Akhir-akhir ini banyak hal berkecamuk dalam pikiran saya. Ada perasaan hampa, jenuh dan kekecewaan besar yang tidak dapat saya deskripsikan. Mau naik gunung nggak ada waktu, road trip? *sigh* impossible, mau hangout sama temen-temen tapi di usia pertengahan 20 ini susah punya teman yang bisa bikin ngakak just like we used to have when we're in high school hampir satu dekade yang lalu.

Di sisi lain, media sosial seperti Instagram dan lain-lain kadang bikin makin suntuk sama konten-konten toxic nya begitu pula dengan film dan reality show yang cuma bisa bikin ketawa sesaat, sometimes it work sometimes it thrives to worse feeling.

1. Work Out

Mengeluarkan keringat merupakan cara singkat yang menurut saya ampuh untuk bisa bikin happy. Nggak perlu ke gym atau jogging track kalau kalian malas keluar. Cukup buka Youtube atau download aplikasi semacam 8Fit saja menurut saya sudah lebih dari cukup. Apapun bisa dilakukan indoor di rumah atau kamar kalian, boxing, yoga, pilates, dan lain-lain.

Advertisement

Bahkan hanya dengan basic exercise, dengan bantuan aplikasi work out, bagi kalian yang jarang olahraga akan cukup menghasilkan keringat dengan waktu exercise sekitar 10 menit. Rasa lelah dan keringat yang keluar selain dapat membuat kalian terlihat lebih segar bugar setelahnya juga akan berdampak pada mood yang lebih positif. Stay healthy and fit, peepz!

2. Cook and Eat

Healthy bar

Healthy bar via https://unsplash.com

Hot greentea dan coklat adalah hal umum yang patut dicoba untuk menenangkan pikiran dan mengembalikan mood yang sedang kacau. But after that? What? Saya mencoba memberikan alternatif lain yakni memasak. Ayah saya pernah berkata pada saya bahwa memasak adalah seni. And art does make me relax karena hal tersebut merupakan wahana untuk mengeskpresikan diri.

Ada beberapa bahan makanan yang bisa menaikkan mood dilansir dari link ini. Beberapa kaum urban memang terbiasa dengan masakan cepat saji, namun tidak semua makanan cepat saji adalah junk food. Tidak semua masakan pula harus melalui proses yang melibatkan kompor dan oven. Coba saja membuat fit bars dari coklat, granola serta kacang-kacangan yang mudah dan nikmat sesuai kreasi kalian masing-masing.

3. DIY/Room Decorating

Advertisement

Serupa dengan poin sebelumnya. Mendekorasi ruangan atau make a craft really drops you out from deprived feeling. Old magazine, old photographs, bahkan amplop bekas warna coklat bisa di jadiin bahan. Kalian nggak akan kehabisan inspirasi selama masih ada web-web semacam Pinterest atau doityourself.com.

Mendekorasi ulang ruangan juga nggak perlu dengan beli perabotan-perabotan mahal atau mengecat ulang. Cukup tambahkan beberapa pernak-pernik seadanya dan mengubah tata letak perabotan, suasana baru bisa membantu mencerahkan mood. Selain itu, untuk barang-barang DIY selain bisa menjadi bahan dekorasi ruangan bisa juga menjadi stok kado untuk kerabat maupun kolega.

4. Travel Itinerary

Take a look at your passport, it probably expired in a few years, or maybe months. So go renew it! Mungkin liburan belum bisa terealisasi dalam waktu dekat karena kesibukan yang bikin hectic, tapi tidak ada salahnya untuk merencanakan liburan seru yang harus terealisasi. Selain mengajak pikiran kalian sibuk membayangkan liburan seru, dompet pun aman karena kalian juga wajib menabung untuk merealisasikan liburan seru itu.

Dare yourself to do the solo traveling. Grab a piggybank. Start saving and sealed it. Liburan nggak harus mahal. Kalian bisa mengkontak teman atau kenalan yang berasal atau tinggal di destinasi liburan kalian, atau bisa juga dengan couchsurfing. Inilah gunanya bikin travel itinerary, kalian bisa mulai memprediksi budget, destinasi, estimasi waktu dan lain sebagainya.

5. Ibadah

Segala hal yang diikhlaskan dan di pasrahkan akan berbuah ketenangan dan kebahagiaan. Bagi para theis, apapun kepercayaan kalian cobalah untuk lebih konsentrasi dalam beribadah, memasrahkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Kosongkan pikiran dan sebut nama-Nya.

Kententraman dari kekuatan yang bersifat transendental tidak akan terkalahkan oleh kegiataan apa pun yang dapat memberi kebahagiaan. This is a real way to boost your mood quickly, ain't say it is easy but indeed worth to try!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya