Hingga sampai sekarang telah tercatat lebih dari puluhan cabang olahraga di dunia. Mulai dari cabang olahraga tak memerlukan banyak gerakan hingga cabang olahraga memacu adrenalin, apa pun cabang olahraga semua memberikan maksud baik untuk kesehatan tubuh manusia. Mungkin di antara kawan-kawan hipwee merupakan salah satu penggemar tantangan, maka lebih condong menyukai permainan olahraga memacu adrenalin misal nih olahraga paragliding atau paralayang.

Olahraga paralayang merupakan salah satu cabang olahraga terbang bebas. Biasanya sih orang-orang lebih suka melakukannya di area pegunungan, dimana olahraga tersebut menggunakan sayap terbuat dari kain atau pun parasut sebagai media terbang.Tak cuma sebagai sarana olahraga menantang saja, kini paralayang juga menjadi sarana permainan untuk menyaksikan keindahan alam alias rekreasi.

Berikut ada beberapa tempat wisata paralayang di Indonesia:

1. Bukit Paralayang Parangtritis

Paragliding Parangtritis

Paragliding Parangtritis via https://merahputih.com

Pantai Parangtritis merupakan tempat rekreasi pantai di Jogja memiliki pemandangan menakjubkan. Bagaimana tidak?

Pantai Jogja ini memiliki bentangan pasir putih sangat halus dan bersih ditambah keindahan air laut begitu mempesona khas pantai laut selatan. Tak heran kalau wisatawan menjadikannya sebagai tempat favorit sunset di Yogyakarta. Tak hanya seru-seruan bermain air di bibir pantai atau sekedar menikmati keindahan panorama keemasan sunset.

Advertisement

Kawan bisa melakukan aktivitas seru lainnya seperti olahraga paralayang. Pasalnya di pantai Parangtritis terdapat landasan paralayang serta telah disediakan berbagai perlengkapan pendukung. Cukup membayar Rp. 400.000 saja, maka kamu sudah bisa terbang di atas pesisir pantai selama 30 menit.

2. Paralayang Puncak Bogor

Paralayang Puncak di Bogor

Paralayang Puncak di Bogor via http://www.baroezyjourney.com

Kabupaten Bogor merupakan salah satu daerah kaya destinasi wisata alam setelah Bandung. Hal tersebut didukung letak geografis dari kota hujan tersebut berada di dataran tinggi, serta memiliki pemandangan alam masih terjaga. Tak heran kalau Bogor merupakan tempat ideal untuk melakukan berbagai kegiatan wisata menyenangkan seperti menunggang kuda, agrowisata, wisata kuliner hingga olahraga paragliding.

Di kawasan Gunung Mas Bogor, terdapat landasan paralayang, dimana kegiatan tersebut didampingi oleh instruktur profesional dalam olahraga memacu adrenaline ini. Ketika kawan berada di ketinggian 1.300 meter dari permukaan laut, maka bakal merasakan sensasi menakjubkan.

Advertisement

Bagaimana tidak, berada di ketinggian tersebut perasaan dibuat campur aduk antara rasa takut dan rasa takjub keindahan alam Bogor berupa pepohonan hijau, bangunan-bangunan terlihat mungil serta kegagahan gunung-gunung saling bergandengan.

3. Wisata Paralayang Batu Malang

Paralayang Malang

Paralayang Malang via http://www.datawisata.com

Kota Batu di Malang merupakan kawasan wisata paling populer di Jawa Timur. Tak jauh berbeda seperti Bogor, Batu Malang memiliki segudang objek wisata alam maupun wisata buatan. Potensi alam di Kota Batu pun benar-benar dimanfaatkan warga setempat untuk mengembangkan menjadi sejumlah destinasi wisata hits di Malang. Misalnya Wisata Paralayang Malang yang berada di puncak gunung Banyak Batu Malang.

Objek wisata Malang ini sudah lama populer, kala itu sekitar tahun 2011 silam, paralayang gunung banyak dijadikan tempat penyelenggara acara Batu Open Paragliding yang diikuti oleh atlit-atlit ternama domestik hingga mancanegara. Semenjak itulah kota Batu mulai mematenkan diri sebagai pelopor olah raga paralayang se-provinsi Jawa Timur.

Hanya membayar ongkos sebesar paket Paralayang mulai dari Rp. 350.000 hingga Rp. 5.000.000, maka kawan sudah bisa terbang di ketinggian 1.320 mdpl, dari ketinggian tersebut siapa pun bakal dibuat takjub keindahan alam kota Batu. Terlebih ketika malam hari, kawan bakal disuguhkan keindahan gemerlap kota wisata.

4. Paralayang Bukit Timbis

Paralayang Pantai Timbis

Paralayang Pantai Timbis via http://www.gafintrans.com

Pulau Dewata Bali merupakan surga wisata di Nusantara. Keindahan pantai-pantai Bali merupakan penyebab utama, hingga sekarang mengapa para turis lebih mengenal pulau Bali ketimbang negara Indonesia. Umumnya wisatawan Bali lebih suka menikmati keindahan pantai secara berselancar atau hanya sekedar seru-seruan bermain air. Namun ternyata ada kegiatan menarik lainnya yang dapat kawan lakukan disana yaitu mencoba bermain wahana Paralayang Bali.

Ketika terbang diatas bukit dan pantai Timbis kawan bakal disajikan keindahan biru air laut dan area persawahan dan perkebunan milik warga terlihat begitu mempesona. Terlihat juga deretan bangunan resort penginapan berupa vila bahkan hotel di tebing-tebing ke arah Uluwatu, Sawangan dan Nusa Dua.

Bangunan-bangunan seperti pura merupakan pemandangan lumrah ketika berada di ketinggian seperti pura Nusa Dua, Pura Barong-barongan, Pura Gunung Payung, Pura Penyarikan dan masih banyak pura-pura lainnya. Sehingga menjadikannya sebagai destinasi wisata paralayang terbaik di Indonesia

5. Paralayang Gunung Ungaran Semarang

Bukit Paralayang Semarang

Bukit Paralayang Semarang via https://www.superadventure.co.id

Ibu kota Provinsi Semarang juga turut menyumbangkan sejumlah destinasi wisata alam maupun wisata buatan misal nih seperti wisata Paralayang di kawasan Gunung Ungaran, lebih tepatnya berada di pos pendakian Mawar. Buat kawan nih sudah pernah liburan di Santosa Stable Semarang, itu loh objek wisata menungang kuda tingkat internasional dengan background keindahan alam gunung Unggaran Semarang, maka lokasi wisata tak jauh dari situ.

Untuk saat ini kegiatan Paralayang di Gunung Ungaran hanya beroprasi ketika akhir pekan atau musim liburan saja. Dengan hanya membayar ongkos paralayang sebesar Rp. 350.000, maka kamu sudah bisa merasakan melayang-layang di udara sekitar 8 sampai 15 menit, dan saat itu juga kawan bisa menyaksikan secara langsung keindahan kota Semarang, Rawa Pening dan tentunya kegagahan Gunung Ungaran.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya