5 Cara Unik Mengecat Kamar, Nuansanya Jadi Nggak Ngebosenin!

trik mengecat kamar

Cat dinding putih mungkin emang enggak pernah salah. Rumah-rumah yang baru dibangun rata-rata pakai warna putih buat di luar dan di dalem. Jadinya emang kesannya bersih, luas, dan terang. Diisi furnitur apa aja pasti hampir selalu cocok, deh. Tapi, satu kelemahan dari cat putih adalah lama-lama bosen juga, ya. 

Ambil contoh di kamar tidur. Tempat paling personal dan nyaman di rumah. Apalagi kalau kamu work from home atau sekolah dari rumah, kamu bisa di kamar selama delapan jam atau lebih! Lama-lama bosen juga, kan, bangun tidur liat langit-langit catnya warna putih. Nengok ke kanan, nengok ke kiri, tembok semuanya warna putih polos. Bosen!

Nah, biar enggak bosen, coba cari gaya cat kamar tidur yang menarik dan unik. Kasih warna, motif, dan suasana baru ke kamar tidur kamu. Penting, loh, untuk ngerasain suasana baru di kamar tidur setiap beberapa tahun sekali. Variasi itu perlu dalam hidup.

Terus, mumpung ada waktu luang yang lebih banyak dari biasanya, ada beberapa metode di bawah ini yang bisa kamu lakuin sendiri, loh. Biar enggak gabut dan tidur-tiduran doang di kamar. 

Jadi mulai cari inspirasi, beli cat tembok yang kamu pengin, kuas, atau kalau memang mau maksimal, pakai jasa desain interior atau seniman yang bisa bikin pola atau motif yang kompleks.

Dekoruma punya lima inspirasi cat dinding kamar yang unik dan menarik, nih. Mulai dari floral sampai abstrak. Lihat berikut ini!  

Advertisement

1. tembok motif dedaunan, floral, dan elemen asri lainnya. inspirasinya dari hotel mewah di beverly hills, amerika serikat, loh!

Sumber : The Spruce

Sumber : The Spruce via https://www.thespruce.com

Kamu mungkin udah pernah liat motif floral dedaunan kayak gini. Daun-daun palem yang dilukis dalam pola kayak gini emang cantik dan ikonik banget. Apalagi buat jadi dinding aksen di belakang kasur. Motif begini emang rasanya familiar banget, kan, rasanya sering lihat di mana gitu.

Nah, asal-usul motif ini sebenernya berasal dari wallpaper hotel mewah dan legendaris di Los Angeles, Amerika Serikat, The Beverly Hills Hotel. Motif palem kayak gini dipakai buat menghias lorong-lorong hotel berbintang lima ini. Motifnya ini jadi populer dan banyak direinterpretasi buat dinding kamar tidur. 

Advertisement

Motifnya yang repetitif dan gradasi warnanya emang rumit. Jadi, ada baiknya kamu minta tolong orang yang bisa ngelukis motif ini. Kecuali, kalau kamu juga anaknya artsy banget dan jago ngelukis. Tembok kamar bisa jadi kanvas buat berkreasi.

2. Motif cat tembok kamar tidur yang bisa dibikin sendiri. Motif geometris sederhana. Cuma perlu cat dinding, kuas, dan selotip kertas!

Sumber: This Old House

Sumber: This Old House via https://www.thisoldhouse.com

Motif geometris sederhana kayak gini relatif gampang buat dilukis sendiri. Selain gampang dan biayanya relatif terjangkau, dengan pemilihan warna yang pas dan pola yang tepat, tembok geometris kayak gini bisa menghidupkan suasana kamarmu dengan instan. 

Advertisement

Kalau kamu mau ngecat sendiri, siapin minimal dua warna cat tembok kesukaanmu. Di sini kamu bisa berkreasi dan bebas milih warna yang saling kontras satu sama lain atau masih satu keluarga warna yang sama.

Terus, siapin kuas bulu atau kuas roller dan selotip kertas. Fungsi selotip kertas buat ngebentuk pola geometris yang kamu pengin. Bentuk dan ukurannya bisa disesuain selera kamu.

Dari pola yang ada, setiap segitiga, kotak, atau pola lain yang terbentuk dari selotip kertas itu dicat satu-satu dengan warna yang beda-beda. Hasilnya kayak foto di atas. Jadi dinding aksen yang bernuansa muda dan cerah. 

3. Bikin suasana kamar tidur tenang dan adem buat istirahat yang lebih berkualitas. Goresan nuansa awan dan pegunungan inspirasi lukisan Oriental

Sumber: House Beautiful

Sumber: House Beautiful via https://www.housebeautiful.com

Mungkin kamu belum pernah denger istilah lukisan “shan shui”, tapi kalau kamu cari di internet dan lihat lukisannya, kamu pasti pernah liat, deh, di suatu tempat. Lukisan ini adalah lukisan pemandangan khas Tiongkok. Yang bikin lukisan ini ikonik adalah objek lukisannya.

Pemandangan perbukitan, pegunungan, awan, dan alam lainnya yang goresannya halus dan detail banget. Bisa dibilang lukisan ini seperti punya efek cat air kalau diperhatiin. Padahal, lukisan jenis ini biasanya dilukis pakai tinta bukan cat.

Gaya lukisan ini diadopsi sama budaya populer dan direinterpretasi jadi poster atau direplikasi pakai cat dan teknik lukis modern. Kayak gambar di atas, inspirasi lukisan ini bisa bikin kamar terasa lebih adem dan manis

Rasanya kayak lagi rebahan di pegunungan atau di atas awan, nih. Kalian bisa minta tolong seniman yang famliar sama gaya kayak gini. Atau jadiin tembok kamarmu jadi sarana latihan.

4. Selalu terinspirasi setiap bangun dan pergi tidur. Quotes di tembok kamar tidur yang selalu bikin kamu kagum dan termotivasi

Sumber: Pandubb

Sumber: Pandubb via https://pandubb.com

Nah, kalau gaya yang ini cocok, nih, buat kamu yang suka nge-repost quotes inspiratif atau motivasi di media sosial. Kalau kamu tipe orang yang perlu motivasi dari kalimat-kalimat wejangan kayak gini, kenapa enggak taruh di kamar aja? Pilih quotes dari tokoh favorit kamu yang selalu bikin kamu semangat setiap hari.

Setelah itu, tinggal tentuin posisinya, jenis font-nya, warna, dan metode lukisnya. Misalnya kayak di foto, di atas tempat tidur sebelah lemari pakaian. Sudut-sudut yang selalu kamu datangi atau tempatin.

Selain itu, kamu juga bisa nambahin elemen-elemen desain atau lukis yang nyambung sama quotes-nya. Pastinya, bikin karya seni ini sepribadi mungkin karena ini yang bakal kamu lihat saat bangun dan sebelum tidur. 

5. Dinding kamar tidur menarik buat sarana bermain sambil belajar di kamar anak. Lukisan peta dunia hadirkan suasana petualangan.

Sumber: Decoist

Sumber: Decoist via https://www.decoist.com

Bukan cuma kamar untuk remaja atau orang dewasa, kamar anak justru lebih banyak kemungkinan dan konsep yang bisa diaplikasikan, loh. Warna favorit? Ah, udah biasa. Karakter kartun kesukaan anak? Nanti lama-lama bosen. Mungkin coba ide yang satu ini, peta dunia. 

Enggak cuma bikin kamar anak jadi lebih ramai dan hidup, lukisan peta dunia di dinding ini bisa jadi aktivitas yang asyik buat kamu dan anak, loh. Seru banget kalau kalau dinding ini juga dipakai buat sarana belajar anak.

Anak bisa mencoret-coret khusus di dinding ini juga buat mengasah kreativitasnya. Daripada coret-coret di tembok yang polos, kan. Kenapa enggak bikin lukisan dinding yang interaktif dan bisa jadi cara anak buat belajar dan bermain.

Keren dan unik banget, kan? Seperti yang dibilang sebelumnya, rata-rata tipe cat dan lukisan di daftar ini cukup kompleks dan butuh bantuan dari yang ahli. Cuma, kalau kamu mau latihan dan bikin suasana di kamar makin berkesan, kenapa enggak dicoba? Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE