5 Fakta Unik José Mourinho, Pelatih Baru Tottenham

Fakta yang harus kamu tahu!

Setelah mengalami kekalahan yang beturut-turut dalam Premier League musim 2019-2020, pemimpin klub Tottenham Hotspurs, Daniel Levy memutuskan untuk memecat Mauricio Pocchetino. Pemecatan Pocchetino yang melatih klub sejak 2014 dengan pencapaian terbaik final Liga Champions 2018-2019 ini dinilai demi kebaikan Tottenham, seperti diketahui klub asal Inggris ini baru mengoleksi 14 poin dari 12 pertandingan dalam Premier League musim ini.

Menurut Levy, keputusan dipecatnya Pocchetino diambil dengan penuh hati-hati dan tidak mudah. Hasil rapat dewan pun memutuskan untuk mengangkat Mourinho sebagai penggantinya. 

Berikut fakta unik Mourinho, pelatih baru Tottenham Spurs pengganti Pocchetino.

Advertisement

1. Pernah Melatih Real Madrid dan MU

Mou saat melatih RM.

Mou saat melatih RM. via http://fcbarcelonanoticias.com

Mourinho pernah menjadi pelatih klub Inggris lain yang tak kalah terkenalnya dengan Tottenham, Manchester United atau yang lebih dikenal dengan sebutan MU. Pria kelahiran Setubal, Portugal ini akhirnya dipecat pada 18 Desember 2018 karena gagal mengembalikan kejayaan The Red Devils.

Namun sebelum itu, Mou ternyata pernah menjadi pelatih klub kuat asal Spanyol, Real Madrid pada tahun 2010-2013 dan berhasil membawa klub ini menjadi juara La Liga sekaligus menghabiskan rekor sebagai pelatih pertama dalam sejarah yang meraih juara di tiga kompetisi klasik Eropa (Premier League, Serie A, dan La Liga).

Advertisement

2. Dua Kali Melatih Chelsea

Mou saat melatih Chelsea.

Mou saat melatih Chelsea. via http://www.cnnindonesia.com

Sebelum menjadi pelatih MU, ia dua kali menjadi pelatih rival The Red Devils, Chelsea pada tahun 2004-2007 dan berhasil menjadikan Chelsea sebagai juara Premier League setelah masa penantian selama 50 tahun. Pada tahun 2013, ia kembali melatih Chelsea. Namun, Chelsea sempat mengalami keterpurukan pada tahun 2015/2016 yang menyebabkan ia didepak sebagai pelatih klub yang dijuluki The Blues ini.

3. Menang Banyak Penghargaan

Mou menang banyak penghargaan.

Mou menang banyak penghargaan. via http://www.cnnindonesia.com

Mourinho merupakan salah satu pelatih yang sangat disegani di Eropa. Ia kerap kali memenangkan penghargaan selama melatih, seperti Premieira League Manager of The Year, UEFA Manager of The Year, FIFA Ballon d'Or Best Coach, Miguel Munoz Best Coach of The Year, dan masih banyak lagi. Ia juga tiga kali dinobatkan sebagai pelatih sepak bola terbaik dunia oleh International Federation of football History & Statistics pada tahun 2004, 2005, dan 2010.

4. Dua Kali Merasakan Treble Winners

Mou treble winner bersama Inter Milan.

Mou treble winner bersama Inter Milan. via http://www.bolatimes.com

Awal karir Mourinho menjadi manajer klub sepak bola dimulai sejak menjadi pelatih klub asal Portugal, Porto pada tahun 2002 dan berhasil meraih Treble Winners atau tiga piala kejuaraan utama pada satu periode/satu musim pertandingan.

Pada tahun 2010, ia kembali membawa klub asuhannya, Inter Milan meraih kejuaraan Trofi Coppa Italia, Liga Italia, dan Liga Champions yang menjadikannya dua kali merasakan Treble Winners.

5. Suka Melakukan Kegiatan Sosial

Sikap terpuji Mou.

Sikap terpuji Mou. via http://www.google.com

Tanpa banyak orang ketahui, Mourinho sering berperan dalam banyak kegiatan sosial di dunia, seperti proyek remaja untuk anak-anak Israel dan Palestina dan program sejenis ini di negaranya.

 

Itulah 5 fakta unik Mourinho yang menjadi pelatih baru Tottenham saat ini menggantikan Pocchetino. Kita lihat apakah pengangkatan Mou menjadi pelatih baru Tottenham akan membuahkan kemenangan seperti yang dilakukan Mou di klub-klub yang ia latih sebelumnya?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Football, music, movie, drama, and writing enthusiast. Interest in politic, social issues, and woman empowerment. Feel free to discuss or little talk @abidahac

CLOSE