akan berubah.

3. Terlalu sibuk dengan urusan masing-masing

Advertisement

Dulu waktu semasa kalian masih duduk di bangku kuliah ataupun sekolah, mungkin meet up dan cipika-cipiki sambil cuap-cuap nggak tentu arah ataupun nongki-nongki kecil adalah suatu agenda rutinan bersama dengan sahabat-sahabat kalian. Namun kini, seiring berjalannya waktu dan seiring berubahnya keadaan kalian memiliki kesibukan sendiri-sendiri yang mau tidak mau memaksa kalian untuk tidak bisa lagi bertemu dengan sahabat-sahabat kalian. Terkadang, hal-hal seperti itulah yang perlahan memberi jarak dalam hubungan pertemanan dan persahabatan kalian.

4. Memiliki pasangan sering kali menjadi alasan mengapa persahabatanmu mulai ada jarak

relationship

relationship via https://unsplash.com

Nah! Kalau yang ini bukan karena pasanganmu melarang untuk bertemu dengan sahabat-sahabatmu guys, namun nyatanya ketika kita memiliki pasangan maka kita akan lebih fokus dan memprioritaskan pasangan kita bila dibandingkan dengan teman-temanmu, terlebih lagi kalau kita sudah berkeluarga dan memiliki anak.

Sebab, bagi kita membahagiakan dan membuat pasanganmu menjadi lebih sayang dan cinta adalah hal yang utama. Terutama bagi mereka yang telah berkeluarga. Keluarga kecil mereka adalah prioritas utama yang tidak bisa diganggu gugat.

5. Seiring dengan berjalannya waktu, definisi tentang sahabat mulai bergeser

bestfriend

bestfriend via https://unsplash.com

Jika dulu kita sering kali mendefinisikan sahabat adalah sebagai seseorang yang harus selalu ada dalam keadaan sedih, susah dan bahagia, maka kini semua definisi tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab, bagimu sekarang seorang sahabat adalah dia yang meski tidak selalu bertemu setiap saat, tetapi masih sempat untuk saling kontak-kontakan walaupun tidak setiap hari, tetapi juga dia yang tetap bisa peduli dan akrab ketika kalian bertemu satu sama lain.

Maka dari situlah kamu juga akan mengerti dan belajar, mana orang yang layak kamu anggap sebagai sahabat dan mana orang yang hanya akan sekedar menjadi teman bagimu. Tentunya sahabat yang baik adalah sahabat yang tidak akan membicarakan keburukan sahabatnya di belakang hanya karena tidak pernah ikut kumpul atau berselisih paham.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya