Punya teman yang banyak memang menyenangkan. Nggak jarang juga teman bisa bikin sebel. Paling sebel tuh ketika ada teman yang egois. Mau seenaknya sendiri. Nggak pernah bisa diatur. Sekalinya diatur, malah marah-marah. Nggak enak juga kan? 

Meski sangat ingin, seringkali kita tak bisa menghilangkan orang-orang ini dari kehidupan kita sehari-hari. Jadi terima saja, kalian harus bertemu dan menghadapi mereka. Jika kalian punya teman yang menyebalkan, jangan buru-buru frustasi. Ada cara ampuh untuk menghadapi orang-orang jenis ini.

Nah, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika menghadapi teman yang egois. Mau tahu? Simak baik-baik yang satu ini ya, 

1. Mengingatkan dengan halus

Harus jadi pendengar

Harus jadi pendengar via https://goo.gl

Kalo memang belum berhasil, ingatkan dia dengan halus. Jangan pernah mengungkapkan hal-hal yang akan menyakiti hatinya. Yang paling penting, jangan sampai kamu mengingatkan keegoisannya tersebut dengan emosi. Cukup bilang kalo dia perlu sadar untuk nggak egois lagi. Berikan alasan kenapa dia harus menghilangkan sifat egoisnya itu.

2. Tinggalkan sejenak

Untuk menjauh sejenak

Untuk menjauh sejenak via https://goo.gl

Kalo udah kayak gitu, kamu pasti bakalan dimusuhi dan dibenci banget sama dia. Tinggalkan dia sejenak. Biarkan saja dia merasa jengkel sama kamu. Berikan dia waktu untuk introspeksi sejenak. Biarkan dia sadar dengan apa yang telah dia lakukan. Kalo dia sadar, dia akan kembali ke kamu dengan sendirinya.

3. Jangan penuhi terus keinginan temanmu

Sesekali cuek

Sesekali cuek via https://goo.gl

Advertisement

Jika temanmu menginginkan sesuatu dari kamu sebaiknya kamu harus bersikap. Sebaiknya kamu jangan selalu mau untuk memenuhi segala keinginannya. Sikapmu itu tidaklah kejam, tidak juga sadis karena telah mengabaikannya. Tapi ada saat di mana kamu pun harus berlaku egois demi kebaikannya. Teman atau bukan sih, yang datang kepada kita hanya di saat perlu dan butuh saja?

4. Aktiflah dalam mencari teman yang lebih baik

Asal setia

Asal setia via https://goo.gl

Mengingat kembali rasa sakit, penderitaan, kepedihan dan kelelahan akan memberikan energi emosional yang kuat bagi para penderitanya. Apabila kamu menemui teman yang seperti itu maka hindarilah sejauh mungkin. Sebaliknya, kamu dapat mencari teman baru yang dapat memberikan perhatian kepadamu lebih banyak dari sebelumnya.

Kamu dapat berinteraksi dengan orang-orang bari di acara sosial, tempat ibadah dan pusat relawan. Setelah kamu memiliki teman baru, mereka dapat menghibur dirimu dengan cerita-cerita yang tidak egois dan tidak menjarah emosimu tentunya.

5. Maafkan temanmu ketika sudah sadar

Berdamai lagi

Berdamai lagi via https://goo.gl

Advertisement

Kamu harus mempunyai jiwa besar jika temanmu melakukan kesalahan. Karena teman yang baik adalah yang memaafkan jika terjadi kesalahpahaman. Nah, jika saat temanmu kumat sikap keras kepala dan egoisnya pun ketika tiba-tiba merasa kesepian dan ingin kembali berteman denganmu , itu tandanya teman kamu sudah mulai sadar. Memaafkannya adalah sikap terbaik. Terima dia kembali untuk berkumpul bersamamu dan berteman seperti biasanya. Jangan pernah menolaknya. Kamu harus menghargai usaha temanmu untuk berubah menjadi seseorang yang lebih baik.

Nah, itu tadi beberapa langkah jitu untuk menghadapi teman yang egois. Dengan melakukan hal-hal tersebut, bukan nggak mungkin teman kamu nantinya akan sadar dan nggak akan melakukan hal-hal yang egois seperti itu. Masih ragu dengan teman-teman kamu, gaes?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya