5 Bumbu Dapur Ini Ternyata Kaya Khasiat Untuk Kesehatan

Selain bermanfaat untuk bumbu penyedap masakan ternyata siaung tanaman ini juga berkhasiat untuk menangkal penyakit jika di konsumsi secara rutin

Indonesia sangat terkenal akan kekayaan rempah-rempahnya yang berlimpah. Bukan hanya menambah kelezatan makanan ternyata lima bumbu dapur ini kaya akan khasiat untuk kesehatan lho.

1. Bawang Merah

bawang merah

bawang merah via https://unsplash.com

Advertisement

Bawang merah yang biasa digunakan hampir di setiap masakan asli Indonesia ini ternyata kaya akan khasiat lho, tanaman yang termasuk dalam keluarga umbi- umbian ini mengandung minyak asiri, sikloaliin, metaliin, dihidroaliin, kaemferol, kuersetin, dan florogusin yang berkhasiat untuk mengobati pilek, demam, cacar dan sakit kulit lho.

2. Bawang Putih

bawang putih

bawang putih via https://unsplash.com

Selain bermanfaat untuk bumbu penyedap masakan ternyata siaung tanaman ini juga berkhasiat untuk menangkal penyakit jika di konsumsi secara rutin. Bawang putih yang kaya akan, vitamin A, B, dan C,fosfor dan zat besi ini berkhasiat untuk mengatasi pilek, radang tenggorokan, batuk, muntah-muntah, gatal-gatal, cacingan dan penyembuhan infeksi.

3. Jahe

Jahe yang biasanya diolah menjadi serbuk minuman hangat yang menyegarkan atau menjadi salah satu bumbu masakan yang menambah sensai hangat ini ternyata memiliki segudang khasiat loh, rimpang jahe yang mengandung minyak asiri, gingerol, zingeron, resi, zat pati dan gula ini berguna untuk antipiretika atau semacam zak penurun panas dan demam, memperbaiki pencernaan, melancarkan pernapasan, bronkhitis, menghangatkan badan dan meredakan sakit kepala.

Advertisement

4. Kencur

Bumbu masakan yang satu ini sering digunakan dalam memasak pecel ataupun seblak asli bandung. kencur yang memiliki bau yang khas ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Kencur yang mengandung borneol, kamfer, sineol, dan etil alkohol yang berguna untuk mengobati radang tenggorokkan, pilek, batuk, perut nyeri, radang lambung, memperlancar haid, dan melangsingkan tubuh loh.

5. Lengkuas

Bumbu dapur yang berkhasiat terakhir adalah lengkuas, lengkuas yang mengandung minyak asiri 1%, kamfer, sineol dan asam metilsinamat yang berfungsi untuk karminatif, antifungi, obat salah urat( keseleo), sakit perut, dan malaria loh.

Nah itu dia, beberapa bumbu dapur yang tenyata berkhasiat untuk tubuh. Walaupun bumbu dapur beragam, pastinya bumbu dapur diatas selalu tersedia dirumah kamukan. Untuk anak kos gak usah sedih bumbu dapur ini juga sangat mudah didapat dimana saja. Yuk hidup sehat dengan obat-obatan alami ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE