5 Desain Ruang Tamu Outdoor Kekinian, Ngobrol Jadi Makin Asyik!

Inspirasi Ruang Tamu Outdoor yang Nyaman

Lagi situasi pandemi kayak gini, mungkin intensitas orang bertamu ke rumah jadi berkurang, ya. Cuma sebelum pandemi, seberapa sering orang bertamu ke rumah kalian? Biasanya kalau seseorang emang kerja di rumah atau punya bisnis yang beroperasi dari rumah, bakal lumayan banyak orang yang bertamu buat berbagai urusan.

Dengan begitu, ruang tamu di rumah pasti udah disiapin untuk menjamu tamu. Banyak pemilik hunian yang bilang, ruang tamu harus nyaman dan representatif, tapi jangan terlalu nyaman supaya tamunya enggak berkunjung lama-lama.

Kebanyakan ruang tamu posisinya di dalam rumah. Biasanya tepat setelah pintu depan dan dibuat agak terpisah dan jauh dari ruang keluarga, dapur, dan ruang makan. Cuma, kalau kamu pengin punya ruang tamu yang beda dari yang lain, ruang tamu outdoor bisa jadi alternatif.

Enggak cuma kasih suasana baru yang lebih alami dan nyaman buat kamu dan para tamu, berada di luar ruangan saat situasi pandemi seperti sekarang juga lebih mengurangi risiko kamu terpapar COVID-19. Kita enggak pernah tahu, kan, apakah tamu kita sehat atau enggak.

Dengan ruang tamu outdoor, kalian juga bisa memastikan kalau tamu punya akses yang terpisah dari anggota keluarga di rumah. Jadi, orang rumah enggak perlu kontak langsung sama tamu yang datang ke rumah.

Dekoruma punya lima inspirasi desain ruang tamu outdoor yang indah dan nyaman. Tamu tetap merasa senang dan betah, privasi anggota keluarga pun bisa lebih terjaga.

Advertisement

1. Punya Kolam Renang di Rumah? Bangun Gazebo di Samping Kolam Renang Untuk Jadi Ruang Tamu Outdoor

Sumber: Architectural Digest

Sumber: Architectural Digest via https://www.architecturaldigest.com

Buat kamu yang punya kolam renang di rumah, manfaatkan area di sekeliling kolam renang buat jadi ruang tamu outdoor. Kalian bisa mulai dengan bangun gazebo atau pergola di samping atau belakang kolam renang. Sesuaikan ukuran dan desain eksterior sesuai kebutuhan dan preferensi.

Barulah, pasang furnitur seperti sofa outdoor, bangku panjang, kursi berlengan, ottoman, coffee table, nakas, dan furnitur-furnitur lain yang biasanya ada di ruang tamu.

Advertisement

Kolam renang dan fasad rumah bakal jadi pemandangan yang menarik buat tamu yang lagi berkunjung. Begitu juga sinar matahari dan udara segar yang bisa terasa.

Selain buat ruang tamu, gazebo di pinggir kolam renang juga bisa dipasang kursi malas buat kamu dan keluarga bersantai sambil berenang kalau lagi enggak ada tamu.

2. Ruang Tamu Sekaligus Area Duduk Untuk Bersantai. Menikmati Halaman Rumah, Sinar Matahari, dan Hembusan Angin di Ruang Tamu Beranda

Advertisement
Sumber: Martha Stewart

Sumber: Martha Stewart via https://www.marthastewart.com

Untuk bagian depan rumah, kalian bisa memosisikan ruang tamu di teras depan. Apalagi kalau teras depanmu model beranda dengan pilar-pilar dan balok atap yang khas. Dengan begitu, tamu enggak perlu jalan terlalu jauh untuk menuju ke ruang tamu.

Keuntungan ruang tamu di beranda rumah juga berarti area outdoor enggak akan terlalu tampias ketika ada hujan. Jadi kalian bisa pasang furnitur yang berkain tebal seperti sofa, kursi berlengan, atau karpet tanpa perlu khawatir akan basah dan lembap.

Enggak lupa tanaman hias di sudut-sudut beranda buat menambah suasana alami. Namun, pemandangan utamanya pastinya halaman depan rumah yang kelihatan dari beranda.

3. Memanfaatkan Bagian Tengah Rumah Berbentuk Huruf U. Ruang Tamu Outdoor di Courtyard. Bisa Buat Fungsi Lain Juga, Loh

Sumber: Architectural Digest

Sumber: Architectural Digest via https://www.architecturaldigest.com

Rumah berbentuk huruf U biasanya punya area luar ruangan di bagian tengahnya, kan. Area ini yang disebut courtyard atau halaman tengah dari sebuah rumah. Bagian ini juga ideal buat ruang tamu outdoor, terutama courtyard yang punya akses sendiri dari depan rumah. 

Lebih terbuka daripada beranda, pastikan pasang furnitur yang lebih tahan air dan perubahan cuaca supaya enggak cepat rusak. Keuntungan ruang tamu di courtyard, aksesnya akan lebih gampang dari dapur untuk menyuguhkan minum dan kudapan untuk tamu. 

Namun, privasi buat keluarga akan berkurang. Bukan cuma untuk ruang tamu, courtyard yang besar juga bisa digunakan buat area ruang makan outdoor. Ruang tamu pun bisa difungsikan jadi area duduk keluarga kalau tidak digunakan.

4. Hadirkan Suasana Hangat dan Nyaman di Malam Hari. Tambahkan Lampion dan Kelambu di Ruang Tamu Outdoor

Sumber: Architectural Digest

Sumber: Architectural Digest via https://www.architecturaldigest.com

Kalau kalian menerima tamu di malam hari sekali-sekali, buat suasana ruang tamu jadi lebih hangat dan nyaman dengan beberapa perabot tambahan ini. Kalian bisa menambahkan lampion gantung sebagai sumber penerangan tambahan, bikin nuansanya jadi lebih indah dan dramatis.

Begitu juga dengan kelambu yang bisa dipasang dengan rangka dan pilar. Area ruang tamu outdoor jadi terasa lebih cozy dan hangat. Kamu dan tamu yang datang juga terlindung dari gangguan nyamuk dan serangga lainnya.

Kalian jadi bisa menikmati udara dan suasana malam ditambah dengan gemerlap lampion yang indah.

5. Bebas Khawatir Karena Cuaca Enggak Menentu, Tetap Terlindungi dan Dapat Suasana Outdoor dengan Ruang Tamu Semi Outdoor

Sumber: Architecture Beast

Sumber: Architecture Beast via https://architecturebeast.com

Akhir-akhir ini cuaca sering enggak menentu. Siang hari panas terik, sore dan malam harinya hujan deras. Punya ruang tamu outdoor emang menyenangkan, tapi waswas juga kalau hujan. Mesti repot mengangkat bantal sofa atau menutupi sofa pakai lapisan anti air.

Supaya kalian masih bisa menikmati suasana luar ruangan yang segar tanpa perlu khawatir sama perubahan cuaca, kalian bisa desain ruang tamu berkonsep semi outdoor

Ruang tamu masih jadi bagian dari rumah utama, tapi tambahkan fitur-fitur yang bikin ruangannya jadi terasa terbuka dan menyatu dengan area luar. Pintu kaca besar yang bisa dibuka penuh bakal bikin ruang tamu di dalam rumah serasa outdoor.

Selain tempat duduk, meja, dan karpet, kalian juga bisa menaruh furnitur lain seperti rak dekorasi, rak buku, credenza, atau memasang lukisan di dinding tanpa perlu takut. 

Nah, kalau kamu pengin bangun ruang tamu outdoor di rumah, sebaiknya percayakan sama jasa desain rumah profesional dan terpercaya. Apalagi kalau harus menambahkan struktur fisik permanen atau semi permanen yang perlu perencanaan yang cermat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE