Inggris menjadi salah satu negara tujuan wisata bagi wisatawan dari seluruh dunia, khususnya kota London. Walaupun London terkenal mahalnya, namun tak menyurutkan wisatawan datang ke sana. Bahkan London ada di urutan kedua sebagai destinasi wisata terpopuler di dunia tahun 2017 versi TripAdvisor.

Lalu bagaimana bila kita ingin menikmati Kota London ala backpacker, tanpa menguras kantong? Simak 5 referensi cara menikmati Kota London dengan murah meriah berikut ini!

1. Tour at The Museum

National History Museum

National History Museum via https://www.nhm.ac.uk

Buat para backpacker, haram hukumnya buang-buang duit buat hal yang tidak perlu. Untuk mensiasati budget, berkunjung ke museum bisa jadi pilihan yang oke. #WTGB, Welcome to Great Britain, negara di mana banyak museum keren berada. Apalagi di Kota London ini banyak terdapat museum dan beberapa diantaranya memberika fasilitas free entry.

Ada tiga museum yang menjadi destinasi favorit wisatawan, yaitu British Museum, National History Museum, dan Victorian and Albert Museum. Masing-masing museum punya daya tariknya sendiri, seperti British Museum merupakan museum tertua di dunia yang menyimpan berbagai benda bersejarah dari seluruh dunia. Bagi pecinta natural science kalian dapat mengunjungi National History Museum. Sedangkan bagi penikmat desain dan seni dekoratif, Victoria and Albert Museum bisa jadi surganya mereka.

2. Trafalgar Square, Alun-Alunnya Kota London

Advertisement

Trafalgar Square ini seperti alun-alun yang ada di setiap kota di Indonesia. Sebuah tempat terbuka yang terletak di pusat kota, tepatnya di City of Westminster, London. Di tengahnya terdapat patung Admiral Horatio Nelson yang diapit oleh dua air mancur di kanan-kirinya. Trafalgar Square dikelilingi oleh bangunan-bangunan tua bersejarah.

Di sebelah utara Trafalgar Square terdapat National Gallery, yaitu museum seni yang di dalamnya terdapat lukisan karya pelukis ternama seperti Leonardo da Vinci, Vincent van Gogh, dan Claude Monet. Lalu terdapat bangunan St. Martin-in-the-Fields di sebelah timur laut, South Africa House di sebelah timur, dan Canada House di sebelah barat.

Karena menjadi jantung kota London, Trafalgar Square tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi saat weekend, kita bisa melihat berbagai aksi pertunjukan sebagai hiburan gratis di sini. Alun-alun kota ini pun kerap dijadikan titik patok para turis dari seluruh dunia untuk bertemu dan memulai kegiatan traveling mereka di Kota London.

3. Melipir ke Sepanjang Jalan di Tepi Sungai Thames

Pemandangan

Pemandangan via https://edition.cnn.com

Advertisement

Jalan kaki adalah moda transportasi utama bagi para backpacker. Selain no budget, berjalan kaki juga efektif untuk lebih menikmati panorama yang ditemui di sepanjang jalan. Salah satu jalanan yang wajib dikunjungi bila ke London adalah jalan di sepanjang tepi Sungai Thames. Jalan ini juga dikenal dengan sebutan Queen's Walk. Siapkan stamina karena jalanan ini lumayang panjang.

Tapi tenang saja, pemandangan yang disuguhkan sepanjang jalan akan membayar rasa lelah kita. Akan banyak tourist attractions populer yang akan kita lewati bila berjalan di Queen's Walk ini. Bagi yang ingin selfi dengan jam Big Ben, direkomendasikan mengambil sisi Queen's Walk di seberangnya, yaitu sisi dimana London Eye berada. Kita akan mendapatkan view terbaik Sungai Thames, serta Big Ben dan Houses of Parliament sebagai latar belakang.

Bila kita ingin mengikuti jalur tur Queen's Walk, kita bisa memulai perjalan dari Westminster Bridge, lalu kita akan melewati South Bank Lion, Country Hall (London Sea Life Aquarium), London Eye, South Bank Centre (terdapat Royal Festival Hall, Hayward Gallery, Queen Elizabeth Hall, Purcell Rooms dan Poetry Library), National Theater, National Film Institue, Gabriel's Wharf, OXO Tower and Centre, Tate Modern, Shakespeare's Globe, Millenium Bridge dan berakhir di St. Paul's Cathedral. #OMGB wisata paket lengkap banget nih namanya!

4. Bersantai di Taman Kota

London memiliki banyak taman kota yang cantik, salah satu yang paling terkenal adalah Hyde's Park. Taman yang memiliki luas 142 hektar ini sangat memanjakan pengunjung dengan berbagai fasilitas di dalamnya. Tidak hanya sebagai tempat untuk piknik bersama keluarga, berbagai macam kegiatan dapat dilakukan di sini, seperti jogging, bersepeda, bermain tenis, mendayung perahu, dan menunggang kuda. Selain itu terdapat beberapa spot menarik di sana, antara lain Welling Arch, Serpentine (danau buatan), Speaker's Corner dan Princess Diana Memorial Fountain.

Sebenarnya masih banyak taman-taman lain yang tidak kalah indahnya dengan Hyde's Park. Ada Kengsingston Park yang terletak bersebelahan dengan Hyde's Park. Ada Regent's Park, Richmond Park (di sini kita bisa melihat rusa yang berkeliar bebas), St. James's Park, Victoria Park dan Hampstead Heath di mana lapangan hijau luas membentang, sangat cocok untuk bersantai dan bermain layang-layang.

5. Nongkrong di Pasar

Eitss, jangan salah sangka dulu, pasar di London tentunya beda dengan pasar-pasar yang ada di Indonesia. Pasar di London bisa jadi tempat nongkrong yang asik untuk anak muda, salah satunya adalah Camden Market. Camden Market menjadi one stop place for eating and shopping. Kita bisa berwisata kuliner di sini, mencoba berbagai macam makanan enak tanpa takut mahal.

Kalau sudah kenyang, kita bisa berkeliling pasar dan mengunjungi stand yang menjual barang-barang antik, baju, pernak-pernik dan souvenir. Asyiknya lagi, harganya bisa ditawar lho!

Selain Camden Market, ada beberapa pasar yang terkenal murah meriah dan pastinya jadi tujuan wisatawan yang ingin berbelanja. Ada Borough Market yang menjadi surganya pecinta kuliner, Portobello Market sebagai pusatnya tempat barang-barang antik, dan Covent Garden tempat yang tepat bila kamu mencari buah-buahan dan sayuran segar di London.

Tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak travelling, seperti membuat itinerary, mengontrol pengeluaran terutama saat belanja agar tetap on budget, dan selalu berhati-hati saat ada di keramaian.

Jadi bagaimana setelah mengetahui referensi di atas? Rasanya tidak perlu khawatir soal mengeluarkan biaya banyak kalau ingin traveling ke London ya. Tunggu apalagi, #AyoKeUK dan explore Kota London ala backpacker seperti di atas!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya