Mungkin kamu adalah salah satu dari anggota paguyuban “ngebet nikah” yang lagi  nyari tanggal-tanggal cantik untuk jadwal pernikahanmu. Yaaa... Pernikahan yang sudah kamu idam-idamkan sejak melihat poto pernikahan kedua orangtuamu di dinding rumahmu. Sejak saat itu kamu membayangkan betapa bahagianya duduk di pelaminan dan menjadi tontonan seluruh tamu undangan. Kamu duduk manis bak ratu dan raja disebuah kerajaan. Namun siapa sangka impianmu itu sampai detik ini belum juga terwujud dan masih menggantung didepan kening kamu. Terkadang jalan hidup memang tidak selalu seperti apa yang kamu bayangkan, kadang lebih romantis kadang juga bisa lebih teriris pedih menyayat hati.

Pernikahan bukanlah lomba makan kerupuk siapa yang cepat dialah yang menang. Namun pernikahan adalah hal sakral yang harus dipikirkan matang-matang hingga kamu benar-benar siap nikah bukan hanya sekedar pengen nikah. Siap nikah berarti kamu siap menerima hal-hal baru yang itu bukan hanya kesenangan semata, melainkan banyak yang harus diperjuangkan pula dalam sebuah rumah tangga. Berbeda dengan yang hanya pengen nikah, jika hanya pengen nikah maka bisa jadi jika suatu saat kamu pengen nikah lagi, maka kamu yaa akan nikah lagi.

Girls…berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan sambil menunggu sang pujaan hati melamarmu. Agar “ngebet nikah” mu tidak hanya sekedar pengen nikah akan tetapi berubah menjadi siap nikah.

1. Tidak hanya membeli buku-buku resep masakan atau menonton tutorial masak di youtube, tetapi cobalah untuk mempraktekkannya.

Tips belajar memasak bagi pemula via http://dbagus.com

Mulailah untuk sering-sering pergi ke dapur, entah hanya melihat macam-macam bumbu masakan atau hanya membantu ibu kamu mengupas bawang putih. Syukur-syukur kamu belajar memasak sendiri setelah melihat tutorial memasak di youtube. Jika sudah menikah tentu kamu tidak ingin dong suami kamu memuji masakan orang lain hanya karena kamu tidak pernah memasak untuknya? Oleh karena itu sambil menunggu dia melamarmu, mulailah perbaiki kualitas masakanmu.

2. Mulailah berpikir untuk menabung, tidak hanya menghabiskan waktu dan uang untuk keluyuran yang nggak jelas

Sudah jelas bahwa menikah bukan hanya siap soal diri tetapi juga materi. Mulailah mengatur keuangan agar pernikahan yang yang hanya terjadi sekali seumur hidup itu berlangsung istimewa. Tidak harus mewah tetapi seenggaknya acara sakral itu bisa terkenang selama hidup kamu. Jadi bukan waktunya lagi membuang-buang waktu dan uangmu untuk keluyuran yang nggak jelas.

3. Mulailah bertanya dan mencari informasi tentang pernikahan kepada mereka yang sudah mengalaminya

Advertisement

mother and daughter via http://tabloidnova.com

Wanita yang siap untuk dinikahi harus tahu bagaimana hubungan pernikahan dalam sebuah keluarga. Mulailah bertanya kepada orang disekitarmu yang sudah berpengalaman agar kamu tahu bagaimana membina rumah tangga. Menikah bukanlah hubungan dua orang pria dan wanita saja melainkan hubungan dua keluarga.

4. Sempatkan waktumu untuk main bersama anak-anak, agar kamu mendapat ilmu bagaimana mengasuh seorang anak

bermain bersama anak via https://davemdavis.wordpress.com

Mempunyai anak adalah salah satu tujuan dalam sebuah pernikahan. Oleh karena itu mulailah mencintai anak-anak. Kamu bisa mengunjungi ponakan-ponakan kamu atau bahkan anaknya tetangga kamu. Dengan begitu setidaknya kamu akan merasakan bagaimana menimang seorang anak.

5. Melihat-lihat referensi tempat pre-wed, make up artist dan gaun bisa kamu lakukan agar mempunyai pandangan kedepannya

lokasi prewedding via http://liburmulu.com

Bukan hal yang aneh jika kamu mulai tertarik melihat-lihat referensi tempat pre-wed, make up artist, dan gaun-gaun pengantin. Di usiamu yang cukup untuk menikah justru hal ini perlu untuk dilakukan agar pernikahanmu yang sakral itu berlangsung penuh kenangan, tentu semua bisa dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya.

Bagaiamana girls? Apakah hal-hal diatas sudah ada pada diri kamu? Jika belum, lakukan hal-hal diatas agar penantianmu untuk di persunting si dia tidak berlalu dengan sia-sia.