5 Cara Mudah Mengatur Keuangan agar Survive Selama Masa Pandemi Corona. Yok Bisa Yok!

cara mudah mengatur keuangan

Virus corona atau yang lebih keren dikenal dengan nama COVID-19, telah memberikan dampak yang sangat luar biasa kepada dunia. Banyak korban jiwa berjatuhan, banyak negara melakukan lockdown, banyak tempat wisata ditutup sementara, pemerintah menginstruksikan warga tetap tinggal di rumah.

Hal ini memberikan dampak luar biasa terhadap perekonomian. Banyak usaha cafe, restoran, toko dan mall sepi pengunjung, banyak proyek pekerjaan ditunda, tunjangan atau insentif pekerja dipotong, tingkat konsumsi masyarakat turun drastis. Semua level masyarakat merasakan dampaknya. Yuk, kita bersiap dengan mengubah strategi keuangan agar bisa survive melewati masa pandemic corona ini.

Advertisement

1. Belajar berhemat

Photo de Alexander Mils provenant de Pexels

Photo de Alexander Mils provenant de Pexels via https://www.pexels.com

Mulailah buat prioritas, tunda dulu keinginan untuk membeli gadget, mainan, item game atau tiket promo yang lagi murah-murahnya. Simpan uangnya ditabungan kamu. Istilah Cash is The King dalam keuangan, sangat cocok dalam masa ketidakpastian seperti sekarang.

2. Amankan tagihan-tagihan

Photo de energepic.com provenant de Pexels

Photo de energepic.com provenant de Pexels via https://www.pexels.com

Apapun ceritanya, yang namanya tagihan tetap wajib harus dibayar. Prioritaskan membayar tagihan seperti PLN, BPJS, Pinjaman KPR, Kartu Kredit, Leasing, dll. Untuk angsuran pinjaman seperti KPR dan leasing, Jika kamu masuk kategori terdampak covid-19, maka segera ajukan restrukturisasi ke instansi terkait.

3. Belanja dalam takaran wajar terkait kebutuhan pokok

Belanja sesuai kebutuhan

Belanja sesuai kebutuhan via https://www.pexels.com

Walaupun ada instruksi tinggal di rumah oleh pemerintah, tapi yang namanya suplai distribusi kebutuhan pokok tetap jadi jadi prioritas oleh pemerintah. Untuk itu belanjalah kebutuhan pokok sewajarnya saja, jangan berlebihan. Hal ini juga mencegah kenaikan harga barang.

4. Tunda dulu rencana berinvestasi

Jika kamu masih ada kelebihan dana dan berencana berinvestasi baik dalam bentuk saham, emas, properti ataupun usaha, ada baiknya ditunda dulu sampai situasi ekonomi berangsur pulih.

Dalam dunia investasi ada istilah wait and see, artinya melihat perkembangan dan situasi sebelum mengambil keputusan. Jangan sampai kamu mengambil tindakan spekulasi dalam berinvestasi.

Advertisement

5. Yuk, jangan lupa untuk berbagi

Photo de tear cordez provenant de Pexels

Photo de tear cordez provenant de Pexels via https://www.pexels.com

Nah, apapun kondisi kamu sekarang, jangan lupa untuk melakukan aktivitas yang satu ini. Yup, inilah momen yang pas untuk berbagi. Menyumbangkan sebagian dari uang atau harta kamu kepada yang membutuhkan tidak akan membuat kamu langsung jatuh miskin. Justru di masa seperti inilah kamu bisa panen berkah.

Saat ini banyak sekali masyarakat yang terdampak ekonominya akibat pandemi covid-19 ini. Yuk, kita bersama-sama bantu ringankan dengan berbagi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

une femme libre

CLOSE