Buat para penggemar jam tangan atau para pengoleksi jam tangan seperti jam tangan Rolex, Omega, Suunto, atau berbagai brand terkenal lainnya, jam tangan palsu itu merupakan mimpi buruk yang tidak dapat dihindari. Bagaimana tidak, karena hampir sebagian besar jam tangan palsu sangat sulit di bedakan dengan jam tangan original dengan harga jual yang tidak jauh berbeda.

Tapi bagi kalian para penggemar jam tangan tidak perlu khawatir, karena beberapa jam tangan palsu memiliki perbedaan yang cukup terlihat jika kita teliti dalam mengamatinya. Berikut 5 cara simpel untuk kalian dalam membedakan jam tangan palsu dengan jam tangan original.

1. Detikan Jarum Jam

Suara setiap detik

Suara setiap detik via https://www.google.co.id

Ini merupakan indikator terbesar dalam membedakan mana itu jam tangan palsu dan jam tangan original. Jam tangan yang di design oleh designer terkenal pasti selalu memiliki ratusan komponen kecil yang dengan sempurna di bentuk menjadi bagian jam yang dapat bergerak dengan halus.

Advertisement

Mau bagaimanapun juga, jam tangan original pasti selalu memiliki bunyi detikan jarum yang sama sekali tidak terdengar. Kamu dapat membandingkannya dengan jam tangan palsu dengan seksama mendengarkan detikan masing-masing jarum jam tersebut.

2. Detail Kecil

Detail sekecil mungkin

Detail sekecil mungkin via https://www.google.co.id

Jam tangan original dengan design berkualitas tinggi selalu memiliki standar kualitas yang sangat ketat. Yang di maksud di sini adalah, kesalahan sekecil apapun yang terdapat pada jam tangan tersebut maka jam tangan tersebut tidak akan lolos untuk dipasarkan.

Dengan mengetahui hal ini maka kamu dapat mudah untuk membandingkan jam tangan palsu dengan original, cukup melihat sedikit kesalahan tulisan, sedikit goresan, ataupun ketidak rataan dalam penempatan logo jam, maka kamu sudah bisa memastikan kalau jam tangan tersebut adalah palsu atau imitasi.

3. Berat Jam Tangan

Berat itu penting

Berat itu penting via https://id.pinterest.com

Advertisement

Seperti poin yang sudah di beritahu sebelumnya, jam tangan original atau asli selalu di rancang oleh designer berkualitas dengan memiliki ratusan komponen kecil yang dengan sempurna di bentuk menjadi sebuah mahakarya yang indah.

Dengan mengetahui hal ini maka kamu dapat memastikan kalau jam tangan asli atau original selalu memiliki berat yang cukup besar dibandingkan dengan jam tangan palsu.

4. Melakukan Riset

Riset mendalam dari sumber terpercaya

Riset mendalam dari sumber terpercaya via https://id.pinterest.com

Bisa dibilang ini merupakan hal yang sangat mudah sebelum kamu membeli jam tangan. Kamu bisa memastikan jam tangan yang kamu ingin beli dengan melakukan riset pada situs resmi pembuatnya, kamu dapat mengetahui berbagai detail jam yang perlu kamu tahu seperti penempetan logo, bahan jam tangan dan lainnya. Jika kamu mengetahui semua detail jam tangan original sebelum kamu membeli, kamu tidak akan tertipu dengan jam tangan palsu.

5. Nomor Serial

Jangan lupakan nomor serial

Jangan lupakan nomor serial via http://www.google.com

Pastikan nomor serial jam tangan yang kamu beli sesuai dengan nomor serial dari produsen resmi jam tangan tersebut. Pastikan juga nomor serial pada gelang jam tangan cocok dengan nomor serial pada kotak jam tangan tersebut.

Beberapa jam tangan original juga bahkan menempatkan nomor serial yang tertempel pada stiker di belakang jam tangan. Berhati hati dalam membeli jam tangan tanpa kotak jam tangan maupun serial number yang tertera di dalamnya, bisa di pastikan itu jam tangan palsu.

Masih banyak beberapa aspek yang dapat diteliti dalam membedakan jam tangan original dengan palsu, tapi cukup mengetahui 5 dasar diatas saja sudah cukup untuk membedakannya. Sedikit ketelitian memang di perlukan dalam melakukan hal diatas, tapi dengan melakukan hal di atas kamu memiliki pengalaman yang baik dalam membedakan mana jam tangan berkualitas original dengan jam tangan imitasi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya