Banyak yang mengira indie adalah bagian dari genre musik, tapi yang sebenarnya indie itu berasal dari kata independent, yang maknanya berdiri sendiri, bebas, lepas, nggak terikat sama suatu label musik seperti band-band mainstream pada umumnya. Mereka bebas menciptakan musik dengan menyalurkan ide-ide kreatif mereka tanpa terikat komersialisme, liriknya dekat sama kehidupan sehari-hari kita, dan kadang liriknya juga mewakili permasalahan yang ada di negara kita lho guys! Daripada kalian penasaran, lets check it out beberapa band indie berikut…

1. Payung Teduh

Payung Teduh via https://www.jakartabeat.net

Payung Teduh dibentuk oleh dua orang sahabat, yaitu Is dan Comi yang berprofesi sebagai pemusik di FIB (Fakultas Ilmu Budaya) Universitas Indonesia pada akhir tahun 2007. Warna musik yang khas, yaitu perpaduan antara keroncong dan jazz menjadi salah satu alasan lagu-lagu band ini digandrungi oleh pecinta musik. Angin Pujaan Hujan merupakan lagu pertama dari Payung Teduh. Nah, akhir-akhir ini dunia se-per-Youtube-an khususnya di Indonesia lagi ramai nge-cover lagu terbaru dari Payung Teduh lho guys. Yap, Akad! Lagu ini bener-bener booming karena liriknya yang easy to hear dan berhasil membuat nama Payung Teduh semakin melambung di belantara musik indie!

2. Banda Neira

Banda Neira via https://www.axe.co.id

Kalian tau nggak vokalis Banda Neira ini merupakan kakak dari salah satu penyanyi cantik Indonesia, lho! Yap, sang vokalis Rara Sekar merupakan kakak dari Isyana Sarasvati. Lagu Banda Neira yang paling melekat dan booming adalah “Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti” dan “Sampai Jadi Debu”, namun sayang, pada bulan Desember 2016, band yang digeluti oleh Rara dan Nanda yang disebut “proyek iseng tapi bertanggungjawab” ini harus bubar.

3. Fiersa Besari

Advertisement

Fiersa Besari via http://google.co.id

Musisi Bandung yang memulai karirnya pada tahun 2011 ini memiliki nama panggilan “Bung” yang membuatnya terkesan unik. Sejak memulai karirnya hingga sekarang, Bung berhasil membuat tiga album, di antaranya 11.11, Tempat Aku Pulang, dan Konspirasi Alam Semesta. Beberapa lagu karya Bung juga sangat cocok didengar saat rintik hujan dan secangkir kopi panas, beberapa di antaranya yaitu Celengan Rindu, Waktu Yang Salah, dan Kau.

4. Float Project

Float Project via http://google.co.id

Band ini mulai berjalan pada tahun 2002, pada saat itu Meng, salah satu personil Float Project ini masih bekerja sebagai fotografer lepas. Kemudian ia dan beberapa temannya membuat project sampingan dengan dasar lagu-lagu yang ditulis oleh Meng tahun 90an yang berjudul “Pulang” dan “Sementara”. Dan kebetulan dua lagu tersebut adalah lagu favorit saya juga hehehe. Lagu-lagu dari Float Project ini easy to hear juga lho guys. Coba dengerin deh!

5. Danilla Riyadi

Danilla Riyadi via https://www.google.co.id

Penyanyi cantik kelahiran Jakarta, 12 Februari 1990 ini memulai karirnya pada tahun 2013. Hobi menyanyi dan mendengarkan musik bergenre jazz yang mengantarkan dirinya hingga debut pertamanya dengan single “Buaian” yang berhasil membuat penikmat musik merasa terbuai. Tetapi penyanyi satu ini enggan disebut sebagai penyanyi, ia lebih suka mendeskripsikannya sebagai pecinta musik atau pengantar pesan. Album pertama Danilla juga berhasil masuk dalam kategori album terbaik tahun 2014 versi majalah Rolling Stone Indonesia lho guys!

Nah, itu tadi adalah beberapa band indie yang lagunya mantap di jiwa untuk didenger. Masih ragu kalau band indie alirannya nggak jelas? Siapa bilang? Yuk, mulai coba dengerin lagu-lagu karya anak bangsa yang nggak kalah sama band internasional!