“Welcome to jolly old London.” kata Steve Trevor kepada Diana. "Selamat datang di kota tua London yang ceria."

Kemudian Diana menjawab dengan tanpa dosa, “It’s hideous!”

"Kotanya mengerikan!"

Begitulah sepenggal adegan film Wonder Woman yang keluar pada tahun 2017 yang lalu. Kalau kamu sudah menonton film tersebut, kamu pasti akan tertawa kecil. Apakah warga London sakit hati saat mendengar pendapat dari Diana tersebut? Tentu saja! Tapi karena film Wonder Woman bagus dan aktris Gal Gadot mampu meluluhkan hati semua orang, maka saya yakin warga London memaafkannya.

Diana Prince atau Wonder Woman memang belum pernah keluar dari pulaunya dan belum pernah melihat peradaban lain selain Amazon, maka wajar saja kalau dia sangat terkejut melihat betapa sibuknya kota London pada tahun 1918.

Seperti apa sih keadaan kota London pada tahun 1918 yang sebenarnya? Kamu bisa nonton video rekaman kota London pada tahun 1918 dibawah ini:

https://publicdomainreview.org/collections/seeing-london-1918/

Menurut saya film adalah salah satu sarana yang paling ampuh untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan kepada orang banyak. Bagi saya pribadi, jika saya ingin mempelajari sesuatu, maka saya akan lebih cepat mengerti dan hafal diluar kepala jika saya menonton sebuah film -- terutama jika filmnya bergenre fantasi atau fiksi ilmiah. Saya juga belajar banyak tentang bahasa, kebudayaan, tradisi dan adat istiadat Britania dari hasil menonton film.

Berikut adalah 5 film yang wajib kamu tonton sebelum kamu berangkat ke Britania.

1. Mary Poppins (1964)

Poster Film Mary Poppins (1964)

Poster Film Mary Poppins (1964) via https://www.art.com

Karena film inilah, untuk pertama kalinya dalam hidup saya, saya tertarik untuk belajar bahasa Inggris. Bukan karena saya suka dengan bahasa Inggris, tapi karena saya mau mengerti apa sih yang dibicarakan oleh Mary Poppins dan Bert selama 2 jam lebih.

Saya lupa detailnya tapi yang saya ingat ketika Ayah saya pulang ke rumah membawa beberapa kaset Betamax sewaan dan salah satunya adalah film Mary Poppins yang akhirnya saya tonton berulang-ulang. Karena saya masih kecil dan tidak mengerti cara menjalankan mesin pemutar video, orangtua saya yang harus repot memutar ulang kaset Betamax-nya.

Advertisement

Berlanjut 49 tahun kemudian sejak film Mary Poppins keluar, muncullah film Saving Mr. Banks pada tahun 2013. Tentu saja saya nonton film ini di DVD, bukan kaset Betamax. Saving Mr. Banks adalah film yang bercerita tentang bagaimana Walt Disney, yang diperankan oleh Tom Hanks, berusaha untuk mendapatkan izin membuat film dari Pamela Lyndon Travers, sang pengarang buku Mary Poppins. Alhasil, film Saving Mr. Banks menimbulkan kesan nostalgia yang mendalam buat saya.

2. Mr. Bean (1990 – 1995)

Mr. Bean

Mr. Bean via https://www.npr.org

Siapa yang tidak kenal dengan Mr. Bean? Tokoh yang diperankan oleh Rowan Sebastian Atkinson ini memang memberikan kesan tersendiri kepada semua orang yang menonton. Alur ceritanya ringan dan cocok untuk ditonton kapan saja.

Menurut kamu film serial televisi Mr. Bean ada berapa episode? Ada lebih dari 20? Atau lebih dari 30?

Advertisement

Totalnya hanya 14 episode kok (episode yang ke 15 tidak masuk hitungan karena hanya mengulang episode-episode yang lalu). Kalau kamu sering menonton serial Mr. Bean di televisi, itu artinya kamu sedang menonton serial ulangan yang mungkin sudah diulang keseratus kalinya.

Tua, muda, kaya atau miskin, Mr. Bean diterima dengan baik oleh semua kalangan masyarakat di lebih dari 200 negara di dunia hanya dengan total 14 episode saja.

Melalui Mr. Bean kita bisa melihat kehidupan seorang warga distrik Highbury, London Utara, dalam kesehariannya yang kocak. Melalui Mr. Bean juga saya baru tahu bahwa orang Inggris ternyata menyantap ayam kalkun bersama teman dan keluarga saat merayakan hari Natal, berbeda dengan tradisi orang Amerika yang menyantap ayam kalkun di saat Thanksgiving.

3. The Queen (2006)

The Queen (2006)

The Queen (2006) via http://www.imdb.com

Jauh sebelum zaman Facebook, Instagram dan YouTube, ada satu kisah tragis yang membuat banyak orang di seluruh dunia terpaku di depan televisi dan surat kabar. Pada tanggal 31 Agustus 1997, Putri Diana meninggal akibat kecelakaan di terowongan Pont de l'Alma di kota Paris.

Melalui film The Queen kita bisa melihat secara dekat bagaimana keluarga kerajaan Inggris, terutama sang Ratu Elizabeth II, dalam menyikapi kepergian Putri Diana yang begitu mendadak. Dikabarkan bahwa Ratu Elizabeth II yang asli juga memberikan pujian kepada Helen Mirren atas aktingnya yang memukau dan mengundangnya makan malam di Istana Buckingham.

Tahukah kamu kalau di dalam Istana Buckingham terdapat kolam renang, ruang operasi, kantor pos dan kantor polisinya sendiri? Pasti seru ya kalau kita bisa masuk ke dalam istana megah kebanggaan warga Inggris ini.

Oh ya, kalau kamu mau berkunjung ke Istana Buckingham, pastikan kamu sudah pesan tiketnya dari jauh hari sebelumnya di situs resmi The Royal Collection Trust, organisasi nirlaba yang memelihara benda-benda seni milik kerajaan:

https://www.royalcollection.org.uk/

4. Paddington (2014)

Paddington (2014)

Paddington (2014) via https://saltypopcorn.com.au

Film Paddington berhasil membuat saya dan keluarga saya tertawa terbahak-bahak. Film yang bercerita tentang seekor beruang dari Peru yang berkunjung ke kota London ini sangat lucu lho!

Berkat film ini saya jadi tahu bahwa nama Paddington diambil dari sebuah stasiun kereta Paddington yang berada ditengah kota London. Kalau saya datang ke London, saya pasti akan mengunjungi stasiun Paddington.

Satu lagi yang saya pelajari tentang warga Inggris pada film ini adalah betapa cepatnya orang Inggris membeli polis asuransi. Jadi ceritanya seperti ini; waktu Paddington diizinkan untuk tinggal di rumah keluarga Brown, sang ayah yang bernama Hugh Bonneville buru-buru menelepon perusahaan asuransi agar dia bisa membeli polis asuransi rumah.

Untuk apa? Untuk melindungi rumahnya dari potensi kehancuran akibat sang beruang yang tidak bisa diam. Semua ini dibungkus dalam komedi seru khas orang Inggris.

5. Braveheart (1995)

Braveheart (1995)

Braveheart (1995) via http://www.imdb.com

Film Braveheart menceritakan seorang pejuang Skotlandia yang bernama William Wallace dalam memimpin perang melawan Raja Edward I dari Inggris. Meskipun akurasi film ini kurang tepat menurut ahli sejarah (namanya saja film buatan Hollywood), paling tidak berkat menonton film ini saya jadi tertarik belajar banyak tentang sejarah Skotlandia yang sebenarnya.

Tahukah kamu bahwa olahraga golf pertama kali dimainkan di Skotlandia pada abad ke 15? Dan tahukah kamu bahwa pertandingan sepakbola internasional pertama kali diadakan di Glasgow antara tim Skotlandia melawan tim Inggris pada tanggal 30 November 1872? Keren kan!

Sebenarnya masih banyak film yang mau saya bahas, tapi untuk sekarang cukup sekian dulu. Mudah-mudahan artikel ini bisa membuat kamu semakin tertarik untuk jalan-jalan ke Britania Raya. #AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya