Pernah mengalami jatuh cinta? Dengan catatan cinta pada tahap awal ya, lagi hangat-hangatnya gitu. Menurut lagu katanya “jatuh cinta berjuta rasanya” karena bermacam-macam rasa inilah kadang orang jatuh cinta seperti orang gila.

Gila adalah kondisi seseorang yang tidak bisa lagi membedakan kenyataan dan hayalan. Pernah lihat orang gila kan? Kadang gomong sendiri atau ketawa sendiri, dalam hayalannya dia berbicara dengan seseorang padahal kenyataannya dia hanya seorang diri. Atau tiba-tiba dia ngamuk dan mencoba menyerang orang di dekatnya karena dalam hayalannya orang di dekatnya akan mengancam dia. Kalau jatuh cinta gak segitu-gitu amat sih. Walaupun dalam film-film ada yang ekspresi cintanya suka lebay dan ekstrim.

Perilaku dan tingkah laku orang yang sedang jatuh cinta itu biasanya sangat berbeda dari biasanya. Bahkan bisa sampai seperti sudah kehilangan akal sehatnya. Mungkin kamu sendiri pun pernah mengalami betapa gilanya dirimu saat sedang terkena virus merah jambu.

Jatuh cinta memang bisa bikin seseorang jadi gila. Hal ini bisa terjadi karena sejumlah alasan tertentu. Seperti alasan-alasan berikut ini.

1. Obsesi untuk bisa selalu terlihat sempurna

Singkirkan Obsesi

Singkirkan Obsesi via http://lifestyle.kompas.com

Di depannya, kamu selalu ingin terlihat sempurna. Kamu ingin selalu memberi kesan positif saat berada di dekatnya. Akhirnya jadi terlalu terobsesi untuk bisa selalu terlihat yang paling baik di depannya. Sampai-sampai kamu mengabaikan hal-hal lainnya dan bertindak impulsif hanya mau melakukan sesuatu kalau itu berkaitan dengan orang yang kamu cintai.

Advertisement

2. Rasa cemburu terus menghantui

Cemburu Buta

Cemburu Buta via http://intisari.grid.id

Karena merasa sudah memiliki seseorang, kamu tak ingin dia melirik atau dilirik orang lain. Sehingga kamu jadi gampang cemburu. Cemburu memang bisa jadi tanda cinta dan perhatian. Tapi kalau cemburu buta, hal ini bisa membuatmu gila sendiri. Kamu jadi bisa lupa segalanya karena perasaanmu sudah termakan cemburu.

3. Munculnya rasa takut kehilangan bisa bikin hilang akal

Ketika Terlalu Takut Kehilangan Cinta

Ketika Terlalu Takut Kehilangan Cinta via https://www.hipwee.com

Advertisement

Terlalu takut kehilangannya, kadang kamu bisa bertindak hal-hal yang di luar batas waras. Rela mengorbankan dan melakukan apapun asal dia tetap ada di sisimu, sekalipun itu membuatmu menderita. Kalau perasaan takut ini tidak dikendalikan dengan baik, ujung-ujungnya malah menyiksa diri sendiri.

4. Emosi dan perasaan jadi campur aduk nggak karuan

Mudah Menangis

Mudah Menangis via https://www.merdeka.com

Jatuh cinta bisa bikin emosi dan perasaan campur aduk nggak karuan. Hal inilah yang kemudian mempengaruhi perilaku dan kebiasaan kita sehari-hari. Saat bahagia, kita bisa berdendang dan bernyanyi seharian. Tapi kalau sudah sedih (karena dia baru membatalkan janji misalnya), nangisnya bisa berjam-jam.

5. Dicekam rindu bikin hati nggak tenang

Perasaan Campur Aduk

Perasaan Campur Aduk via https://life.idntimes.com

Ketika mencintai seseorang, maka perasaan rindu akan kerap datang. Apalagi kalau jarang bertemu, mudah sekali untuk merasakan rindu. Hati pun jadi nggak tenang. Emosi jadi nggak stabil. Hingga tindakan dan perilaku kita jadi nggak terarah dan membuat kita seperti orang gila.

Yap, jatuh cinta memang bisa mengubah banyak hal dalam hidup kita. Bahkan sikap dan perilaku kita bisa berubah 180 derajat saat sedang dimabuk asmara. Meski begitu, tetap usahakan untuk tidak mencintai seseorang secara berlebihan, ya bro and sis :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya