5 Cara Mudah Tingkatkan Kecerdasan Emosional, Penting untuk Bangun Kualitas Diri

Cara tingkatkan kecerdasan emosional untuk kualitas diri yang lebih baik

Berbeda dengan kecerdasan intelektual (IQ) yang merupakan kemampuan bawaan sejak kamu lahir, kecerdasan emosional (EQ) sendiri bisa dikembangkan dan dipelajari dalam kehidupan seseorang.

Kecerdasan emosional diartikan sebagai kemampuan untuk memahami, mengendalikan, dan mengevaluasi emosi. American Journal of Pharmaceutical Education menerbitkan hasil penelitian yang membuktikan kalau kecerdasan emosional mampu meningkatkan kemampuan seseorang dalam mengambil keputusan, membangun dan mempertahankan hubungan, serta menangani stres secara efektif.

Karena pentingnya memiliki EQ yang tinggi dalam menunjang kehidupan karir dan sosial, ada beberapa cara mudah untuk mengelola dan meningkatkannya.

Advertisement

1. Jangan gegabah, berpikir dulu sebelum bertindak

Photo by wayhomestudio via freepik

Photo by wayhomestudio via freepik via http://freepik.com

Jangan sekali-kali mengambil keputusan saat diri dikendalikan emosi yang berlebihan. Pertimbangkan segala kemungkinan yang akan terjadi sebelum bertindak sesuatu. Keputusan yang dibuat tanpa memikirkan risikonya bisa jadi bumerang buat kamu di kemudian hari.

2. Cobalah jadi pendengar yang baik

Photo by pressfoto via freepik

Photo by pressfoto via freepik via http://freepik.com

Terkadang orang cuma mau dimengerti, tanpa mencoba mengerti perasaan/kondisi orang lain. Kecerdasan emosional yang baik bukan cuma memahami emosi diri sendiri, tetapi juga orang lain.

Advertisement

Coba mulai dengan menjadi pendengar yang baik, pahami apa yang mereka butuhkan, mau, dan harapkan. Ini penting untuk karir kamu, terlebih kalau pekerjaanmu harus berhubungan dengan banyak orang.

3. Belajar untuk tenang menghadapi segala situasi, bahkan saat tertekan

Photo by luis_molinero via freepik

Photo by luis_molinero via freepik via http://freepik.com

Ya namanya proses hidup pasti jalannya nggak selalu mulus. Kegagalan, rintangan, dan penolakan harus dihadapi dengan emosi yang tenang.

Kalau kamu kalah dengan emosi negatif yang menyelimutimu, yang ada kamu mengalami stres bahkan depresi. Dengan emosi dan pikiran yang tenang kamu bisa memikirkan cara terbaik untuk menyelesaikan masalah yang datang.

Advertisement

4. Emosi yang kamu rasa, luapin aja

Photo by pressfoto via freepik

Photo by pressfoto via freepik via http://freepik.com

Setiap emosi yang kamu rasakan adalah hal yang wajar, jangan menahannya dan berpura-pura seolah keadaan baik-baik aja. Saat sedih luapkan rasa sedihmu sampai kamu merasa tenang, begitupun dengan perasaan senang, kecewa, bahkan marah.

Cobalah jujur atas segala perasaan yang kamu alami. Temui orang yang kamu percaya untuk melampiaskan emosimu dengan bercerita.

5. Pahami dampak dari setiap tindakanmu pada orang lain

Photo by tirachardz via freepik

Photo by tirachardz via freepik via http://freepik.com

Kalau keputusan dan tindakanmu akan berdampak bagi orang lain, coba tempatkan dirimu pada posisi mereka. Gimana perasaan mereka saat kamu melakukan ini? Apakah kamu akan menerima tindakan itu?

Memikirkan dampak dari tindakan yang akan kamu lakukan untuk orang lain juga membantumu membangun dan menjaga hubungan sosial yang baik.

Itu tadi penjelasan singkat dan beberapa manfaat kecerdasan emosional untuk mencapai tujuan karir. Temukan informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE