Banten selalu identik dengan debus dan mistiknya, hih… serem kan??? Padahal Banten juga punya tempat wisata yang tidak kalah indah dengan daerah lain lho. Dan untuk biayanya sendiri juga termasuk murah. Nah, cocok nih untuk kalian para backpacker yang suka melancong ke tempat wisata yang lain dari yang lain.

Bicara tentang keindahan alam, Banten mempunyai destinasi wisata alam yang sangat epic. Rata- rata destinasi wisata di Banten belum banyak yang mengetahui, jadi masih terlihat asri. Yang menjadi andalannya adalah gunung dan pantai. Provinsi paling barat di Pulau Jawa ini memiliki cukup banyak gunung dan pantai yang tidak kalah indah dari daerah lain lho.

1. Gunung Pilar, tempat hits untuk berfoto di Puncak Pilar nan epic

Spot foto paling favorit di Gunung Pilar via http://intagram.com

Mungkin belum banyak yang tahu nih, tentang wisata alam yang satu ini. Gunung Pilar ini terletak di Kampung Cibunut, Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang Banten. Tempat ini belum telalu banyak dikunjungi wisatawan, jadi tempatnya pun masih terlihat asri lho.

Yang menjadi daya tarik dari tempat ini adalah Puncak Gunung Pilar yang memiliki pemandangan sangat indah dengan latar belakang Gunung Karang di Pandeglang. Nah, Gunung Pilar ini punya spot favorit buat berfoto lho, yaitu ayunan yang menghadap langsung ke alam bebas.

Dari tempat yang mudah dijangkau dan biaya masuk yang cukup murah, hanya Rp. 5.000,00 sekaligus biaya parkir untuk roda dua. Nah, cukup murah bukan? Nggak sampai menguras dompetmu juga. Jadi, apakah kamu akan memasukan Gunung Pilar ke dalam list tempat liburanmu berikutnya?

2. Titik Nol KM Anyer, keindahan laut lepas beserta sejarah yang tersembunyi

Advertisement

Titik Nol KM Anyer dan mercusuar via http://instagram.com

Siapa sih yang tidak tahu Anyer? semua orang pasti mengenal Anyer dan mengira bahwa di Anyer hanya ada wisata pantainya saja. Namun ternyata, selain wisata pantainya terdapat juga wisata sejarah yang jarang diketahui banyak orang. Seperti Titik Nol KM Anyer ini, selain melihat luasnya hamparan laut lepas tempat ini juga terdapat mercusuar yang sangat bersejarah. Mercusuar ini merupakan saksi bisu awal pembuatan jalan Anyer–Panarukan dan juga saksi bisu atas penyerangan tentara Jepang yang berusaha merebut Indonesia dari tangan Belanda pada saat itu.

Nah, selain sejarah yang tersembunyi, ternyata Titik Nol KM Anyer ini juga menyimpan rahasia keindahan yang menyejukkan pandangan lho. Dari atas puncak mercusuar kita bisa melihat pemandangan laut luas beserta anak Gunung Krakatau yang tidak kalah indahnya.

Untuk kalian yang akan mengunjungi tempat ini saat liburan, hanya perlu membayar Rp 20.000,00 sekaligus parkir kendaraan roda dua. Tempat ini terletak di Pantai Bojong Anyer, Kabupaten Serang. Tidak terlalu jauh bukan? Nah, apakah kamu akan memilih tempat ini sebagai destinasi wisata alam saat liburan nanti?

3. Menikmati sunrise dari Puncak Pulo Sari

Puncak Gunung Pulo Sari via http://2.bp.blogspot.com

Untuk kamu yang mempunyai jiwa petualang, mendaki gunung adalah hal paling menarik untuk dikerjakan. Nah, bukan hanya di Jawa Barat saja nih yang punya tempat mendaki, Banten pun punya tempat untuk mendaki, khususnya gunung. Salah satunya adalah Gunung Pulo Sari yang memiliki ketinggian 1.346 Mdpl, walaupun tidak terlalu tinggi gunung ini tidak kalah indah dengan gunung yang lebih tinggi. Gunung ini terletak di Desa Cilentung, Kecamatan Pulo Sari, Kabupaten Pandeglang Banten.

Dari atas puncak gunung ini kita bisa menikmati sunrise dan sunset yang begitu indah, selain itu di gunung ini juga kita bisa menikmati keindahan Curug Putri dan kaldera gunung yang tidak kalah indah. Sepanjang perjalanan menuju ke puncak kalian akan disuguhkan berbagai hamparan pepohonan tropis yang rindang.

Untuk biaya masuk gunung ini kamu hanya dikenakan biaya Rp 5.000,00. Cukup murah kan? Jadi, tempat ini bisa dimasukan dalam daftar liburanmu selanjutnya nih…

4. Pulau Tunda, surga tersembunyi di Banten Utara

Menikmati keindahan bawah laut Pulau Tunda via http://cdn2.tstatic.net

Pulau yang berada di sebelah utara Banten ini ternyata menyimpan surga tersembunyi yang belum diketahui banyak orang. Pulau ini belum banyak di eksplore, jadi masih terjaga keasriannya. Yang menjadi daya tarik pulau ini adalah keindahan bawah lautnya yang masih sangat terjaga dan keunikan lainnya yaitu terdapat lumba-lumba yang sering muncul ke permukaan laut.

Nah, untuk kamu yang tertarik mengunjungi pulau ini sebaiknya membawa rombongan agar biaya yang dikeluarkan untuk menyewa kapal penyebrangan lebih murah. Kamu bisa mengkases kapal menuju pulau ini di Pelabuhan Karangantu, yang terletak di wilayah Kabupaten Serang. Jadi bagaimana, kamu berniat ke sini dalam waktu dekat bersama teman-temanmu?

5. Menikmati keindahan Kota Cilegon dari atas Batu Lawang

Suasana dari atas Bukit Batu Lawang via http://instagram.com

Untuk kamu yang belum tahu nih, ternyata Cilegon selain dikenal sebagai wilayah industri. Ada juga lho tempat wisatanya yang lagi hits di kalangan remaja Cilegon khususnya. Bukit Batu Lawang namanya, tempat ini menawarkan keindahan yang begitu menakjubkan yang jarang didapat dari mana pun. Dari atas bukit Batu Lawang ini kita bisa menikmati indahnya Kota Cilegon dari ketinggian serta kawasan industri di sepanjang bibir pantai. Selain itu dari atas bukit ini juga kita akan disuguhkan pemandangan alam, hijaunya pepohonan yang masih asri dan menyejukkan pandangan.

Selain keindahannya tempat ini juga mudah dijangkau oleh wisatawan yang ingin datang. Bukit Batu Lawang ini terletak di Desa Gerem, Merak. Nah, apakah kamu akan mengunjungi tempat ini bersama teman-temanmu?

Jadi, setelah membaca artikel di atas apakah kamu masih ragu untuk datang ke Banten? Dengan begitu indahnya dan terlepas dari anggapan negatif, ternyata Banten tidak kalah cantik bukan dari daerah lain. Mungkin 5 destinasi wisata di atas bisa menjadi pilihan liburan akhir tahun nanti. Selamat berlibur kawan-kawan.