Agar Liburanmu Lebih Tertata, Yuk Persiapkan dengan 5 Cara Membuat Rencana Perjalanan Wisata Ini!

Supaya berwisata aman dan nyaman

Bagi traveler tertentu, membuat rencana perjalanan wisata sungguh mengasyikan. Tapi, bagi sebagian traveler yang tinggal terima jalan biasanya males sama urusan membuat rencana perjalanan wisata. Biasanya yang berperan banyak dalam membuat rencana perjalanan wisata di sebut dengan nama tour leader.

Tour leader tidak hanya di dalam program wisata yang berbayar loh Guys. Dalam rombongan independen(wisata tanpa travel agent) sering ditemukan siapa sosok tour leader atau pemimpin wisata. Biasanya nih yang dijadikan tour leader itu umurnya lebih senior, sudah pernah ke destinasi yang akan kita tuju, yang memiliki jiwa kepemimpinan dan yang paling dipercaya untuk mengatur semuanya alias team nya pada males hahaha.

Lalu bagaimana cara membuat rencana perjalanan wisata dengan baik? Tentunya kamu sudah membayangkan perjalanan wisata nanti akan menyenangkan dan berkesan. Oleh karena itu, semua hal perlu dipersiapkan termasuk rencana perjalanan wisata saat liburan nanti.

Let's check this out!

Advertisement

1. Menentukan destinasi wisata

Gunung Kerbau Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya

Gunung Kerbau Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya via https://rurydermawan.id

Paling pertama adalah menentukan destinasi (daerah tujuan) wisata yang ingin kamu kunjungi. Areanya lebih luas, bisa pulau, provinsi, kota atau kabupaten. Destinasi ini misalnya destinasi Pulau Lombok atau dengan destinasi Kota Yogyakarta.

Dari destinasi, kamu dapat mengerucutkannya kepada obyek wisata (daerah tujuan wisata yang akan dikunjungi) yang lebih spesifik. Misalnya di destinasi wisata Pulau Lombok kamu akan mengunjungi obyek wisata Taman Nasional Gunung Rinjani untuk hiking dan obyek wisata ketiga Pulau Gili di Lombok Utara untuk snorkeling.

Advertisement

Aktivitas di obyek wisata inilah yang akan kamu masukan ke dalam membuat rencana perjalanan wisata. Mulai dari bagaimana caranya menuju kesana, menggunakan kendaraan jenis apa, waktu terbaik ke sana jam berapa hingga kira-kira membutuhkan biaya berapa per-orang nya. Karena tadi ada rencana hiking, kamu tentunya dengan mudah mempersiapkan peralatan dan fisik sebelum menuju ke obyek wisata tersebut.

2. Membentuk tim

Traveling bersama travelmate di Bromo. Oleh @ivy_owl

Traveling bersama travelmate di Bromo. Oleh @ivy_owl via https://www.instagram.com

Kalau sudah cari-cari destinasi hingga obyek wisata mana yang ingin dikunjungi saat liburan, bawaannya tuh pingin cepet-cepet liburan ya. Nah, setelah destinasi dan obyek wisata ditentukan mau kemana saja. Tahap sekarang adalah mencari siapa saja yang ingin liburan dengan rencana kamu.

Advertisement

Apakah kamu adalah tipikal orang yang memilah-milah partner wisata? Jika iya, jangan asal mengajak partner liburan ya. Soalnya, sebagus dan seberapapun biaya yang akan kamu dapatkan. Perjalanan wisata kamu akan terasa ada yang kurang bahkan berasa bukan liburan soalnya bawaannya darah tinggi terus atau julid terus, kan bahaya.

Selain bijak dalam mengajak partner liburan untuk kenyamanan dan keamanan. Tentunya partner haruslah dapat menjadi pelengkap di perjalanan wisata kamu. Karena kamu sudah berinisiatif menjadi tour leader, partner kamu mungkin yang pandai dalam mengambil gambar atau video sukur-sukur dapat bicara daerah setempat.

Intinya, partner kamu jangan menjadi beban kelompok. Tentunya harus mampu diajak kerja sama ya satu sama lain. Kalau partner kamu gak mau diajak kerja sama, yaudah solo traveling aja sana!

3. Membuat rencana perjalanan atau itinerary

Contoh Membuat Itinerary Wisata. Oleh Rury Dermawan

Contoh Membuat Itinerary Wisata. Oleh Rury Dermawan via https://rurydermawan.id

Pentingnya membuat rencana perjalanan atau sering dikenal dengan istilah “itinerary” menentukan seberapa matang rencana perjalananmu. Itinerary itu semacam rundown kegiatan yang berisikan waktu, tempat, kegiatan, penanggung jawab hingga lokasi kegiatan. Itinerary juga tujuannya adalah mengetahui 5w1h dalam perjalanan wisata supaya rencana perjalanan wisata sukses.

Untuk membuat itinerary wisata pada umumnya dilakukan dengan cara membuat essay itinerary, time per time itinerary dan perpaduan di antara keduanya. Itinerary wajib dibuat untuk memastikan tidak ada yang over dalam durasi perjalanan wisata, pengeluaran biaya dan meminimalisir kecelakaan saat berwisata. Karena keutamaan aman dalam berwisata adalah syarat utama suksesnya rencana perjalanan wisata.

Essay Itinerary

Essay Itinerary dibuat dengan cara menuliskan sembari bercerita rencana perjalanan wisata kamu pada hari pertama kedua dan sampai kembali ke rumah kembali. Cara ini relatif lebih mudah karena hanya perlu menceritakan lewat tulisan. Tulisan ini tentang rencana perjalanan wisata tanpa detil menggunakan waktu yang mungkin kamu juga belum tahu detailnya.

Time per Time Itinerary

Time per Time Itinerary  dibuat dengan memasukan waktu pada komponen rencana perjalanan wisatamu. Dengan memasukan komponen waktu, tim akan tahu persis jam berapa harus berangkat, jam berapa harus check out, jam berapa pesawat akan terbang. Sehingga meminimalisir keterlambatan dan biaya tambahan akibat keterlambatan.

Mix Itinerary

Merupakan perpaduan antara Essay itinerary dan Time per Time Itinerary. Di setiap item keterangan dicantumkan waktu dan keterangan yang sangat informatif. Pembagian peran juga dapat dimasukan untuk mempermudah tim melakukan apa pada saat wisata berlangsung (supaya gak magabut!).

4. Membuat Harga Paket Wisata

Membuat Harga Paket Wisata. Oleh @wayfarerpoints

Membuat Harga Paket Wisata. Oleh @wayfarerpoints via https://www.instagram.com

Gimana, sudah kebayang pusingnya belum? Eh kebayang liburan maksudnya 🙂 Setelah menentukan destinasi wisata, menentukan tim, dan cara membuat rencana perjalanan wisata dan sekarang masuk ke bagian membuat harga paket wisata. 

Harga atau biaya paket wisata adalah seberapa banyak kamu dan tim mengeluarkan uang untuk membiayai rencana perjalanan wisata. Sesuai dengan rencana perjalanan wisatamu di atas, akhirnya keluarlah rencana biaya yang harus disiapkan. Jika kemampuan pembiayaan masih aman berarti tidak perlu mengubah rencana perjalanan wisata. 

Nah, seandainya rencana harga keseluruhan membengkak yaa mau gak mau harus ada yang dikurangi komponen biayanya. Misalnya di rencana perjalanan wisata ke Lombok tadinya menggunakan pesawat diubah menjadi menggunakan kereta dan bus. Perlu diperhatikan, biaya akan turun, tapi dari segi waktu apakah Kamu dan tim siap dengan bertambahnya waktu untuk extend?

Komponen biaya dalam berwisata tentunya sangat banyak yaitu:

  1. Transportasi,
  2. Akomodasi,
  3. Konsumsi,
  4. Tiket masuk wisata,
  5. Asuransi wisata,
  6. Biaya tidak terduga (dana cadangan),
  7. Biaya rental peralatan,
  8. Biaya Tour Guide,
  9. Biaya utilitas (pulsa, toilet, administrasi belanja debit) dan,
  10. Biaya belanja oleh-oleh

 

Tentunya masih perlu penyesuaian rencana pembuatan harga paket wisata yang kamu buat tergantung destinasi hingga jenis wisata nya. Kalau urusan harga, lebih efisien jika ada minimal peserta nya sebagai pembagi biaya variabel. Seperti komponen transportasi dan akomodasi tentunya kan lebih murah jika patungan lebih dari 4 orang daripada harus membayar sendiri atau 2 orang saja.

Oh iya, tambahan rahasia nih buat kamu yang bingung ketika mau liburan. Ketika menggunakan travel agent/trip operator/tour organizer atau biro perjalanan wisata atau apapun namanya. Akan lebih murah mengurus atau membuat harga paket perjalanan wisata secara independen (mandiri).

Selain karena tidak ada komponen biaya keuntungan dan pajak, sharing cost tentunya membuatmu lebih leluasa dalam mendapatkan pengalaman lebih ketika liburan. Tetapi, jika kamu itu tipikal traveler yang terima jadi dan gak mau ribet-bet, lebih baik menggunakan travel agent terpercaya yaah. Kamu harus teliti dengan semua detil yang ditawarkan seperti apa yang sudah dan belum termasuk dalam paket wisata.

5. Membuat komitmen anti wacana

Pulau Banyak, Kabupaten Aceh SIngkil. Oleh @rurydermawan

Pulau Banyak, Kabupaten Aceh SIngkil. Oleh @rurydermawan via https://www.instagram.com

Paling penting dari semua rencana adalah tidak berakhir dalam wacana. Betul apa betul nih guys?

Bener banget nih, wacana is wacana dan pasti gak enakeun pisan. Perlu dibutuhkannya komitmen saat merencanakan perjalanan wisata nih di antara kalian (saya mah ga usah kalau gak diajak hehe). Ya sebenarnya kalaupun ada yang batal ikutan liburan juga gak jadi soal sih, tapi pastinya gak seruu banget gak ada si dia kan.

Selain gak seru banget, tentunya beban biaya nya jadi menambah karena faktor bagi nya berkurang. Terus, udah capek-capek buat malah berakhir wacana semuanya kan ngeselin banget. Buat rencana perjalanan wisata tuh perlu menguras waktu dan tenaga juga loh guys, jadi tolong untuk menghargai komitmen kalian yaa.

Selain itu, komitmen kalian satu sama lain nya diuji banget loh. Jikalau tidak ada keperluan yang penting untuk dibatalkan, sebisa mungkin coba tetap lanjut yaa sampai wisata nya dimulai. Kan perjalanan wisata juga ada banyak sisi positif nya untuk perkembangan kepribadian dan silaturahmi kelompok loh guys!

Mempersiapkan itu tentu lebih bijak daripada tidak sama sekali. Selain dapat menyusun strategi wisata yang seru tentu juga mempersiapkan diri dari wisata yang aman.

Selamat berwisata ya Guys!

 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Telah menyelesaikan pendidikan dari Universitas Indonesia jurusan Pariwisata dengan peminatan Travel dan Universitas Sahid jurusan Ekonomi dengan peminatan Manajemen Bisnis Pariwisata. Mengikuti program penelitian dari pemerintah dan swasta khususnya di bidang Ekonomi, Sosial, Budaya, Pemuda dan Pariwisata. Senang melakukan kegiatan outdoor khususnya jenis wisata special interest toursim seperti kegiatan adventure, culture, ecotourism, edutourism. For e-mail: rurydermawan35@gmail.com"Sharing knowledge is power"

CLOSE