Ketika semua keadaan sama sekali tidak sesuai dengan yang diharapkan. Saat tak ada satupun tempat bersandar selain kepada-Nya. Kamu boleh bersedih, boleh sekali. Menangis hingga tersedu-sedu atau sampai kamu sulit mendengar suaramu sendiri. Menangis bukan tanda kelemahan. Menangis hanya bentuk ekspresi untuk meluapkan perasaan. Tidak ada yang salah dengannya, namun kebanyakan dari mereka memandang bahwa bersedih itu bagaikan tempat terlarang untuk disinggahi dan kamu harus segera menyudahinya. Padahal maknanya bukan demikian. Kamu dapat belajar banyak dari keadaan itu.

1. Bersedih membuatmu semakin dekat kepada-Nya

Saat-saat sujud sepertiga malam paling sunyi, di sanalah. Tidak ada keadaan setenang dan sedamai itu sampai kapanpun. Dimana kamu bebas mencurahkan segala perasaanmu tentang kerasnya dunia kepada sang pemilik dunia. Jika manusia selalu diberi kesenangan tanpa pernah merasakan rasanya jatuh pasti manusia tidak akan ingat kepada rabb-nya, pasti akan lalai. Itu manusia, sifat aslinya memang begitu. Banyak sekali cara Allah menegur mu untuk semakin mendekatkan diri kepadanya, salah satunya dengan rasa sedih. Jadi, ketika kamu bersedih jangan lantas memandang buruk kejadian yang sedang menimpa mu. Allah tidak akan menghendaki sesuatu melainkan itu yang terbaik untukmu. Mungkin selama ini kamu terlalu asyik dengan kehidupan duniamu sehingga tanpa disadari waktu eksklusif mu berduaan dengan Allah semakin berkurang, kamu perlahan meninggalkan sesuatu yang Allah suruh dan Allah menegurmu dengan cobaan-cobaan supaya kamu dapat lebih dekat dengan-Nya dan kembali seperti dulu.

2. Menjadikanmu semakin sering berintrospeksi diri

look in the mirror

look in the mirror via https://id.pinterest.com

Apapun yang membuatmu bersedih pasti membuatmu berpikir, tapi berpikirlah ke arah yang baik. Jangan gunakan kemarahanmu, menangislah karena dengannya kamu mampu sembari merenung “di mana salahku”, “mengapa masalah ini dapat menimpaku”, “apakah aku terlalu egois”, dan sebagainya. Dengan memikirkan hal semacam itu sebenarnya kamu sudah berintrospeksi diri sehingga jika kamu menemukan kejadian yang sama terulang lagi, kamu tidak akan jatuh di lubang yang sama.

3. Kesedihan juga mampu mengundang inspirasi/ide-ide baru

girl writing

girl writing via https://id.pinterest.com

Advertisement

Setiap rasa dapat dimaknai berbeda-beda, tergantung orang yang mengalaminya. Waktu hatimu sedang bersedih, tentu banyak ribuan kata yang sebenarnya ingin kamu ungkapkan namun nyatanya hanya dapat kamu ekspresikan dalam satu bentuk ekspresi, yaitu air mata. Jika dengan air mata membuatmu semakin tak mampu berkata-kata, maka menulislah. Tulislah apa yang sedang kamu rasakan, apa yang membuatmu bersedih. Kamu akan dapat menciptakan sebuah karya dari sana, seperti puisi ataupun lagu. Karya yang murni diciptakan dari perasaan asli penulis, merupakan tulisan paling tulus yang dapat menyentuh hati pembacanya.

4. Membentukmu menjadi insan yang semakin kuat

Pada saat hati sedang bersedih, perasaan menjadi kian tak menentu, bercampur duka dan amarah menjadi satu. Namun, sekali lagi bukan itu tujuannya, bukan untuk membuatmu semakin terpuruk dan jatuh. Tuhan tidak menciptakan perasaan sedih untuk diratapi, melainkan agar membuatmu semakin kuat. Percayalah akan selalu ada rencana indah dari Allah. Dengan kejadian yang saat ini membuatmu bersedih sebenarnya merupakan bentuk latihan dari Allah untukmu agar semakin kuat menjalani hidup, dengannya juga berarti Allah yakin kamu mampu melewatinya. Bahagialah karena kamu merupakan orang terpilih, semakin banyak rintangan yang kamu hadapi pertanda Allah ingin mengangkat derajatmu lebih tinggi dari ini.

5. Memberikan pelajaran baru

smile everytime

smile everytime via https://id.pinterest.com

Advertisement

Bukankah setiap kejadian yang kita alami menawarkan cerita yang berbeda yang tentunya juga menawarkan pengalaman dan pelajaran yang beragam pula. Bukankah itu artinya semakin banyak problematika yang sering membuatmu bersedih, semakin banyak cerita hidup yang sedang kamu ukir yang mana jika direnungkan setiap pengalaman tersebut membuatmu takjub akan rencana indah Tuhan yang selalu indah setiap harinya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya