Ketika orang-orang terdekatmu selalu saja meragukan setiap apa yang kamu lakukan, tentunya hal ini membuat kamu terkadang merasa bahwa hidupmu tidak pernah diperhitungkan. Sedih? Itu pasti.

Terlebih lagi ketika itu dilakukan oleh orang tuamu yang selalu saja meragukan setiap usaha yang kamu perbuat. Ditambah lagi ketika saat ini saudaramu yang lebih dahulu unggul dibanding dirimu. Pastinya hidupmu akan selalu dibanding-bandingkan dengan saudaramu itu.

Namun apakah kamu ingin terus berlarut-larut dalam kesedihan ini? 5 hal ini mungkin bisa menguatkan dan mengembalikan semangatmu lagi:     

1. Percayalah bahwa hidup itu berproses. Mungkin saat ini kamu memang tidak lebih unggul, tapi yakinlah suatu saat nanti kamu pun bisa mengungguli mereka

Yakinlah bahwa kamu pun bisa menjadi unggul

Yakinlah bahwa kamu pun bisa menjadi unggul via https://unsplash.com

Ketika hidupmu selalu saja tidak diperhitungkan dan apa pun yang kamu lakukan tidak pernah dianggap akan berhasil, tentunya perasaan sedih akan timbul dalam dirimu. Terlebih lagi ketika hidupmu dibanding-bandingkan dengan orang lain apa lagi saudaramu sendiri.

Merasa dirimu tertekan? Itu pasti. Namun kamu harus yakin bahwa hidup itu berproses. Mungkin saat ini kamu memang tidak lebih unggul dibanding mereka, tapi yakinlah dengan usaha dan kerja keras kamu pun akan bisa mengungguli mereka suatu saat nanti. Hidup itu bukan tentang apa yang orang lain pikirkan terhadapmu, tapi tentang apa yang kamu lakukan untuk hidupmu. Sebab omongan orang tidak akan pernah ada habisnya jika kamu dengarkan.

2. Ketika tidak seorang pun yang mendukung usahamu, ingatlah Tuhan bersamamu

Tuhan selalu bersamamu

Tuhan selalu bersamamu via https://unsplash.com

Advertisement

Di saat kamu merasa tidak seorang pun di dunia ini yang bisa mendukungmu, kamu harus ingat bahwa kamu masih memiliki Tuhan yang selalu ada bersamamu. Ketika kamu merasa saat ini hidupmu sangat jauh dari-Nya, maka mendekatlah kepada-Nya.

Sebab ketika hatimu merasa dekat kepada Sang Pencipta, maka kamu pun akan menjadi lebih kuat. Meskipun orang-orang selalu meremehkan dan tidak mendukung setiap usahamu. Percayalah Tuhan itu tidak pernah tidur dan akan selalu mendengar doa-doamu.

Ingatlah ia saat senang, maka ia akan mengingatmu di saat sedih~

3. Menguatkan diri sendiri itu penting, terlebih di saat orang-orang meragukan dirimu

Tetaplah kuat dengan segala remehan orang terhadapmu

Tetaplah kuat dengan segala remehan orang terhadapmu via https://www.pexels.com

Advertisement

Ketika orang-orang selalu saja meragukan dirimu dan selalu menganggap usahamu tidak akan pernah berhasil. Saat itulah bagimu untuk bisa menguatkan dirimu dan yakin bahwa apa yang kamu lakukan pasti akan berhasil nantinya. Kamu harus bisa menjadi pribadi yang lebih kuat disaat orang-orang meremehkanmu.

Sebab ketika hatimu kuat dengan segala remehan dan keraguan orang terhadapmu, saat itulah kamu akan bisa bangkit dan membuktikannya.

Orang lain boleh saja meremehkan dan meragukan kemampuanmu, namun hanya kamu sendiri lah yang bisa menepis semua anggapan dan keraguan itu dengan segala usahamu.

4. Ketika kamu merasa usaha dan doamu tidak kunjung tercapai, yakinlah cepat atau lambat itu semua akan kamu gapai

Cepat atau lambat semua usahamu akan tercapai

Cepat atau lambat semua usahamu akan tercapai via https://unsplash.com

Sempat merasa bahwa semua usaha yang kamu lakukan dan doa yang kamu panjat kan tidak kunjung tercapai sehingga membuatmu merasa lelah? Itu hal manusiawi yang tentunya pasti akan dirasakan seseorang ketika ia mulai lelah dengan semua ini.

Namun apakah kamu akan berhenti untuk selalu berusaha dan berdoa? Sementara usaha yang kamu lakukan saat ini sudah cukup jauh! Yakinlah bahwa hasil tidak akan pernah menghianati proses. Ketika usaha dan doamu saat ini belum tercapai, percayalah cepat atau lambat semua akan kamu gapai.

Nikmatilah setiap proses yang kamu jalani sebelum akhirnya menjadikan tujuan sebagai hasil dari prosesmu itu. Sebab ketika kamu menikmati setiap prosesnya maka kamu akan merasa enjoy untuk menjalaninya

5. Fase keberhasilan setiap orang itu berbeda-beda. Kamu hanya perlu selalu berusaha dan berdoa hingga kamu bisa berada di fase itu.

Fase keberhasilan setiap orang tentunya berbeda-beda

Fase keberhasilan setiap orang tentunya berbeda-beda via https://unsplash.com

Jika kamu merasa bahwa hidupmu tidak kunjung menjadi orang yang berhasil saat ini, percayalah bahwa kamu bukannya tidak bisa berhasil. Hanya saja kamu belum berada di fase keberhasilanmu itu. Kamu harus percaya bahwa fase keberhasilan setiap orang itu tentunya berbeda-beda.

Ada yang sukses di usia 20-an, 30-an dan bahkan 40-an. Teruslah untuk selalu berusaha dan berdoa hingga akhirnya kamu berada di fase keberhasilanmu itu.

Orang lain mungkin memang lebih dulu berada di fase keberhasilan nya di banding dirimu, tetapi bukan berarti kamu tidak bisa seperti mereka. Teruslah berusaha dan berdoa. Sebab sekuat apa pun usahamu jika tidak diiringi doa maka hanya akan sia-sia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya