5 Kanal Youtube yang Cocok Buatmu Untuk Belajar Bahasa Mandarin. Mulai dari Tahap Pemula Sampai Ahli

kanal youtube belajar bahasa mandarin

Bahasa Mandarin menjadi salah satu bahasa yang paling banyak digunakan setelah bahasa Inggris. Nyatanya lebih dari satu milyar orang di seluruh dunia menggunakan bahasa ini untuk saling berkomunikasi. Mengingat banyak perusahaan besar di Indonesia yang punya hubungan bisnis dengan Tiongkok, hal ini pun menjadi salah satu alasan mengapa kemampuan bahasa Mandarin sangat dibutuhkan. 

Banyak cara untuk bisa belajar bahasa Mandarin. Salah satunya adalah dengan menonton tutorial pelajarannya dari Youtube. Mengingat teknologi semakin canggih, belajarpun semakin mudah. Beberapa kanal YouTube ini bisa menjadi salah satu jalan ninja  kamu yang ingin menguasai bahasa kedua di dunia ini. Yuk simak~

 

Advertisement

1. Tjhen Wandra

Photo by Tjhen Wandra on youtube

Photo by Tjhen Wandra on youtube via http://www.youtube.com

Belum afdol rasanya kalau belum singgah di kanal Youtube Tjhen Wandra yang sudah memiliki 160 ribu subscribers. Untuk kamu yang sama sekali belum pernah belajar bahasa Mandarin, kanal ini cocok banget. Tjhen membuat konten yang berisi ratusan pelajaran yang memudahkan kamu untuk belajar Mandarin dari tahap basic, pengenalan hsk, percakapan, dll. Penjelasannya pun mudah dipahami. 
Tidak hanya itu, bukunya yang berjudul ” 30 Menit Belajar Bahasa Mandarin Bersama Tjhen Wandra” bisa kamu jadikan referensi juga loh. Selain itu, dia juga menyediakan kelas kursus online yang bisa dijangkau dari mana saja.

 

Advertisement

2. Mandarin corner

Photo by Mandarin corner on youtube

Photo by Mandarin corner on youtube via http://www.youtube.com

Kanal ini tidak kalah serunya, materinya dikemas dengan metode yang lebih seru dan gampang sehingga kamu mudah memahami.  Seakan-akan kamu sedang diajar oleh private tutor. Materinya pun beragam mulai dari menulis, percakapan, mendengar, membaca  sampai simulasi ujian HSK. Jadi, kamu bisa mempunyai gambaran mengenai soal hsk. Kanal ini sudah memiliki 216 ribu subscribers loh, wajib kamu kunjungi nih.

 

3. Nihao Indonesia

Photo by Nihao Indonesia on youtube

Photo by Nihao Indonesia on youtube via http://www.youtube.com

Tidak hanya berisi materi, kanal ini mengajak kamu untuk mengetahui lebih dalam lagi dengan budaya Tiongkok. Mulai dari budaya Imlek, kuliner khas, tempat  wisata , sampai berbagi pengalaman hidup di negeri orang. Nyatanya memang belum lengkap jika hanya belajar bahasanya, maka dari itu kamu juga perlu mengenal budayanya.

Advertisement

4. Chenminzi Xiaomin

Photo by Chenminzi Xiaomin on youtube

Photo by Chenminzi Xiaomin on youtube via http://www.youtube.com

Untuk kamu yang sering mengeluh betapa susahnya belajar hanzi apalagi nada Mandarin yang begitu ribet, Xiaoming dalam kanalnya seringkali memberikan tips serta jurus cepat untuk bisa belajar bahasa Mandarin. Apalagi untuk kamu yang belajar secara otodidak. Pemilik kanal yang kerap dipanggil Xiaomin ini sering membagikan  bagaimana cara belajar yang, menyenangkan, pengetahuan,  lifestyle dan hal menariknya seputar Mandarin.  

5. Pandarin

Photo by Pandarin on youtube

Photo by Pandarin on youtube via http://www.youtube.com

Berbeda dengan kanal lainnya, kanal ini menjadi salah satu kanal yang berisi bukan pengenalan materi, melainkan beberapa konten video yang berisi lirik lagu Mandarin yang bisa kamu pelajari dengan mudah. Dengan begitu, belajar akan terasa menyenangkan dan tidak bosan. Tidak hanya berisi lirik lagu bahasa Mandarin, di sana juga terdapat beberapa video percakapan, dan latihan Hsk. Nah cocok banget nih buat kamu yang pemula. 

Nah sobat Hipwee itulah beberapa kanal yang bisa kamu manfaatkan dalam belajar bahasa Mandarin. Selamat belajar dan Jiayou!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Aku suka kopi, aku kira kamu juga suka ,tapi kalo nggak yaudah nge teh aja gimana? _Aku nulis karena aku gabut aku gabut karena laka pegawean,,_

CLOSE