Baiklah ini adalah artikel pertama yang saya tulis. Karena memang saya bukan seorang penulis ataupun blogger. Saya hanya penikmat bacaan dari penulis-penulis yang berseliweran di media sosial. Tentang hal apapun itu, jika menarik hati akan saya baca. Begitupun artikel-artikel yang ada di Hipwee. Berawal dari membaca tantangan Hipwee yang sedang mengadakan kontes menulis artikel dengan tema Britain.

Membaca kata Britain, jujur saat itu saya baru pertama kali mendengar istilah Britain, itulah yang menjadi salah satu faktor saya memberanikan diri untuk mencoba menulis artikel tersebut dengan langsung melakukan riset sederhana, mencari informasi sebanyak-banyaknya melalui pencarian internet. Dan berikut 5 fakta unik tentang Britania Raya yang sudah saya rangkum.

1. Hal pertama yang harus diketahui adalah U.K (United Kingdom), Great Britain dan England itu berbeda!

Sebagai awam tentang Britain, saya sangat tertarik dengan hal tersebut. Oke, mari kita bahas perbedaannya. Menurut Aan Setyawan dalam tulisannya mengatakan, banyak yang salah memahami bahwa U.K (United Kingdom), Great Britain dan England itu adalah sama. Pada umumnya, U.K (United Kingdom), Great Britain dan England diartikan dalam Bahasa Indonesia dengan sebutan Inggris. Padahal faktanya, orang yang tinggal di U.K, belum tentu mau disebut sebagai orang Inggris.

Mengapa demikian? Berikut penjelasanya :

Advertisement

a. U.K (United Kingdom), adalah sebuah sistem negara kesatuan yang terdiri dari England, Wales, Skotlandia dan Irlandia Utara. Nama resminya adalah “Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara”. Atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan istilah “The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland”. England, Wales, Skotlandia dan Irlandia Utara sering keliru disebut sebagai sebuah negara independen, tetapi sebenarnya mereka hanya bagian dari U.K. Ibukota dari U.K terletak di England.


Ibu Kota :

Inggris : London

Advertisement

Skotlandia : Edinburgh

Wales : Cardiff

Irlandia Utara : Belfast

Warna bendera U.K adalah perpaduan antara bendera Inggris, Skotlandia dan Irlandia Utara


b. Great Britain (Britania Raya), bukanlah sebuah negara, namun sebuah pulau. Itulah mengapa dinamakan Great Britain karena merupakan kepulauan terbesar di U.K Kepulauan ini terdiri dari England, Wales, dan Skotlandia. Biasanya juga disebut dengan Britain.

c. England (Inggris), sama seperti Wales dan Skotlandia, Inggris sering disebut sebagai negara, tetapi sebenarnya bukan negara berdaulat penuh. Inggris adalah negara bagian terbesar di U.K, baik oleh luasnya daratan maupun besarnya populasi.

2. Di London ada bunga sakura!

Sakura London

Sakura London via https://www.instagram.com

Saat ini di Indonesia pun kita sudah dapat melihat keindahan bunga sakura asal Jepang, yaitu di Cibodas, Jawa Barat. Namun, saat Anda berkunjung atau plesiran di London dan sekitarnya, terutama saat akhir Februari-April pada periode ini bunga Sakura sedang mekar-mekarnya. Seperti pada gambar tersebut yang saya ambil dari akun Instagram @rubyandb di daerah Notting Hill.

Selain itu, London juga menawarkan tempat-tempat lain yang ditumbuhi bunga sakura bermekaran. Seperti Kew Gardens dengan bunga terbanyak di London, Regent’s Park, Kensington Gardens, St. James’s Park dan Greenwich Park. Jangan lewatkan untuk berfoto-foto dengan bunga sakura di London ya!

3. Rahasia Kate Middleton!

Britania Raya adalah sebuah kerajaan dan kehidupan seorang bangsawan yang sering menjadi sorotan di seluruh dunia. Sebagai seorang istri Pangeran William, sudah pasti Kate Middleton sangat menjaga perilaku dan sikapnya agar kehormatan kerajaan tidak tercoreng. Disamping itu, hampir seluruh rakyatnya ingin mengetahui kehidupannya.

Dalam hal ini ada 7 rahasia Kate Middleton menurut Evi Handayani dalam tulisanya :

1. Masa kecil di Yordania selama 2,5 tahun Ayahnya bertugas.

2. Menjadi tim paduan suara di Gereja St. James’s Palace pada tahun 2012 3. Saat remaja, Kate sempat menyimpan poster model pria celana merk tertentu.

4. Pernah bekerja sebagai desainer perhiasan. Ia merancang kalung bagi pembeli anak-anak di Jigsaw pada tahun 2006 5. Pernah dijuluki squeak saat masih sekolah di St. Ansdrew’s School. Yang artinya “mencicit”.

6. Saat kuliah di Marlborough College, Kate berhasil mendapatkan “Duke of Edinburgh Gold Award”.

7. Kate seorang atlet lompat tinggi saat masih sekolah Bagaimana? Hebat bukan! Kate Middleton memang pantas menjadi seorang bangsawan.

4. Desa yang sangat indah di Lake District–Grasmere!

Kendal mint cake

Kendal mint cake via https://www.google.co.id

Bicara tentang alam, tidak jauh dari London kita bisa menemukan desa yang indah akan pemandangan danau dan perbukitanya. Ya, Grasmere! Jika kita periksa lewat aplikasi Google Maps, bisa kita lihat jarak yang tidak terlalu jauh untuk ditempuh hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dari London menuju Grasmere melalui jalur darat. Masih lebih jauh dari Jakarta-Bandung ya, yang membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam.

Jika sudah berada disana jangan sampai kita lewatkan untuk mencicipi makanan tradisionalnya seperti salah satunya adalah Kendal Mint Cake. Makanan ini rasanya manis serta pedas mint karena komposisi utamanya adalah gula dan peppermint. Wah sepertinya ini bisa dijadikan buah tangan ya! Ops! Namanya seperti nama salah satu kota di Jawa Tengah yaa, kota Kendal hihi.

5. Destinasi wajib saat berkunjung ke London adalah Tower Bridge!

Tower bridge

Tower bridge via https://www.google.co.id

Tower Bridge atau yang lebih sering kita dengar dengan London Bridge, merupakan jembatan yang terbentang di atas sungai Thames, London. Uniknya, jembatan ini mengadaptasi dua design, yaitu angkat dan gantung. Jika Anda sudah berada di sini, maka hukumnya adalah wajib untuk berfoto selfie berlatarbelakangi Tower Bridge, hehe. Duh, jadi berkhayal nih, maaf yaah :)

Yaps, bagaimana? 5 fakta tersebut sudah bisa menambah wawasan kita tentang Britain? Semoga artikel ini dapat bermanfaat :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya