Surabaya adalah ibu kota dari Provinsi Jawa Timur yang memiliki salah satu jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Banyak mal dan gedung tinggi yang didirikan di kota tempat kelahiran Bung Tomo ini. Padatnya penduduk serta lahan yang semakin berkurang, mungkin membuatmu berpikir kalau Surabaya nggak punya destinasi wisata menarik.

Eits, jangan suudzon, dulu. Surabaya sebenarnya punya banyak tempat wisata cantik yang bisa kamu kunjungi, kok. Bukan cuman sekadar kebun binatang atau pantai, ada tempat-tempat wisata unik dan tidak kalah cantik untuk menjadi objek di postingan Instagram-mu.

Penasaran? Nah, makanya simak ulasan lima destinasi wisata unik yang dipunyai Kota Pahlawan di bawah ini, ya!

1. Pagoda Tian Ti, kuil umat Buddha yang cantiknya bukan main

Pagoda Tian Ti

Pagoda Tian Ti via https://beritadunia.net

Advertisement

Pagoda adalah semacam kuil yang mempunyai atap bertumpuk-tumpuk. Kuil ini biasanya ditemukan di daerah yang jumlah umat Buddhanya banyak, seperti Myanmar, Thailand, dan Tiongkok.

Nah, bagi kamu yang ingin melihat pagoda tapi bujet untuk traveling ke luar negeri masih belum mencukupi, Pagoda Tian Ti yang ada di Surabaya bisa menjadi pilihan alternative.

Pagoda yang beralamat di Jl. Sukolilo, Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya ini desainnya hampir mirip dengan yang ada di Beijing. Selain sebagai destinasi wisata, tempat ini juga sering menjadi lokasi untuk foto prewedding juga karena kecantikannya.

2. Hutan Bambu Keputih, mirip seperti hutan bambu di Negeri Sakura

Hutan Bambu Keputih

Hutan Bambu Keputih via https://www.instagram.com

Advertisement

Meskipun terkenal sebagai salah satu kota industri terbesar di Indonesia, Surabaya sebenarnya memiliki destinasi wisata alam yang patut diancungi jempol, lho. Salah satunya adalah Hutan Bambu Keputih yang terletak di daerah Sukolilo.

Nah, hutan bambu ini memang sengaja ditanam untuk tujuan wisata. Suasana yang diciptakan dari rimbunan hutan bamboo ini juga mirip seperti yang ada di Sagano, Jepang. Bayangin, kamu nggak perlu ribet mengurus visa hanya untuk melihat pemandangan rimbunan hutan bambu. Tinggal mampir aja ke Surabaya~

3. Taman Pelangi, suasana malam berwarna-warni di Kota Pahlawan

Taman Pelangi

Taman Pelangi via https://www.kepogaul.com

Untuk yang bosen melihat pemandangan gedung di Surabaya, kamu bisa nih mampir ke Taman Pelangi yang ada di Jl. Ahmad Yani No. 138 Kecamatan Gayungan, Surabaya. Di sini, pemandangan lampu berwarna pelangi yang bisa membuatmu kagum.

Kamu bisa mengabadikan keindahan lampu berwarna-warni di taman ini dengan kamera hape ataupun kamera professional. Oh iya, kamu nggak perlu bingung jika ingin mencari tempat makan di taman ini karena di sekitarnya banyak rumah makan. Fasilitas parker dan toilet juga ada.

4. Patung Buddha empat wajah yang mempesona

Patung Buddha Empat Wajah

Patung Buddha Empat Wajah via https://www.instagram.com

Satu lagi destinasi wisata yang tidak jauh dari Pagoda Tian Ti, Patung Buddha Empat Wajah. Patung yang seluruh badannya dibalut emas ini menjadi salah satu pemandangan yang jarang ditemui di Indonesia.

Berbeda dengan patung Buddha tidur yang berada di Thailand, patung Buddha yang ada di Surabaya ini memiliki empat wajah dan 8 buah tangan. Tinggi patung ini mencapai 36 meter jika digabungkan dengan tinggi kubah.

Empat wajah melambangkan sifat kebaikan dari Buddha, yakni murah hati, pengasih, adil, dan meditasi. Sementara itu, delapan tangan menyimbolkan kekuatan Buddha yang masing-masing mengangkat benda-benda berbeda.

5. House of Sampoerna, tempat mengenal sejarah kretek di Indonesia

House of Sampoerna

House of Sampoerna via https://www.tobakonis.com

Kalau suka sejarah, rasanya tidak lengkap kalau tidak mengunjungi House of Sampoerna di Surabaya. Museum kretek Indonesia ini terletak di Jl. Taman Sampoerna 6 dan memiliki desain gedung khas kolonial Belanda.

Sebelum dibeli oleh pendiri Sampoerna, Liem Seeng Tee pada tahun 1932, bangunan ini digunakan sebagai tempat panti asuhan putra yang dikelola oleh pemerintah Belanda. Setelah resmi dimiliki oleh Liem Seeng Tee, gedung ini kemudian dipakai untuk tempat produksi rokok Sampoerna yang pertama.

Di House of Sampoerna, kamu dapat mengetahui sejarah pendirian perusahaan HM Sampoerna. Bangunan dua lantai ini juga menjadi tempat menampilkan alat-alat yang digunakan Sampoerna untuk memproduksi rokok.

Bukan hanya itu saja, kalau kamu ingin keliling Surabaya tapi tidak mau repot-repot mencari informasi, House of Sampoerna juga menyediakan jasa tour keliling gratis. Ilmu dapet, keadaan dompet juga aman. Enak kan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya