5 Desain Ruang TV Minimalis 3×3, Meski Kecil Tetap Cozy!

Ragam Inspirasi Ruang TV Kecil Minimalis

Disadari atau enggak, setiap keluarga pasti punya ruangan yang jadi tempat berkumpul. Baik setelah beraktivitas seharian atau di akhir pekan. Ada keluarga yang suka berkumpul dan mengobrol di ruang makan setelah makan malam atau di kamar tidur utama sebelum anak-anak beristirahat.

Selain itu juga ruang keluarga atau ruang TV yang seperti namanya jadi tempat untuk keluarga bercengkerama, mengobrol, dan menceritakan berbagai hal. Sambil menonton televisi, mengerjakan pekerjaan rumah, atau hanya sekadar duduk-duduk santai sambil berbicara satu sama lain.

Apalagi kalau kamu tipe orang yang pengin semua anggota keluarga punya waktu berkualitas, punya ruang keluarga atau ruang TV yang cozy dan homey penting banget untuk dilakukan. Meskipun ukuran tempat tinggalmu enggak terlalu luas, ruang TV tetep bisa, kok terasa nyaman.

Mengingat harga properti yang semakin melonjak naik dan rumah-rumah yang terjangkau buat orang banyak jadi mengecil, salah satu tantangannya adalah untuk menghadirkan suasana nyaman, hangat, dan kekeluargaan dengan ruang yang terbatas. Memang enggak bisa dibilang gampang, tapi enggak susah juga, kok.

Tiru dan ikuti saja beberapa kiat serta trik desain interior minimalis yang bisa diterapkan untuk ruang TV mungil. Hasilnya, ruang TV akan tetap terasa nyaman, homey, dan tetap punya desain yang menawan dan berkarakter. Dekoruma punya lima inspirasinya di bawah ini, simak sampai habis, ya!

Advertisement

1. Ruang TV Mungil Yang Nyaman dan Homey Berkat Nuansa Earthy dan Alami Yang Diusung di Dalamnya

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Ruangan minimalis enggak selalu cuma diisi warna-warna yang netral dan monokrom. Malah kecenderungannya, orang-orang lebih suka unsur-unsur alami masuk ke dalam ruangan minimalis, makanya desain interior minimalis kayak Japanese Scandinavian (Japandi) jadi tren belakangan ini.

Ruang TV ini mungil dan bersebelahan langsung dengan dapur dan ruang makan. Namun, tetap terasa lapang dan nyaman. Selain putih, material kayu cokelat muda mendominasi ruang TV, terutama dari panel unit rak TV.

Advertisement

Sofa dua tempat duduk untuk menghemat ruang, meja tamu mungil dari rotan, serta sejumlah tanaman hias di dalam pot yang semakin memperkuat kesan alami dan segar dari ruang TV mungil ini. 

2. Kecil-kecil Cabe Rawit! Tetap Punya Sentuhan Elegan dan Berkarakter Meski Mungil dengan Desain Modern

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Keterbatasan ruang enggak jadi alasan buat ruang TV jadi ngebosenin dan terkesan gitu-gitu aja. Desain interior minimalis pun juga bisa dikasih sentuhan yang sedikit lebih mewah, elegan, dan modern kayak yang satu ini. Meskipun mungil, penggunaan panel marmer buat jadi latar belakang rak TV memperkuat kesan elegan ruang TV.

Begitu juga lampu-lampu di dalam rak dinding untuk aksen pencahyaan sekunder yang semakin membuat ruang TV terlihat elegan dan nyaman. Sofa L juga masih muat untuk ditaruh sehingga kalian bisa selonjoran waktu nonton TV atau berkumpul sama keluarga.

Advertisement

3. Pertahankan Nuansa Minimalis Yang Menawan dan Bersahaja. Dibantu Dengan Furnitur dan Dekorasi Multifungsi

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Memilih tinggal di apartemen biasanya dihadapkan dengan tantangan mendesain ruangan yang ukurannya enggak terlalu luas. Pemilik apartemen ini mempertahankan konsep minimalis konvensional yang bersahaja dan menawan. Dengan warna putih yang netral sebagai warna utama yang membentuk ruang TV.

Dilengkapi dengan sofa dua tempat duduk, rak dinding di atas sofa, dan rak TV serbaguna yang menempel di dinding. Di bagian kiri terdapat unit rak yang bisa menaruh berbagai dekorasi dan aksesoris rumah. Sementara, area yang jadi meja TV juga punya tiga laci sebagai ruang penyimpanan tambahan.

4. Bangun Suasana Yang Lebih Terang dan Lapang Dengan Beberapa Furnitur Esensial. Cermin Dinding Besar dan Lampu Lantai

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Ruang TV biasanya berlokasi di bagian depan rumah, apalagi buat rumah yang ukurannya enggak terlalu luas. Keuntugannya adalah cahaya matahari yang masuk cukup banyak dari jendela depan. Kamu perlu memanfaatkan pencahayaan alami ini untuk mengatasi tampilan dan ukuran ruang TV yang mungil.

Selain sofa, meja tamu, karpet, dan rak TV sebagai furnitur standar, kamu juga bisa menambahkan cermin dinding besar seperti ini. Ditempatkan di atas sofa, cermin dinding ini akan membantu memberikan ilusi ruang TV yang lebih luas dan terang. Tak lupa, ditambahkan lampu lantai sebagai aksen dekorasi dan pencahayaan tambahan.

5. Berikan Sentuhan Warna Yang Nge-Jreng Biar Ruang TV Mungil Enggak Membosankan dan Lebih Trendi

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Desain interior minimalis yang fleksibel juga berarti kamu bisa bebas berkreasi dengan warna dan material tambahan sebagai aksen yang ngegemesin dan trendi. Buat kamu yang berjiwa muda dan urban, coba tambahkan satu warna terang favoritmu ke dalam ruang TV mungil sebagai aksen yang memberikannya karakter kuat.

Dalam ilustrasi ini, pemilik rumah memakai warna biru muda yang jadi latar belakang panel rak TV dan rak dinding. Berpadu sama warna putih yang netral, warna biru jadi kelihatan stand out dan cerah. Agar tetap mempertahankan tema warna, sofa L warna biru tua dipasang dengan meja tamu bundar minimalis.

Mendekorasi ruang mungil memang bisa dilakukan sendiri, tapi kalau memang ada budget-nya menggunakan jasa desain rumah pasti akan membawa hasil yang lebih maksimal. Konsultasikan gambaran ruang TV mungil dan cozy pada desainer interior di kota tempat tinggalmu seperti firma desain interior Jakarta, Bandung, dan desain interior Surabaya

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE