5 Film Terbaik yang Diadaptasi dari Novel Karya Stephen King, Kamu Udah Nonton?

Stephen King, penulis kontemporer Amerika Serikat yang fenomenal

Film merupakan suatu karya seni yang masih digemari hingga saat ini. Film diciptakan pada tahun 1805 oleh Lumiere Brothers. Pada tahun 1899, George Melies mengawali menampilkan film dengan gaya editing yang judulnya “Trip To The Moon”. Sedangkan di Indonesia Film cerita, awalnya diproduksi tepatnya di Bandung pada tahun 1926, berjudul “Loetoeng Kasaroeng”.

Berbicara tentang film tentu tak lepas dari jenis atau genre film. Genre film inipun bermacam – macam yang terdiri dari action, adventure, comedy, drama, crime and gangster, historical, musical, horror dll. Selain itu, banyak film yang dibuat berdasarkan novel – novel populer.

Salah satunya adalah film – film yang diadaptasi dari karya novelis asal Amerika Serikat bernama Stephen King. Pertama kali novelnya dibuat menjadi sebuah film pada tahun 70an dan berhasil mencuri perhatian para penikmat film karena alur dalam filmnya yang menegangkan. Selain itu semiotika dalam film yang diadaptasi dari novel Stephen King juga berhasil membuat para penonton penasaran dalam mencari makna dibaliknya. Hingga kini film yang diadaptasi dari novel karya Stephen King masih terus diproduksi. Berikut 5 film terbaik hasil adaptasi novel Karya Stephen King.

Advertisement

1. Carrie 1976

Film ini bercerita tentang seorang gadis lugu, pemalu bernama Carrie. Ia adalah anak semata wayang di keluarganya. Ia hidup bersama seorang ibu bernama Margareth White. Kehidupan Carrie bisa dibilang cukup menyedihkan karena ia dibesarkan oleh seorang Ibu yang memiliki obsesi berlebihan terhadap agama dan cenderung abusive. Hal ini mengakibatkan Carrie terkurung dan tidak mampu bersosialisasi.

Banyak pantangan yang diberikan kepada Carrie oleh Ibunya, menyebabkan hidupnya dipenuhi ketakutan dan rasa bersalah. Di sekolah Carrie cenderung menjadi seorang penyendiri dan kerap mendapatkan bully-an dari teman-temannya. Hingga pada suatu hari terjadi hal yang aneh pada diri Carrie. Ia mendapati bahwa dirinya memiliki kekuatan yang mampu menggerakkan benda (Telekinesis). Kekuatan ini muncul ketika Carrie dalam keadaan yang penuh emosi. Tekanan hidup semakin menghimpit, pergumulan demi pergumulan dialami Carrie. Hingga pada suatu ketika terjadi tragedi prom night berdarah di sekolah Carrie, akibat kekuatan telekinesis yang dimilikinya.

Advertisement

Penasaran akan alur ceritanya? Yuk coba tonton film klasik fenomenal ini. Akting dari Sissy Spacek pemeran Carrie dan Piper Laurie sebagai Ibu dari Carrie, yakni Margareth White patut diberi penghormatan, karena mampu mengaduk emosi penonton serta membuat siapa saja yang melihatnya merasakan kesedihan yang begitu mendalam akan peran yang mereka mainkan.  

2. Pet Sematary

Pet Sematary

Pet Sematary via https://en.wikipedia.org

Pet Sematary merupakan film yang lebih dulu diproduksi pada tahun 1989 dan kemudian dibuat kembali pada tahun 2019. Sama halnya dengan beberapa film hasil adapatasi dari novel Stephen King sebelumnya, Pet Sematary adalah film bergenre horror. Film ini bercerita tentang keluarga yang baru saja pindah dari Boston, Massachusetts, pindah ke kota kecil Ludlow, Maine untuk menempati rumah baru.

Keluarga yang terdiri dari, seorang ayah bernama Louis Creed dan ibu, Rachel serta dua anak kecil mereka, Ellie dan Gage. Pada hari – hari permulaan mereka tinggal di rumah baru, semuanya berjalan dengan normal. Hingga akhirnya terjadi suatu malapetaka yang mengakibatkan salah satu dari anggota keluarga mereka meninggal, dan hidup kembali secara misterius. Apa yang menyebabkan semua ini terjadi? Bagaimana kelanjutannya? Temukan jawabannya dalam film ini. 

Advertisement

3. Misery

Film Misery yang diadaptasi dari novel karya Stephen King ini dirilis pada tahun 1990. Film ini menceritakan kisah seorang novelis bernama Paul Sheldon, penulis novel berjudul Misery Chastain, bersama dengan seorang penggemar fanatiknya yaitu Annie Wilkes. Singkat cerita, Paul pergi mengendarai mobilnya ditengah badai salju, kemudian ia mengalami kecelakaan.

Seorang perempuan yang tinggal dekat tempat kejadian dimana Paul kecelakaan, menemukan dia tak sadarkan diri didalam mobilnya. Perempuan itu adalah Annie Wilkes, yang  menyelamatkan nyawa Paul dan membawanya ke rumah. Beberapa saat kemudian, Paul akhirnya sadar dari tidurnya. Di rumah Annie, Paul dirawat dengan begitu penuh perhatian dan kehangatan. Hari demi hari dilalui Paul bersama dengan Annie. Hingga akhirnya ia menemukan kejanggalan pada diri Annie. Seorang Annie yang tadinya begitu lembut merawat Paul berubah secara drastis menjadi seorang yang abusive secara verbal, mental dan fisik. Perbuatan yang Annie lakukan terhadap Paul benar – benar diluar kendali. Hingga Paul merasa bahwa ia harus segera meminta pertolongan dan keluar dari rumah Annie. Problematika apa yang terjadi antara Paul dan Annie? Penasaran kan?

Yuk, tonton filmnya. Film Misery merupakan salah satu film yang memiliki alur yang menarik dilengkapi dengan akting pemeran yang sangat mumpuni dan menjiwai. Karena aktingnya yang sangat baik, pemeran antagonis dari film ini yaitu Kathy Bates yang memerankan karakter Anne Marie Wilkes Dugan berhasil meraih Academy Awards untuk kategori Best Actress.

4. The Shawshank Redemption

The Shawshank Redemption

The Shawshank Redemption via https://www.themoviedb.org

Film selanjutnya adalah The Shawshank Redemption, film yang dirilis pada tahun 1994. Film ini dibintangi oleh actor berbakat yaitu Tim Robbins dan Morgan Freeman. Film ini bercerita tentang kehidupan penjara. Dimana salah satu karakternya yaitu Andy Dufresne seorang banker yang dituduh melakukan tindakan kirminal terhadap istri dan selingkuhannya. Sehingga ia harus masuk penjara karena bukti-bukti yang ada.

Pada waktu berada di dalam penjara, Andy bertemu dengan narapidana lain bernama Red, dari situ terjalinlah pertemanan antara mereka. Namun, tidak hanya sampai disitu, satu demi satu  fakta mencengangkan mulai terungkap. Rahasia serta intrik didalamnya mulai terlihat. Film ini menyajikan alur cerita yang begitu menarik dan emosional, serta sarat akan makna didalamnya.

 

5. The Green Mile

The Green Mile

The Green Mile via https://www.imdb.com

Pada tahun 1999, kembali film yang diadaptasi dari novel karya Stephen King yaitu The Green Mile, dirilis. Film kali ini bukanlah bergenre horror melainkan crime, drama fantasy. Film ini berkisah tentang seorang narapidana bernama John Coffey, yang diperankan oleh seorang aktor bernama Michael Clarke Duncan. Pria ini memiliki perawakan tinggi besar bak raksasa dan berkulit gelap. Bersama dengan seorang sipir penjara bernama Paul yang diperankan oleh Tom Hanks. John Coffey divonis hukuman mati karena dituduh melakukan pembunuhan.

Namun pada kenyataannya, Coffey adalah seorang yang memiliki hati tulus dan baik hati. Ia dituduh melakukan perbuatan yang padahal sama sekali tidak ia lakukan. Selain itu, Coffey juga dianugerahi kekuatan supranatural. Ia mampu untuk menyembuhkan penyakit dan melihat masa lalu seseorang hanya dengan sentuhan. Seperti seorang Emphat, Coffey mampu merasakan kepedihan yang dialami oleh orang lain. Berkat kekuatannya tersebut Coffey pun berhasil menyembuhkan Paul, dimulai dari hal itulah persahabatan mereka terjalin. Hati yang baik dan gift yang Coffey miliki justru tidak membuatnya menjadi orang yang disenangi oleh orang lain, namun banyak kepedihan dan asumsi negatif yang ia terima dari orang – orang sekitarnya. Ingin mengetahui lebih lanjut? Segera tonton filmnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Indonesian living in Tanzania

CLOSE