Akhir-akhir ini, perjalanan mengelilingi lautan dengan liveaboard merupakan suatu tren yang semakin populer. Metode ini memungkinkan kita untuk menikmati keindahan alam dengan cara yang lebih intim sekaligus menantang, seperti layaknya pelaut. Sebenarnya benda wajib apa saja yang butuh dibawa dalam perjalanan semacam ini? Jangan sampai menangis bombay di tengah laut karena lupa membawa benda-benda penting ini!

Dengan barang-barang ini, perjalananmu dijamin akan lebih menyenangkan. Boleh juga membawa buku dan permainan, misalnya kartu, untuk mengisi waktu selama berlayar. Siapkan mata dan baju renang favoritmu. Dan yang tidak boleh terlupa, bawa serta semangatmu untuk menikmati perjalanan, apapun yang terjadi. Happy tanning!

 

1. Sunblock dan topi

pulau rinca dan keindahannya

pulau rinca dan keindahannya via https://instagram.com

Karena dalam perjalanan seperti ini dipastikan akan banyak berurusan dengan laut dan sinar matahari yang terik, bawalah topi dan sunblock yang cukup, agar kulit tidak rusak dan liburanmu tetap menyenangkan.

2. Kacamata hitam

berjemur atau terjemur tak lagi ada bedanya

berjemur atau terjemur tak lagi ada bedanya via https://instagram.com

Untuk melindungi mata dari cahaya matahari yang menyilaukan di sepanjang perjalanan dengan liveaboard, kacamata hitam jelas merupakan barang yang penting. Di tengah laut, sang surya biasanya tersenyum sangat lebar, lho! 

3. Jaket

menikmati matahari terbit berteman angin laut

menikmati matahari terbit berteman angin laut via https://instagram.com

“Main ke pantai koq harus bawa jaket?” Karena kita akan menghabiskan sebagian besar waktu kita berlayar dari satu pulau ke pulau lain, maka tak diragukan lagi, angin akan menjadi sahabat akrab kita. Angin laut di tengah malam dapat menusuk hingga ke tulang, dan terkadang bisa juga membuat mabuk laut. Jaket akan melindungi kita dari kerasnya angin laut.

 

4. Sepatu atau sendal gunung

menaiki Gili Lawa Darat

menaiki Gili Lawa Darat via https://instagram.com

"Ke laut bawa sepatu? Nggak salah?" Ketika mengunjungi pulau-pulau tertentu, tak jarang kita perlu melakukan trekkingke dalam hutan atau menaiki bukit. "Tapi buat apa naik-naik bukit?" Buat foto kece dong! Mau kan? :)

5. Obat-obatan, termasuk obat anti mabuk

panorama yang boleh diharapkan selama berpesiar di lautan

panorama yang boleh diharapkan selama berpesiar di lautan via https://instagram.com

“Aku sih orangnya nggak cepat mabuk.” Meskipun berpikiran demikian, ada baiknya karena di tengah laut kondisi cuaca sulit diprediksi, tak ada salahnya sedia payung sebelum hujan. Jangan sampai kita terlanjur jatuh sakit baru mencari obatnya. Apotik jauh kakak!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya