5 Cara untuk Mulai Mencintai Diri Sendiri Agar Kamu #BeraniWujudkanMimpi.

Mencintai bukan perasaan yang timbul hanya kepada makhluk lain atau manusia lain, namun arti dari mencintai itu sangat luas. Hal pertama yang harus dicintai adalah dirimu sendiri. Jangan terus mengharapkan orang lain mencintaimu sementara kamu saja belum mencintai dirimu.

Cinta terhadap diri sendiri merupakan hal yang akan membuat kita selalu berpikir positif. Jika kamu ingin #BeraniWujudkanMimpi mu, hal yang kamu lakukan pertama adalah yakin dengan kelebihan dirimu sendiri, dan jangan minder dengan kelebihan yang dimiliki orang lain.

Advertisement

1. Bandingkan dirimu yang sekarang dengan dirimu di masa lalu.

Photo by lucas souza from Pexels

Photo by lucas souza from Pexels via http://https

Ketika kamu merasa gagal dari keberhasilan yang diperoleh orang lain yang kamu juga perjuangin, kamu harus membuka pribadi masa lalumu. Apakah di masa lalu kamu termasuk orang yang gagal lalu berusaha agar ada peningkatan atau malah kamu termasuk orang yang stuck di tempat dan menyerah dengan keadaan. Bagaimana kamu mengatakan dirimu #BeraniWujudkanMimpi jika kamu masih diam di tempat dan tidak melakukan perubahan untuk menggapai mimpimu?

Dengan cara kita membandingkan diri kita sekarang dengan diri kita di masa lalu, maka rasa untuk minder dengan kelebihan yang dimiliki orang lain akan berkurang, karena kita akan memperbaiki kekurangan diri sendiri.

Advertisement

Mencintai diri sendiri bisa diawali dengan cara ini, soHip!

2. Menjadikan keberhasilan orang lain sebagai motivasi

Photo by EA Grafiks from Pexels

Photo by EA Grafiks from Pexels via http://https

Motivasi untuk diri sendiri bisa di dapatkan darimana saja. Sosok idola, film, kegiatan, impian ataupun orang-orang di sekitar kita bisa dijadikan motivasi. Namun, ada beberapa orang yang mempunyai motivasi dari dalam dirinya sendiri.

Advertisement

Apapun jenis motivasinya dan darimana pun asalnya, yang namanya motivasi adalah suatu hal yang menggerakkan dirimu ke arah yang lebih baik atau membuat dirimu #BeraniWujudkanImpian.

Sekarang pertanyaannya, bagaimana cara mencintai diri sendiri dengan cara melihat keberhasilan orang lain? Jawabannya adalah, sebelum melakukan itu kamu haruslah yakin terlebih dahulu dengan kelebihanmu, baru kemudian kamu melihat orang lain sebagai pacuan untuk kamu lebih berkembang.

Jika kamu masih terus melihat orang lain dan mengabaikan dirimu sendiri, maka sebaiknya kamu memotivasi dirimu sendiri terlebih dahulu untuk melihat ke dalam dirimu.

3. Carilah bakatmu dan kenali hobimu kemudian dalami keduanya

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via http://https

Pada diri manusia masing-masing pastilah mempunnyai bakat dan hobi. Bakat itu berupa keahlian atau kebisaan seseorang akan sesuatu hal atau suatu bidang, seperti teknik, kebahasaan atau video editing. Sedangkan hobi itu berupa kesukaan seseorang pada suatu bidang, baik itu seni, olahraga atau masak.

Keduanya merupakan sesuatu yang harus ada di dalam dirimu karena keduanya merupakan contoh gambaran dirimu sebenarnya. Jika kamu belum tahu apa bakatmu, maka kamu wajib mencari tahu dan gali bakat itu. Bagaimana cara mencari tahu bakat kita? Kamu bisa mencari tahu bakatmu dari hobimu.

Lalu bagaimana mencari hobi? Hobi adalah kesukaan, rasanya hambar jika seseorang tidak memiliki hobi untuk sekedar melepas penat. Bakat bisa dicari dari hobi, yaitu dengan cara melakukan hobimu lalu tanya dalam hati, “apakah aku tertarik untuk mendalami hal ini atau aku hanya sekedar menyukainya?”

Kemudian jika tetap tidak bisa, maka kamu bisa lakukan dan belajar semua hal yang ada dengan begitu kamu akan tahu apa hobimu dan apa bakatmu. Mencintai diri sendiri dengan mengetahui hobi dan bakat adalah hal yang baik, dengan begitu kamu akan disibukkan untuk memperbaiki diri dan terus mendalami bakat. Jika sudah begitu maka kamu sudah mulai melangkah untuk #BeraniWujudkanImpian.

4. Menyadari bahwa semua manusia memiliki kekurangan dan kelebihan

RF._.studio from Pexels

RF._.studio from Pexels via http://https

Kekurangan dan kelebihan adalah hal yang pasti dimiliki oleh semua manusia. Tidak ada manusia yang benar-benar sempurna. Mereka semua yang kamu lihat sempurna, pasti memiliki kekurangan namun mereka pandai menutupi itu dengan kelebihan yang mereka punya. Jangan iri kepada mereka terlihat sempurma, kamu pun juga bisa menutupi kekuranganmu dengan kelebihan yang kamu punya.

Kelebihan yang ditonjolkan harusnya yang baik, agar kekuranganmu tertutupi dengan baik.

“Bagaimana cara kita mencintai diri sendiri jika kita tidak tampil apa adanya dan harus ditutupi?”

Mencintai diri sendiri itu adalah ketika kita merasa cukup akan kelebihan diri kita dan kita bisa bersyukur dengan apa yang ada dalam diri kita. Soal menutupi kekurangan adalah pilihan masing-masing, ada yang baru kenal tapi sudah menunjukkan kekurangannya dengan alasan agar orang lain tahu dulu kekurangan kita, jika dia tetap stay dengan kita maka itu adalah hal yang bagus. Hal tersebut tidaklah salah karena orang itu mempunyai pikiran kalau dia mau dicintai orang lain dengan apa adanya.

Tapi kalau kamu mau menutupi silahkan juga, tapi dengan catatan kamu tetap haruslah tetap jadi dirimu sendiri.

Poin pentingnya disini adalah cara kita mensyukuri segala hal dalam diri kita dan selalu mengapresiasi diri kita karena keberhasilan-keberhasilan yang kita raih walaupun hanya hal kecil. Hal semacam itu akan membuat kita melangkah dan menjadi #BeraniWujudkanImpian.

5. Berhenti mengurusi urusan orang lain dan mulai memperbaiki diri

Photo by  RODNAE Productions fromPexels

Photo by RODNAE Productions fromPexels via http://https

Mungkin urusan dirimu adalah urusan sendiri dan orang lain tidak berhak untuk mencampurinya. Tapi ingat, manusia adalah makhluk sosial dan akan selalu bergantung pada orang lain. Jika kamu mengalami kesulitan maka jangan sungkan untuk meminta bantuan kepada orang lain. Mencintai diri sendiri itu adalah dengan tidak mengurusi urusan pribadi orang lain, karena ada dirimu yang wajib kamu urusi.

Mungkin daripada kamu mencampuri urusan orang lain, baiknya kamu memperbaiki diri ke arah lebih baik. Fokus pada impian yang akan kamu raih dan #BeraniWujudkanImpian, karena kamu yakin dengan kelebihan yang kamu punya dan kemampuan dirimu impianmu akan terwujud.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya menyukai bidang tulis menulis. Saya suka menulis cerita fiksi, cerita nyata, puisi dan lainnya. Saya memang suka nulis tapi hanya sekedar hobi. Saya menerima pekerjaan freelance sesuai dengan bidang saya.

CLOSE