5 Film Bertema Semangat Pemuda Indonesia untuk Sambut Hari Sumpah Pemuda

Film Tema Pemuda yang Menginspirasi

92 tahun lalu tepatnya 28 Oktober 2020, pemuda Indonesia mengikrarkan sebuah keputusan yang berisi tiga poin yang menegaskan cita-cita akan ada “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”, yang kemudian disebut 'Sumpah Pemuda'.

Kita sebegai pemuda Indonesia generasi modern, harus bisa mempertahankan bahkan meneruskan semangat  segala hal yang tertuang ke dalam janji yang merupakan salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk merayakan Sumpah Pemuda. Salah satu cara sederhana ialah dengan menonton film-film perjuangan anak muda Indonesia. Berikut rekomendasi film dari kumparan untuk disaksikan di hari Sumpah Pemuda ini.

Advertisement

1. Gie

Film Gie dirilis pada 2005 dan digarap oleh sutradara Riri Riza. Film ini dipernakan oleh Nicholas Saputra, Wulan Guritno, dan Jonathan Mulia.

Gie mengisahkan tentang seorang Soe Hok Gie, mahasiswa Universitas Indonesia yang dikenal sebagai demonstran dan pecinta alam. Film yang berhasil meraih Piala Citra ini menggambarkan petualangan Soe Hok Gie mencapai tujuannya untuk menggulingkan rezim Soekarno, serta perubahan-perubahan dalam hidupnya setelah tujuan tersebut tercapai.

Advertisement

2. 3 Srikandi

Film 3 Srikandi

Film 3 Srikandi via http://www.youtube.com

Film ini diilhami dari kisah nyata tiga atlet perempuan panahan yang mengharumkan nama Indonesia di Olimpiade Seoul 1988. Nurfitriyana (Bunga Citra Lestari), Lilies (Chelsea Islan) dan Kusuma (Tara Basro).  

Selain ditempa dalam beragam latihan fisik, ketiganya juga memiliki tantangan masing-masing perihal kehidupan. Cara mereka menaklukkan semua tantangan demi tetap melaju ke olimpiade bisa dijadikan contoh semangat untuk anak muda sekarang ini

3. Cahaya dari Timur: Beta Maluku

Advertisement
Film Cahaya dari Timur: Beta Maluku

Film Cahaya dari Timur: Beta Maluku via http://www.youtube.com

Diangkat dari kisah nyata, Film Cahaya Dari Timur: Beta Maluku sejak awal mengambil pilihan untuk menghadirkan gambaran kondisi yang sebenarnya berdasarkan cerita. Film dengan tema  sepakbola ini rilis pada tahun 2014, dan mendapatkan penghargaan Film Terbaik pada Festival Film Indonesia 2014.

Film ini bercerita tentang Sani Tawainella (Chicco Jericho) yang ingin menyelamatkan anak-anak di kampungnya dari konflik agama yang terjadi di Ambon melalui sepak bola. Di tengah kesulitan hidup serta pilihan antara keluarga atau tim sepak bolanya, Sani ditugaskan membawa timnya mewakili Maluku di kejuaraan nasional. Namun keputusannya membaurkan anak-anak yang berbeda agama dalam satu tim justru menyebabkan perpecahan. 

Kisah semangat Sani, bisa dijadikan gambaran semangat untuk anak muda Indonesia untuk bisa membangkitkan dan mengharumkan nama kampung halamannya, dengan terus percaya bahwa mereka punya potensi dan bisa meraih mimpi.

4. Rudy Habbie

Film Rudy Habibie

Film Rudy Habibie via http://www.youtube.com

Di film prekuel ini lebih menceritakan sosok Rudy (B.J. Habibie muda) semasa kuliah di Jerman, yang kemudian ia bertemu dengan Ilona Ianovska, gadis asal Polandia yang sempat ia cintai semasa kuliahnya, jauh sebelum akhirnya menikah dengan Ainun pada saat Habibie sudah menyelesaikan kuliahnya dan kembali ke Indonesia. Ada pula bumbu kisah cinta segitiga yang melibatkan gadis ningrat asal Solo, bernama Ayu. Dan tantangan bagi Rudy untuk menjawab panggilan negara Indonesia yang baru merdeka, yang membutuhkan sosok muda jenius, kreatif, dan pantang menyerah seperti dirinya.

Cerita masa muda Habibie yang penuh semangat, berprinsip mengejar cita-cita, dan ketekunan untuk terus belajar sangat patut dicontoh oleh generasi muda, maka dari itu film ini sangat cocok ditonton apalagi ditengah momen memperingati Sumpah Pemuda.

5. Sokola Rimba

Film Sokola Rimba

Film Sokola Rimba via http://www.youtube.com

Sokola Rimba adalah film drama Indonesia yang dirilis pada 21 November 2013. Film ini dibintangi oleh Prisia Nasution dan Nyungsang Bungo. Butet Manurung (Prisia Nasution) telah menemukan hidup yang diinginkannya, Setelah hampir tiga tahun bekerja di sebuah lembaga konservasi di wilayah Jambi, Butet memutuskan mengajarkan baca tulis dan menghitung kepada anak-anak masyarakat suku anak dalam, yang dikenal sebagai Orang Rimba, yang tinggal di hulu sungai Makekal di hutan bukit Duabelas.

Butet diceritakan sebagai pekerja di Wanaraya, sebuah lembaga konservasi yang memberikan pendidikan alternatif bagi anak rimba. Tanpa disangka, perkelanaan Butet di tengah rimba itu berkembang menjadi tak sebatas kewajiban semata. Dia malah menjadi ‘abdi’ bagi ratusan anak rimba.

Itu dia daftar rekomendasi film untuk memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2020 mendatang, sambil terus belajar dan mengingat tentang sejarah Sumpah Pemuda, semoga melalui film-film ini jiwa-jiwa semangat pemuda Indonesia bisa ikut tertanam juga di diri kita.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE