5 Cara Agar Jangan Cuman Jadi Lawan Bicara tapi Juga Harus Jadi Teman Bicara yang Baik

Kesan yang baik di awal pertemuan

Salah satu cara untuk memiliki kesan yang baik di awal pertemuan selain penampilan adalah dari obrolan dan cara bicara kita loh! Penting banget untuk tidak hanya menjadi lawan bicara, tapi juga harus bisa menjadi seorang teman bicara yang asik. Karena janji bertemu dikemudian hari itu bisa tergantung dari kesan mereka ketika berbicara dengan kita. 

Buat temanmu merasa nyaman dan selalu menantikan saat bertemu denganmu untuk berbagi cerita dan berdiskusi denganmu. Yuk mulai jadi lawan bicara yang baik bagi teman ngobrol kita dan jadi berkesan bagi teman baru kita. Terus scroll ke bawah yaa!

1. Gantian Dong Ceritanya

Photo by @elliotreyna

Photo by @elliotreyna via http://www.unsplash.com

Advertisement

Jangan terus-terusan cerita tentang diri kamu aja, kamu harus berikan ruang untuk teman bicaramu untuk bereaksi terhadap ceritamu agar obrolan ga terasa membosankan.

2. Mendengar dan Memahami

Photo by @christinhume

Photo by @christinhume via http://www.unsplash.com

Diam saat teman bicara sedang mulai berbicara itu baik, tapi akan lebih baik jika kamu diam sambil benar-benar mendengarkan dan memahami apa yang dia bicarakan/ceritakan dan tidak sambil melakukan hal lain yang membuatmu tidak fokus mendengarkan.

3. Responsif

Photo by @brookecagle

Photo by @brookecagle via http://www.unsplash.com

Selalu berikan respon terhadap obrolan teman bicaramu dengan jujur. Hargai setiap obrolan yang temanmu utarakan, tapi ingat jangan terlalu berlebihan ya, tetap sesuaikan dengan emosi dan topik yang diobrolin.

Advertisement

4. Jangan Potong Obrolan

Photo by @mimithian

Photo by @mimithian via http://www.unsplash.com

Menjadi responsif memang sangat dibutuhkan dalam obrolan, tapi jangan sampai memotong pembicaraan teman bicaramu. Teman bicara yang baik akan mendengarkan sampai temanmu selesai bicara. Apabila ingin memberikan saran atau kritik, usahakan untuk menunggu mereka menyelesaikan pembicaraannya.

5. Topik Obrolan yang Universal

Photo by @priscilladuprez

Photo by @priscilladuprez via http://www.unsplash.com

Membicarakan topik pembicaraan yang tepat dapat memudahkan kita berkomunikasi lebih lanjut. Untuk itu penting membicarakan topik menarik yang umum saat diawal bicara terutama dengan teman baru.

Itu tidak beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk bisa menjadi lawan bicara yang baik baik untuk temanmu maupun seseorang yang bakal jadi temanmu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE