Berbicara tentang sakit, maka sudah tentu kita semua pasti sudah pernah mengalaminya, karena sakit sebenarnya adalah cara Tuhan memberitahukan bahwa tubuh yang kita miliki adalah amanah darinya. Yaitu yang sudah sepantasnya dijaga dengan baik, dengan bijaksana, dan penuh kehati-hatian saat masih sehat.

Maka, bersyukurlah saat kita selalu diberi nikmat sehat oleh Tuhan karena nikmat yang paling berharga di dunia ini selain iman dan Islam adalah nikmat sehat, sebab dengan keadaan tubuh yang sehat kita bisa menikmati nikmat-nikmat Tuhan yang lainnya.

Dan ketika kita sakit, apakah itu juga merupakan nikmat dari Tuhan? Iya, hal itu jelas, karena dengan adanya sakit kita pula diberi nikmat yang luar biasa oleh Tuhan. Di antaranya nikmat yang harus kita syukuri ketika sedang sakit adalah beristirahatnya tubuh sejenak dari hal-hal keduniaan.

Tuhan memberi kita waktu agar kita tenang hanya mengingat-Nya, maka ketika sedang sakit bersabarlah, karena itu semua adalah cara Tuhan untuk mengetuk hati kita agar belajar untuk bersabar dan bersyukur.

Maka dari itu, perlu kita sadari dari sekarang agar kita tidak menjadi pribadi yang mudah mengeluh saat sedang sakit atau pun saat sedang sehat, bahwa sesungguhnya sakit maupun sehat itu adalah nikmat yang harus sama-sama kita syukuri.

Karena jika nikmat sakit adalah cara Tuhan menguji sabar kita, maka nikmat sehat adalah cara Tuhan menguji beesarnya syukur kita.

1. Sakit adalah cara Tuhan memberitahukan kepada kita bahwa nikmat sehat sangatlah berharga, lebih berharga dari harta apapun didunia ini

Hakikat sehat dan sakit

Hakikat sehat dan sakit via https://goo.gl

Buktinya ketika masih sehat terkadang kita mati-matian mencari harta dunia, sampai tak mengenal lelah, dan ketika sakit sudah menghampiri bisa jadi apa-apa yang telah kita timbun ludes secara perlahan untuk mengembalikan nikmat sehat itu kembali dirasakan.

Advertisement

Maka, bersyukurlah ketika masih sehat, jangan terlalu gencar mencari harta dunia yang hanya sesaat, apalagi sampai lupa kepada yang memberi nikmat sehat dan nikmat harta, karena disitulah sakit kita sebenarnya, yaitu sakitnya sebuah hati karena tidak bisa berbijaksana bersyukur kepada Tuhan.

2. Ketika sedang sakit jangan menyebutnya sebagai ujian tapi sebutlah sebagai kenikmatan

Selalu berdoa

Selalu berdoa via https://goo.gl

Jadi, ketika sedang sakit jangan menyebutnya sebagai ujian, tetapi sebutlah sebagai kenikmatan. Kenikmatan untuk lebih dekat pada Tuhan.

Kenikmatan untuk beristirahat sejenak dari kerasnya dunia, kenikmatan untuk sejenak berpikir secara bijak tentang nikmat yang telah Tuhan berikan kepada kita selama ini dengan cuma-cuma.

Advertisement

Karena bisa jadi sakit adalah jalan Tuhan agar kita mampu memaknai secara bijaksana apa-apa yang telah kita lakukan ketika masih sehat, dan bisa jadi pula hal itu teguran dari Tuhan sebab ketika masih sehat seringkali kita gunakan nikmat sehat darinya secara cuma-cuma dan pada jalan yang cuma-cuma pula.

3. Dibalik sakit akan selalu ada hikmah yang kita dapatkan

Hikmah sakit

Hikmah sakit via https://goo.gl

Karena dibalik sakit yang Tuhan berikan akan selalu ada hikmah yang kita dapatkan, hanya tergantung bagaimana bijaksananya kita dalam berpikir dan memaknai semuanya dengan baik dan penuh rasa syukur kepada Tuhan.

Sebab, bila hati sudah diliputi rasa syukur secara bijak, maka tak peduli nikmat apa saja yang Tuhan berikan, sudah tentu hal itu akan bermakna yang luar bisa untuk kita.

Sakit sebenarnya adalah cara tuhan memberitahukan kepada kita bahwa nikmat sehat sangatlah berharga, lebih berharga dari harta apa pun di dunia ini.

4. Tuhan hanya ingin menguji seberapa besar sabar yang kita miliki saat sedang sakit

Hadapi rasa sakit

Hadapi rasa sakit via https://goo.gl

Ketika kita sakit sebenarnya Tuhan hanya ingin menguji seberapa besar sabar yang kita miliki saat sedang sakit, maka jangan sampai kita lupa untuk bersabar menerima semuanya dan mengeluh dengan bahasa yang tak pantas.

Tetaplah bersyukur dengan bijak, ajarkan hati dan mulut untuk terus berucap nama baik Tuhan, seperti halnya kalimat istighfar, hamdalah, ataupun kalimat tasbih.

Karena insyaallah dengan hal itu dosa-dosa kita akan dihapus oleh Tuhan. Sebab, sakit pula adalah cara Tuhan untuk menghapus dosa-dosa yang ada dalam diri.

5. Dan ketika nanti kita diberikan kesehatan kembali oleh Tuhan, tak lain karena Tuhan ingin pula melihat seberapa besar rasa syukur kita pada-Nya

Kekuatan ''the power of syukur''

Kekuatan ''the power of syukur'' via https://goo.gl

Dan ketika nanti kita diberikan kesehatan kembali oleh Tuhan, tak lain karena Tuhan ingin pula melihat seberapa besar rasa syukur kita pada-Nya.

Maka, tetaplah bersyukur dalam keadaan apapun, entah sakit ataupun sehat karena nikmat Tuhan itu selalu ada dalam setiap peristiwa, dan setiap peristiwa pasti mengnadung hikmah yang luar biasa.

Terkadang manusia mendapat kesempatan, akan tetapi ia tidak bisa memanfaatkannya karena disibukkan oleh sakitnya. Nikmat adalah kesempatan yang tidak sempurna kecuali disertai oleh adanya kesehatan. Maka akan diperoleh rasa bersyukur terhadap kesehatan yang disebabkan oleh ingatan pada saat sakit karena besarnya kenikmatan tersebut.

Semoga kita termasuk kedalam golongan orang-orang yang sabar dalam menghadapi segala cobaan dan ujian serta penuh ketaqwaan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya