5 Cara Menghilangkan Rasa Malas Mengerjakan Tugas

Ayo kerjakan tugasmu

Hai, Sobat Hipwee! Kamu pasti pernah berada pada fase malas dalam mengerjakan tugas dari guru atau dosen kamu. Apalagi yang deadline tugasnya satu minggu, pasti kamu akan menunda mengerjakan tugas tersebut. Kebiasaan ini dapat mengakibatkan hal buruk, loh! Malas mengerjakan tugas dapat menghambat prestasimu. 

Nah, kali ini Hipwee ingin membagikan tips untuk menghilangkan rasa malas dalam mengerjakan tugas. Kita simak, yuk!

Advertisement

1. Stop scrolling social media

Stop scrolling social media

Stop scrolling social media via https://id.pinterest.com

Kebanyakan orang tidak mudah lepas dari yang namanya media sosial seperti  instagram, twitter, Facebook dan sebagainya. Memang membuka media sosial sangat menyenangkan, apalagi sambil rebahan, tetapi hal tersebut dapat membuat kita lupa waktu, sehingga tugas yang diberikan oleh guru atau dosen pun menjadi terbengkalai.

2. Tempat belajar

Tempat belajar

Tempat belajar via https://id.pinterest.com

Ruangan yang rapi merupakan salah satu faktor yang mendukung kita untuk mengerjakan tugas. Kalau ruangan tempat kamu belajar itu berantakan tentu kamu menjadi tidak nyaman untuk mengerjakan tugas. Maka dari itu rapikan ruang belajarmu atau cari tempat yang nyaman untuk belajar seperti perpustakaan atau café yang tidak terlalu ramai.

Advertisement

3. Kerjakan tugas yang paling sulit terlebih dahulu

Kerjakan tugas yang paling sulit terlebih dahulu

Kerjakan tugas yang paling sulit terlebih dahulu via https://id.pinterest.com

Kamu mungkin pernah merasakan banyaknya tugas yang menumpuk dan kamu menganggap salah satu dari tugas tersebut merupakan tugas yang sulit sehingga kamu menunda untuk mengerjakannya.

Padahal jika kamu memulai saja untuk mengerjakannya, tugas tersebut tidak sesulit yang dibayangkan. Setelah tugas yang paling sulit itu selesai, akan lebih mudah mengerjakan tugas-tugas yang lainnya. Seperti yang pepatah katakan, ‘the beginning is always the hardest’ atau yang tersulit adalah memulai. Ketika kamu sudah mulai, semua akan lebih mudah dan tugasmu tentu saja akan cepat siap.

4. Siapkan hadiah

siapkan hadiah

siapkan hadiah via https://id.pinterest.com

Hadiah yang dimaksud di sini tidak harus sesuatu yang mahal, kok. Misalnya seperti kamu sudah selesai mengerjakan tugas mu, kamu dapat bermain game selama 30 menit, atau kamu akan membeli makanan yang kamu sukai ketika kamu sudah selesai mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosenmu. Dengan begitu, kamu pasti akan lebih termotivasi untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas.

Advertisement

5. Membuat jadwal

Membuat jadwal

Membuat jadwal via https://id.pinterest.com

Luangkan waktu untuk membuat hal-hal yang ingin kamu lakukan di hari itu dan masukkan jadwal untuk mengerjakan tugasmu di dalamnya. Hal ini akan membuatmu lebih teratur dan lebih produktif. Namun, ingat ya untuk benar-benar melakukan sesuai dengan jadwal yang ditulis.  Membuat jadwal tapi tidak mengerjakannya tidak akan membuat tugas-tugasmu selesai dengan sendirinya. Semangat sobat Hipwee!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE