Setiap tahunnya Yogyakarta menghadirkan banyak wisata alam yang dapat dikunjungi warga sebagai alternatif menghabiskan waktu di akhir pekan atau saat libur panjang. Dari kelima kabupaten yang ada di Yogyakarta, Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten yang memiliki berbagai wisata menarik untuk dikunjungi khususnya wisata alam. Berikut adalah wisata alam yang menyejukkan pengunjung dan membuat betah berlama-lama menikmati suasananya:

1. Wisata alam Kalibiru

Wisata alam Kalibiru via http://sewabusjogja.id

Memandang Waduk Sermo dari atas ketinggian menjadi sensasi kesegaran mata bagi pengunjung. Kalibiru yang merupakan tempat wisata di atas bukit ini tepatnya di daerah Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata alam Kalibiru mendadak dikenal karena uniknya bisa berfoto diatas pohon pinus dengan menatap Waduk Sermo yang dibingkai hijaunya pepohonan.

2. Waduk Sermo

Masih satu ruas jalan dengan Kalibiru, Waduk Sermo juga memliki keindahan alam yang patut dikunjungi. Jika Anda melihat warna biru dari atas ketinggian di puncak Kalibiru, warna air tersebut adalah Waduk Sermo. Selain sebagai irigasi, Waduk Sermo juga dijadikan tempat penelitian bagi mahasiswa. Saat ini Waduk Sermo semakin diminati pengunjung karena terdapat spot foto di atas bambu di waduk.

Advertisement

3. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo via http://syagha.blogspot.co.id

Punca Suroloyo merupakan puncak dengan ketinggian Pegunungan Menoreh, Kulonprogo. Jika cuaca mendukung, dari puncak ini pengunjung dapat memandang lepas empat gunung di Pulau Jawa yaitu Sindoro, Sumbing, Merapi, dan Merbabu yang berdiri gagah menantang siapa pun yang melihatnya. Dibalut dengan lembutnya kabut dan suasana pagi, Puncak Suroloyo sering dijadikan obyek bagi penikmat sunrise.

4. Goa Kiskendo

Goa Kiskendo via https://www.tempat.co.id

Goa Kiskendo merupakan salah satu wisata geoheritage di DIY. Goa yang berlokasi di Jatimulyo, Girimulyo ini memiliki stalaktit dan stalakmit yang indah. Berada di kawasan dataran tinggi Kulon Progo, Goa Kiskendo diselimuti pemandangan sejuk, sehingga bagi Anda yang tidak memiliki keberanian memasuki gelapnya goa maka bisa menikmati keindahan goa dan alam dari mulut goa.

5. Waduk Mini Kleco

Waduk Mini Kleco via https://ohthatisnice.com

Embung Kleco atau Waduk Mini Kleco berada di Giripurwo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waduk Mini tergolong wisata alam buatan. Meskipun ukurannya lebih kecil dari Waduk Sermo, namun keindahan alamnya juga tidak kalah menarik. Pengunjung disuguhnya dengan menikmati bercik ditambah dengan pemandangan alam yang menyambut di depan mata.