5 Desain Sudut Ruangan Paling Kreatif yang Bisa Kamu Tiru

Inspirasi Sudut Ruangan yang Unik

Coba tengok, deh, sudut kamar tidur kamu atau ruangan lain di rumah. Dibiarin kosong begitu aja atau ada sesuatu yang ditaruh di sana? Kalau ada furnitur, perabot, atau dekorasi di sudut ruangan di rumah, bisa dibilang desain interior rumahmu udah cukup menarik dan bernilai.

Meskipun sebuah ruangan memang jangan terlalu penuh sama furnitur dan barang-barang, desainer interior yang andal harus bisa membuat ruangan terisi penuh tanpa membuatnya terasa sesak atau sumpek. Ini juga termasuk bagaimana seorang desainer interior bisa mengakali sudut kosong di dalam ruangan rumah.

Membiarkan sudut ruangan kosong tanpa benda apapun biasanya akan membuat tampilan ruangan menjadi datar dan membosankan. Walaupun furnitur-furnitur yang esensial sudah ada di dalam ruangan, mendekorasi sudut ruangan akan bikin ruangan jadi lebih hidup dan menawan.

Belum lagi kemungkinan bertambahnya fungsi ruangan ketika area sudut dimanfaatkan. Misalnya, sudut kosong di kamar tidur yang difungsikan jadi area meja belajar atau meja kerja karena enggak ada ruangan tersisa yang bisa dijadikan ruang kerja atau belajar.

Kamu jadi lebih nyaman dan fokus waktu belajar di rumah atau work from home dan kamar tidur jadi terasa lebih selaras. Jangan ada lagi sudut kosong di rumah. Dekoruma punya lima inspirasi desain gimana kamu bisa memanfaatkan sudut kosong di rumah jadi area yang berguna.

Advertisement

1. Baca Buku Kesukaan Nyaman Tanpa Gangguan. Ubah Sudut Kosong Ruang Keluarga Jadi Sudut Baca (Reading Corner)

Sumber: Qanvast

Sumber: Qanvast via https://qanvast.com

Buat kalian yang punya hobi membaca dan mengoleksi buku, inspirasi desain yang satu ini bisa dibilang salah satu mimpi kalian. Fungsikan sudut ruangan yang kosong jadi perpustakaan mini dan juga area baca yang nyaman. Posisinya yang berada di sudut ruangan bakal mengurangi gangguan dari anggota keluarga lain yang mondar-mandir.

Penuhi tembok sudut dengan rak buku buat menyimpan koleksi buku-buku. Enggak lupa tempat duduk yang nyaman dan empuk supaya baca buku makin fokus. Sofa selalu jadi pilihan yang tepat.

Advertisement

Kalian juga bisa pasang sofa bed, daybed, dan juga bean bag untuk posisi baca yang lebih rileks. Suasananya juga bakal lebih enak kalau ada jendela di sudut baca supaya lebih terang dengan cahaya alami.

2. Enggak Perlu Jauh-jauh Bawa Makanan ke Ruang Makan Lagi. Dining Nook Nyaman di Samping Dapur Buat Akses Mudah dan Praktis

Sumber: MyDomaine

Sumber: MyDomaine via https://www.mydomaine.com

Desain yang satu ini belum terlalu banyak diaplikasikan di rumah-rumah Indonesia. Padahal, enggak cuma desainnya yang menarik, punya dining nook atau yang juga dikenal sebagai breakfast nook juga lebih praktis. Pertama, makanan dan minuman yang udah siap dihidangkan bisa langsung ditaruh di dining nook.

Advertisement

Kamu enggak perlu jauh-jauh lagi bawa piring, gelas, dan peralatan makan & minum lainnya ke ruang makan. Kalian juga enggak perlu bersihin meja makan yang ukurannya besar.

Selain aksesnya yang lebih dekat dan mudah dari dapur, dining nook juga bakal bikin dapur lebih menawan. Apalagi kalau desain dining nook disesuaikan sama keseluruhan desain kitchen set.

3. Sudut Sempit dan Canggung di Kamar Tidur Bukan Jadi Masalah. Sulap Jadi Area Meja Kerja yang Privat. Bikin Kamu Fokus dan Produktif

Sumber: Interior Notes

Sumber: Interior Notes via http://www.interiornotes.com

Kayak yang udah dijelasin sebelumnya, tidak punya ruangan khusus buat jadi ruang kerja atau ruang belajar enggak masalah. Kalian bisa memanfaatkan sudut kamar tidur buat jadi area meja kerja atau meja belajar. Contohnya seperti pada gambar di atas.

Diapit dua tembok, pemilik hunian memasang meja gantung yang ringan dan pas banget sama panjang sudut ruangan. Enggak lupa kursi meja kerja, serta rak gantung buat menyimpan berbagai benda-benda pribadi dan dekorasi.

Posisi meja kerja atau meja belajar kayak gini bisa dibilang salah satu yang paling ideal. Terpisah dari area tempat tidur dan enggak mencampur area kerja/belajar dengan area istirahat.

4. Ruangan Terasa Lebih Adem dan Segar. Taman dalam Ruangan di Sudut yang Bikin Suasana Rileks dan Alami

Sumber: Next Luxury

Sumber: Next Luxury via https://nextluxury.com

Mengadopsi gaya interior Urban Jungle yang penuh sama unsur-unsur alami, mengubah sudut ruangan yang kosong jadi indoor garden akan terlihat keren banget. Terutama buat pecinta dan kolektor tanaman hias. Inspirasi ini bisa kamu tiru kalau kamu tinggal di hunian yang tidak punya halaman sama sekali kayak apartemen.

Jangan ragu buat pasang tanaman sebanyak-banyaknya. Kamu bisa memanfaatkan rak, kabinet, atau tangga dekorasi buat jadi tempat menaruh pot-pot berisi tanaman hias.

Pastikan sudut ruangan ini mendapatkan sinar matahari yang cukup, ya. Supaya tanaman bisa tumbuh subur dan optimal. Suasana pun jadi makin asri dan adem. Enggak lupa tambahan kursi lengan, kabinet penyimpanan, sampai lukisan yang bisa bikin area ini jadi spot buat bersantai di pagi atau sore hari.

5. Ubah Sudut Kosong Jadi Area Duduk (Sitting Area). Bisa Jadi Sudut Buat Merenung dan Me-Time

Sumber: Homedit

Sumber: Homedit via https://www.homedit.com

Kalau kamu sudah enggak tahu lagi mau diapakan sudut ruangan di rumah, jadikan aja area duduk atau sitting area. Bagian ini bisa jadi area yang masih menyatu dengan ruang keluarga, tapi tetep terasa terpisah juga karena posisinya di sudut ruang keluarga.

Pada ilustrasi ini, pemilik hunian mendesain sitting area-nya dengan gaya modern yang maskulin dan elegan. Tampak dari kursi kulit warna hitam yang lengkap dengan dudukan untuk kaki. Ditambah dengan karpet bulu, ornamen dekorasi warna emas, dan cat dinding warna abu-abu gelap.

Posisinya yang di sudut bikin kamu masih bisa untuk menyendiri, merenung, atau melakukan aktivitas sambil me-time. Ataupun karena masih satu ruangan dengan ruang keluarga, kamu bisa mengarahkannya ke arah meja TV supaya kamu tetap bisa menonton TV ketika duduk di sini.

Menarik dan kreatif, kan, ide-ide desain sudut ruangan di atas? Sekali lagi, sayang banget kalau sudut kosong di rumah dibiarkan begitu saja. Padahal, dengan pendekatan yang pas, ruangan di rumah bisa terasa lebih matang dan menawan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE