5 Cara Halus untuk Uji Keseriusan Pasangan, Biar Makin Yakin Saat Dikenalkan di Momen Lebaran

Jika hubunganmu bertujuan ke jenjang serius, sudah saatnya kenalkan dia pada keluargamu.

Tradisi kumpul keluarga di hari raya Idul Fitri biasanya menjadi ajang berkumpulnya para om, tante, pakdhe, budhe, sepupu, dan keluarga. Tradisi ini biasanya menjadi ajang pers conference bagi kita. Kenapa? Karena kita akan ditanya-tanya berbagai macam pertanyaan, mulai dari hal yang basa-basi hingga hal yang serius. Salah satu pertanyaan yang selalu jadi trending topic di momen lebaran, yaitu “Kapan nikah? Udah punya calon kan?”. Nah, pertanyaan ini yang bikin kita ngenes sendiri.

Bagi kamu yang udah punya gebetan atau pasangan, di dasar hati paling dalam pengen dong ngenalin si doi di keluarga besar. Eittss, jangan tergesa-gesa ya gaes. Sebelum doi masuk ke keluarga besarmu, mending uji keseriusannya sama kamu. Gimana caranya?

1. Kenalkan terlebih dahulu ke orangtuamu

Kenalan sama orangtuamu

Kenalan sama orangtuamu via http://cdn2.tstatic.net

Advertisement

Sebelum melangkah lebih jauh ke keluarga besar, alangkah lebih baiknya kenalkan terlebih dahulu doimu kepada orangtuamu. Apakah orangtuamu cocok dengan pilihanmu? Apakah doi cocok juga dengan orangtuamu? Dua hal ini sangat penting sebelum kalian menuju ke hubungan serius. Jangan sampai, salah satu diantara orangtua atau pasanganmu mengalami ketidakcocokan. Hehehe

2. Tanyakan padanya kamu anggap aku apa

Pertanyaan sederhana tapi patut kamu tanyakan. Pertanyaan “Kamu anggap aku apa?” akan memperjelas semuanya, akankah dia yakin denganmu atau tidak. Jika jawabannya logis dan meyakinkan alias bukan gombalan manis, maka kalian siap bertahan dan berjuang atas perasaan cinta dan sayang hingga pernikahan.

3. Liat sikapnya saat berkumpul dengan temanmu dan temannya

Bagaimana dia di lingkungannya?

Bagaimana dia di lingkungannya? via https://cdn.idntimes.com

Tidak hanya saat pasangan bersama kita, tapi sikap sesungguhnya dapat dilihat saat dia berkumpul dengan lingkungan sosial. Apakah dia tipe orang yang mudah berbaur, mudah tersinggung, pendiam, atau cuek? Ketika kalian sudah tau sikap aslinya saat di lingkungan sosialnya maupun lingkungan sosialmu, maka kalian dapat memutuskan apakah dia bisa dibawa ke keluarga besar atau tidak.

Advertisement

4. Sebagai permulaan, kenalkan dia dengan saudaramu yang paling dekat

Anggap aja, sebagai pemanasan coba deh kenalkan doi mu kepada saudara yang kamu anggap paling dekat, misalkan ke sepupumu atau ke tantemu. Lalu, lihat, bagaimana caranya berinteraksi dengan saudara dekatmu.

5. Tanyakan pada dirimu sendiri, apa kamu sudah siap bersamanya?

Tenangkan diri, dan pikirkan baik-baik

Tenangkan diri, dan pikirkan baik-baik via https://cdn0-production-images-kly.akamaized.net

Seperti pada poin pertama, kecocokan antara orangtua dan pasangan itu adalah hal yang penting. Jika mereka sudah saling cocok, saatnya kamu bertanya kepada dirimu sendiri, apakah kamu siap dan yakin bersamanya? Karena, mengenalkan calon pendamping hidup ke keluarga besar itu resikonya besar. Jika kalian bisa bersama hingga jenjang pernikahan dan hingga maut memisahkan, ya bersyukurlah.

Tapi, kalau kalian tidak lanjut ke jenjang pernikahan, orangtua dan dirimu sendiri yang akan menanggung malu di hadapan keluarga besar. Jadi, bijaklah dengan dirimu sendiri. Semoga beruntung!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Amatir..!

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE