5 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan Ketika Menaiki Lift. Butuh Tata Krama dan Kepekaan

Tata krama naik lift

Gedung-gedung besar saat ini sebagian besar sudah dilengkapi dengan fasilitas lift. Karena kemudahan yang ditawarkan, lift sering menjadi tempat banyak orang berpapasan dengan tujuan yang berbeda-beda.

Ada 5 hal yang perlu diperhatikan ketika kamu mau memakai ruangan berukuran 1×1 meter ini. Ruangannya yang kecil ternyata membutuhkan perlakuan yang kerap nggak disadari oleh banyak orang. Apa saja itu? Langsung saja disimak!

Advertisement

1. Utamakan untuk mereka yang memerlukan

Antrian masuk lift

Antrian masuk lift via http://jakarta.tribunnews.com

Di beberapa lift sering ditemukan penanda ataupun tulisan yang menunjukkan kegunaan lift ini diutamakan buat mereka yang menyandang disabilitas, ibu hamil, orangtua, dan mereka-mereka yang lebih membutuhkan. Tapi sayangnya, seringkali masih ada yang mementingkan diri sendiri untuk masuk ke dalam lift tanpa memikirkan mereka yang jauh lebih butuh keberadaan lift ini. Akibatnya, nggak jarang akhirnya penyandang disabilitas yang harus menunggu lebih lama waktu antre lift.

Atau penyandang disalbilitas yang memakai kursi roda kesulitan buat masuk karena kondisi lift sudah penuh dan nggak ada kesadaran bagi yang lain untuk mengalah. Kondisi ini sangat memprihatikan karena menunjukan masih kurangnya kesadaran kita dalam mementingkan mereka yang lebih memerlukan fasilitas ini. Lebih baik, sebelum masuk lift, periksa dulu sekitar apakah ada mereka yang lebih butuh lift ini dibanding kita.

Advertisement

2. Jangan langsung menyerobot masuk! Biarkan mereka yang di dalam ke luar dulu

Antrian masuk lift

Antrian masuk lift via http://www.bupipedream.com

Ketika akan memasuki lift, utamakan mereka yang akan ke luar dulu. Kamu bisa menepi ke sisi kiri atau kanan lift untuk memberi ruang bagi mereka ke luar. Ini berguna agar tersisa ruang yang cukup untuk menampung orang-orang yang baru masuk seperti kamu. Coba deh bayangin kalau kamu memaksakan masuk ke lift dan masih berdesakan dengan mereka yang harusnya ke luar saat itu juga. Nggak nyaman kan?

3. Supaya bisa muat banyak, isi dulu bagian belakang

Kondisi dalam lift

Kondisi dalam lift via http://alchetron.com

Terkadang secara nggak sadar kamu juga sering memilih untuk berdiri di bagian depan lift supaya bisa keluar dengan mudah. Sebaiknya, kamu mengisi bagian belakang terlebih dahulu sehingga mereka yang nantinya akan masuk, bisa dengan mudah mengisi bagian yang masih kosong. Kalau kamu langsung mengisi bagian depan, ini akan menyulitkan proses masuknya orang-orang tersebut. Juga, ruangan lift akan terlihat sempit karena posisi orang-orang yang di dalamnya nggak beraturan.

4. Peka bantuin tekan tombol lantai buat orang lain

Tombol lift

Tombol lift via http://www.idntimes.com

Nah satu ini sebenarnya dibutuhkan loh ketika keadaan lift yang lumayan penuh dan nggak ada petugas yang bertugas dalam menekan tombol lantai. Dibutuhkan kepekaan hatimu jika kamu sedang berdiri di posisi dekat tombol-tombol yang ada. Akan merepotkan apabila orang yang ingin ke luar dan harus menekan tombol tapi posisi mereka berdiri berjauhan dengan tombol tersebut.

Advertisement

5. Tahan pintu untuk mereka yang terlihat sedang buru-buru ingin masuk lift ketika pintu akan tertutup

Menunggu mereka yang mau masuk lift

Menunggu mereka yang mau masuk lift via http://japanesestation.com

Pernah nggak sih ngalamin waktu mau naik lift tapi posisimu yang belum terlalu dekat sama posisi lift, eh liftnya terbuka! Otomatis kamu jalan cepat-cepat atau bahkan sampai lari supaya bisa masuk tanpa perlu menunggu lift yang lain lagi. Nah, tapi sialnya, kadang mereka-mereka yang sudah berada di dalam lift itu dan melihatmu yang lagi berusaha buru-buru buat masuk malah nggak peduli atau pura-pura nggak melihat kalo pintunya akan tertutup.

Ke depannya, jika kamu ada di posisi yang melihat orang terburu-buru ingin masuk lift sementara pintunya akan tertutup, nggak ada salahnya loh mengulurkan tangan sejenak untuk menahan agar pintu bisa tetap terbuka.

 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE