5 Cara Agar Semangat Menulis, Resep Tetap Produktif Saat Pandemi

Sudah waktunya kamu berkarya bukan jadi beban keluarga.

Pandemi korona memaksa kita untuk berada di rumah saja. Hal ini pasti membuat sebagian orang merasa bosan. Banyak dari mereka yang lebih memilih untuk nonton film atau berkebun. Intinya, menekuni hobinya masing-masing. Dari kalangan remaja khususnya pengguna aplikasi Wattpad sangatlah melonjak jumlahnya.

Menurutku, mereka menulis untuk mengisi waktu luang disela-sela kesibukan kantor atau sekolah online. Mayoritas pengguna Wattpad adalah kaum muda yang sedang dimabuk asmara. Tapi namanya pemula pasti ada saja tantangannya. 

Advertisement

1. Cari Tujuan dan Luruskan Niat

Pinterest

Pinterest via https://pin.it

Banyak sekali penulis pemula yang berhenti di tengah jalan. Ya, mereka menulis tanpa ada tujuan. Terkadang mentalnya down karena sedikitnya vote dan pembaca. Hal inilah yang harus kamu hindari. Sebagai penulis pemula kamu harus mencari tujuan dan mengukuhkan niat. Misalnya, kepengin tulisannya dibukukan cobalah tanamkan di hati untuk tetap semangat. 

2. Jangan Banyak Mengeluh dan Insecure

Pinterest

Pinterest via https://pin.it

Kadang kala mereka insecure sama penulis best seller. Pembacanya juga sering milih penulis yang terkenal biasanya. Akhirnya, banyak pemula yang unpublish  ceritanya. Aduh, itu jangan sampai kamu lakukan. Semuanya butuh proses jadi jangan menyerah.

Advertisement

3. Harus Konsisten

Pinterest

Pinterest via https://pin.it

Misalnya kamu udah dapat pembaca, tapi jarang posting pastinya mereka akan pergi. Nggak ada pembaca yang mau digantungin. Intinya, kamu perlu atur jadwal menulis ditengah kesibukan lainnya. Setiap hari harus punya target minimal berapa kata dan pikirkan alurnya bagaimana. Aku sarankan buatlah outline sebelum membuat cerita agar tulisannya saling berkaitan.

4. Banyaklah Membaca

Pinterest

Pinterest via https://pin.it

Penulis yang kurang membaca pasti sering mengalami writerblock. Kehilangan ide dan akhirnya berhenti menulis. Maka dari itu, selain menulis kita juga harus rajin membaca. Ide akan muncul saat kita mendapat hal-hal yang baru. Menulis tanpa membaca membuat tulisan hambar. Nggak ada sesuatu yang baru.

5. Jangan Gila Popularitas

Pinterest

Pinterest via https://pin.it

Dari awal menulis tekankan untuk menebar kebaikan. Seandainya, mikir popularitas aku yakin nggak akan bertahan lama. Apalagi pemula yang ibaratnya belum punya nama besar. Kalau penulisnya artis pasti gampang karena punya relasi yang banyak. Selain itu, kita harus mau menerima kritik dan saran supaya tulisannya makin bagus. Insya Allah, jikalau kamu tetap berdoa dan berusaha pasti ada jalan dariNya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Suka nulis, terutama puisi.Akun wattpad: karimaaprill225

CLOSE