Drama Korea kini menjadi preferensi banyak orang dibandingkan sinetron Indonesia. Bukannya tidak cinta "produk" dalam negeri, hanya saja pesona drama Korea seakan sulit untuk dihindari. Berikut adalah kelebihan drama Korea dalam 5 aspek dibandingkan sinetron Indonesia.

1. Pemain

Lee Jong Suk via https://www.google.co.id

Faktor pemain menjadi salah satu hal yang membuat drama korea memiliki kualitas yang seringkali dianggap lebih dari film layar lebar. Aktor dan aktris top Korea yang dikenal di kancah internasional justru berkibar namanya melalui kesuksesan drama yang mereka bintangi. Sebut saja pasangan Song Jong Ki dan Song Hye Kyo melalui Descendant of the Sun, Lee Min Ho lewat perannya mulai dari di Boys Before Flower sampai The Legend of the Blue Sea, Park Shin Hye yang sukses memerankan Cha Eun Sang di The Heirs dan masih banyak lagi kisah serupa lainnya. Hal ini tentu berbeda dengan fenomena yang terjadi di Indonesia dimana sejauh ini kita belum menemukan Reza Rahardian ataupun Chelsea Islan di judul sinetron manapun. Kira-kira kenapa yah ini bisa terjadi?

2. Setting

Kalau bicara setting tentu Descendant of The Sun menjadi jawaranya. Drama yang acap kali membuat kita berdecak kagum bukan hanya karena adegan demi adegan romantisnya tapi juga karena keindahan alam negara Yunani yang menjadi latar belakangnya. Drama korea memang selalu menyuguhkan setting yang benar-benar didesain sesuai dengan tema yang diinginkan. Misalnya saja drama yang bertemakan kehidupan seorang dokter pasti akan menyuguhkan suasana rumah sakit lengkap dengan alat-alat kedokteran super canggih yang bisa dipakai dengan lihai oleh para pemainnya. Berbeda halnya dengan setting sinetron-sinetron Indonesia yang seringkali hanya mengambil tempat di rumah ataupun perkampungan. Kita tunggu saja yah sinetron yang bercerita tentang pekerjaan seorang dokter, semoga dengan itu kita bisa lihat setting yang tidak kalah mengesankannya dengan yang ada di drama!

3. Soundtrack

Advertisement

Satu hal yang tersisa setelah sebuah drama korea tamat adalah lagu-lagu yang menjadi soundtracknya. Lagu-lagu tersebut biasanya akan populer hingga satu bulan setelah sebuah drama berakhir. Bagi penikmat drama korea, mendengarkan soundtrack merupakan cara paling mudah untuk mengingat lagi adegan-adegan manis yang sempat membuat senyum-senyum sendiri saat menontonnya. Perbedaan ini dapat dikatakan yang paling mencolok antara drama Korea dan sinetron Indonesia. Jarang sekali ada sinetron yang secara khusus memiliki album soundtrack berisikan lagu-lagu original yang khusus dibuat untuk sinetron tersebut. Lagu pada sinetron pun biasanya merupakan lagu yang sudah diciptakan sebelumnya yang dilengkapi dengan beberapa aransemen.

4. Jalan cerita

Drama korea seakan tidak pernah kehabisan cerita. Dahulu drama korea menceritakan kisah-kisah romansa dengan balutan peristiwa-peristiwa yang biasa dijumpai di masyarakat. Tapi kemudian mulai banyak drama yang secara khusus menyoroti kehidupan seseorang dengan profesi tertentu misalnya dokter, pengacara, bahkan reporter. Tren yang paling banyak dijumpai pada drama korea terpopuler kini adalah cerita-cerita fiksi yang jauh dari nalar. Sebut saja Man from the Star yang mengangkat kisah cinta alien dengan manusia, W yang bercerita tentang adanya dua dunia yaitu dunia nyata dan dunia webtoon, Tomorrow With You yang menceritakan kebimbangan hidup seorang time traveler, dan yang terbaru adalah While You Were Sleeping dengan cerita tentang orang-orang yang mampu melihat masa depan melalui mimpi mereka. Cerita-cerita yang tidak biasa ini menjadikan drama korea selalu seru untuk diikuti jalan ceritanya. Sebenarnya di Indonesia pun sudah ada beberapa sinetron yang mengangkat cerita-cerita fiksi, hanya saja mungkin belum se-variatif yang ada di drama korea.

5. Karakter

Ada magis tersendiri yang dimiliki karakter-karakter di drama Korea. Watak yang bersinergi dengan penampilan pemain selalu berhasil membius penonton sehingga seakan ikut merasakan feel yang sedang ingin ditonjolkan dari tiap-tiap adegan. Penggambaran karakter di drama Korea selalu detail dengan membawa ciri khas masing-masing. Dalam satu drama pun biasanya terdapat beberapa karakter yang memiliki ke khas-an masing-masing sehingga tak jarang pemain pendukung dari sebuah drama pun ikut meraup popularitas seiring dengan keberhasilan drama tersebut. Fenomena ini sebenarnya sudah muncul di Indonesia, hanya saja attachment ke seorang tokoh tertentu belum sedahsyat jika seseorang menonton drama Korea.

Nah itulah kira-kira 5 aspek yang seringkali ditonjolkan pada sebuah drama korea, yang dengan kualitasnya mampu membuat drama korea menjadi acara yang begitu digemari di berbagai belahan dunia. Menurut kalian aspek apalagi nih yang belum ada dalam list di atas?!

Hanya opini sebagai penonton, no offense yah! 🙂