Siapa yang tak kenal Karin Novilda atau lebih akrab dengan nama Awkarin. Yups, dia adalah vlogger yang cukup terkenal di Youtube dan seorang selebgram. Akun Youtubenya aja udah di subscribe oleh ratusan ribu orang, dan videonya bahkan ditonton jutaan orang. Tak hanya itu, akun Instagramnya juga udah difollow oleh lebih dari 2 juta pengguna.

Awkarin memang sangat viral di media sosial. Bukan karena prestasi yang diraih, tapi vlognya yang mengundang banyak kontroversi. Dalam videonya, dia memakai kata-kata kasar yang tak pantas diucapkan. Pakaian yang dia kenakan juga sangat terbuka. Bahkan baru-baru ini dia mengunggah video saat berada di club malam.

Banyak orang menghujat karena tingkah lakunya di media sosial. Namun, Karin (sapaan untuk Awkarin) tetap eksis dan tetap mengunggah video kontroversinya ke Youtube. Video-videonya juga tetap dilihat oleh jutaan orang. Aneh ya, tapi inilah realita yang terjadi. Kadang suka bingung dengan netizen Indonesia, udah tahu konten negatif tapi tetep aja dilihat.

Nah, daripada kamu kesel sendiri lihat vlognya Mbak Karin ini, mending lakuin hal-hal ini deh, biar media sosialmu tetap bersih dari konten negatif.

1. Buat kontenmu sendiri

Konten media sosial

Konten media sosial via https://www.pexels.com

Daripada sibuk hujat Mbak Karin, mending mulai buat kontenmu sendiri. Tentu saja konten yang positif ya! Misalnya, kamu bisa tuh pamerin foto hasil jepretanmu, atau cerita travellingmu. Pokoknya apapun yang menjadi interestmu deh.

Kenapa hal ini perlu kamu lakukan? Karena selain bakal nambah followers, itung-itung kamu ngasih informasi atau konten positif ke followersmu. Sangat berfaedah bukan!

2. Report akun-akun atau postingan yang bernada negatif

Advertisement

Ini nih yang kadang nggak dilakuin oleh netizen. Biasanya mereka cuma mencaci maki konten-konten negatif yang mampir di feeds media sosial mereka. Padahal kita bisa loh report postingan itu.

Sebagai netizen yang baik, kamu perlu report postingan yang mengandung konten negatif. Biar feedsmu bersih dan tentu saja mengurangi konten negatif yang setiap hari nggak terhitung jumlahnya.

3. Repost postingan yang bernada positif

Kebalikan dari report, kamu juga perlu banget repost konten-konten positif. Misalnya, informasi seputar kesehatan, pariwisata, olahraga, dan informasi positif lainnya. Tergantung interestmu di mana. Hal ini penting lho guys, supaya semakin banyak konten positif yang menghiasi media sosialmu dan followersmu tentunya. Wih, berfaedah banget ya!

4. Stop mengikuti konten negatif

Stop konten negatif

Stop konten negatif via https://techno.okezone.com

Advertisement

Anehnya netizen Indonesia itu, kalau lihat konten negatif malah dilihat, padahal ujung-ujungnya mencaci maki juga. Maunya apa sih sebenarnya? Nah, daripada ngomel-ngomel nggak jelas, mending sekalin nggak usah dilihat, atau lebih baik lakuin cara nomor dua di atas.

FYI aja ya, semakin banyak kamu lihat video macam punya Mbak Karin, semakin senanglah mereka. Karena apa? Karena mereka bakal dapet perhatian dari banyak orang. Padahal yang namanya media sosial, semakin banyak orang lihat postinganmu maka semakin banyak pula duit yang bakal masuk ke kantongmu. Jadi, kenapa Mbak Karin ini tetep nggak mau taubat, karena dia dapet perhatian dari banyak orang dari konten yang dia buat. Nah, makannya mulai sekarang nggak usah deh penasaran sama yang namanya konten negatif, cukup di report aja.

5. Mulai mengikuti akun-akun yang memberikan konten positif

Daripada mengikuti akun-akun yang bikin emosi, mending mulai dari sekarang follow akun-akun yang memiliki konten positif. Banyak kok akun positif di media sosial, contohnya nih akun Instagram @natgeo yang menyajikan banyak foto-foto kece tentang alam dan manusia, atau @kemenpar yang memberikan informasi seputar pariwisata Indonesia. Kalau di Youtube kalin juga bisa mendapatkan banyak konten positif lho, untuk anak-anak bisa mengakses Youtube Kids yang menyajikan video khusus anak-anak. Semakin banyak kalian mengikuti akun-akun positif ini, maka nggak mustahil kalau akun negatif bakal makin tergeser.

Penting banget nih kalian melakukan kelima hal di atas. Karena konten negatif hanya dapat kita basmi dengan makin banyaknya konten positif. Selain itu, berhenti melihat atau mengikuti konten yang berbau negatif juga jadi cara ampuh buat membasminya. Jadi, mulai dari sekarang konsumsi konten positif aja ya guys!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya