5 Cara Menyimpan Uang Untuk Bisa Berkeliling Dunia, Nggak Harus Nunggu Jadi Orang Kaya Kok~

Intinya kreatiflah dalam menyimpan uang. Begini caranya

Sebagai manusia yang normal, kita pasti sering merasakan jenuh, lelah, penat dan apapun itu yang membuat kita merasa depresi. Ya, jalan yang harus dipilih adalah travelling. Yup, travelling atau jalan-jalan ini bisa membuat otak kita fresh kembali dan bisa membuat suasana hati kita jadi nyaman dan tenteram. 

Tapi terkadang mau liburan pun kita sudah pusing duluan karena rekening menipis. Setiap gajian pasti langsung habis dan raib. Di sini kita akan membahas cara menyimpan uang paling efektif dan manjur biar tetap bisa jalan-jalan. Simak yuk!

Advertisement

1. Bertanggung jawablah secara finansial

Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via https://pixabay.com

Sebenarnya, menyimpan uang atau menyisihkan uang sudah menjadi pelajaran wajib bagi kita di sekolah. Bahkan sekolah dasar pun kita sudah diajarkan untuk menghemat dengan peribahasa andalannya

“Hemat pangkal kaya”

Advertisement

Oleh karena itu bijaklah dalam mengelola uang Anda. Jangan membeli barang yang sekiranya tidak terlalu diperlukan. Pangkas semua biaya yang mungkin bisa dipangkas. Gaya hiduplah yang akan membunuhmu. Jangan berharap ini akan mudah, tapi ketika Anda sudah mulai nyaman melakukan ini, tiap akhir pekan Anda bisa berlibur kemana saja. Anda harus memulainya, karena apapun yang Anda lakukan dengan keuangan Anda tidak ada yang bisa melarangnya. Karena seluruhnya adalah hak dan tanggung jawab Anda sendiri.

2. Pasang anggaran bulanan seminim mungkin

Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via https://pixabay.com

Dalam dunia keuangan, ada dua jenis pembiayaan. Yang pertama adalah membiayai hidupmu, dan yang kedua adalah membiayai liburanmu.

Advertisement

Kalkulasikan liburanmu, jika semua terencana dengan baik dan tertata pasti biayanya bisa lebih murah perharinya. Jumlahnya pun pasti akan sangat bervariasi, tergantung kemana dan seberapa kuat iman Anda untuk menahan diri Anda menggocek dompet anda. Tapi sebaiknya Anda mulai menentukan budget tetap untuk liburan Anda, misalkan dalam 1 bulan harus menyisihkan 1 juta rupiah dari gaji Anda. Dan itu harus berjalan tiap bulan. 

Lalu kalkulasikan setiap pengeluaran yang mungkin terjadi saat Anda akan memulai untuk berlibur. Misalkan di awal tahun 2020 Anda merencanakan berlibur pada pertengahan tahun. Lalu Anda mulai menyisihkan gaji Anda untuk ditabung. Kalkulasi jumlah pengeluaran selama Anda dalam masa liburan tersebut. Anda ingin berlibur selama dua bulan?

Perkirakan semua aspek keuangan yang mungkin bisa keluar. Tapi jangan sampai membebani hidupmu ya, tetap seimbangkan untuk kehidupanmu, kebutuhan pokok jangan sampai dikesampingkan. 

3. Lacak pengeluaranmu

Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via https://pixabay.com

Uang bukanlah sesuatu yang menakutkan. Dengan catatan managemen keuangannya harus benar. Ketika akhir pekan, cobalah untuk bersantai sambil menengok pengeluaran rekeningmu. Catatlah apa saja yang sudah Anda beli untuk mengetahui pengeluaran Anda. Pilih mana yang bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan tanpa mengesampingkan kebutuhan pokok Anda. 

Bagi kaum adam, pengeluaran mereka justru lebih banyak ke gaya hidup mereka. Misalkan seperti rokok, minuman, atau bahkan kopi untuk nongki. Catat itu semua, ketika anda mulai tercengang, sudah saatnya Anda menggigit jari untuk setidaknya sedikit mengurangi itu semua. Pelan-pelan saja, tapi pasti. 

4. Kurangi kebutuhan yang tidak dibutuhkan

Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via https://pixabay.com

Langkah mudahnya, tuliskan semua barang yang Anda beli atau catat semua hal yang Anda lakukan yang melibatkan uang. Kelompokkan catatan Anda ke dalam sebuah tabel yang berisikan dua kolom. Kolom pertama “yang Anda butuhkan” dan yang kedua “yang Anda mau”.

Ketika semua kolom sudah terisi, pilih di antara mereka yang mana saja yang bisa Anda hilangkan atau kurangi. Pada masa-masa awal pasti akan terasa sulit. Tapi ketika Anda sudah terbiasa untuk tidak membeli atau menggunakan uang Anda untuk barang yang Anda inginkan, semua akan terasa berjalan seperti biasanya.

5. Tetaplah melakukan empat tips di atas

Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via https://pixabay.com

Kembangkan dan terus pelajari cara-cara di atas. Cepat atau lambat, Anda sendiri yang mementukannya. Karena percaya atau tidak, menghemat uang bukan hanya untuk travelling saja. Terkadang ada kebutuhan mendadak yang harus membutuhkan banyak uang. Ketika Anda memiliki tabungan, semua itu akan terasa mudah dan cepat. Apalagi, ketika Anda sudah merasakan nikmatnya uang tabungan anda sendiri. Rasanya Anda ingin melakukan itu lagi dan lagi.

6. Tambah penghasilan Anda

Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via https://pixabay.com

Menambah penghasilan dari kerjaan sampingan memang membutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra. Tapi dengan adanya penghasilan tambahan membuat Anda mempunyai beberapa opsi untuk menggunakan uang anda.

Tidak harus pekerjaan berat yang anda ambil. Di era seperti ini banyak pekerjaan yang bisa anda kerjakan sembari bersantai. Menjadi seorang freelance misalkan. Banyak situs-situs di internet yang membuat platform khusus untuk para freelance. Anda bisa mengambil pekerjaan sesuai dengan kemampuan anda. Bisa anda kerjakan kapan saja, tanpa tekanan dan yang pasti menghasilkan uang tambahan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE